-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Jenis Strategi Pemasaran Digital Yang Paling Banyak Digunakan

Pemasaran digital adalah sebuah metode untuk memperkenalkan brand dan produk kepada banyak orang melalui media digital. Tentu ada banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan untuk berpromosi dan menjangkau calon konsumen lebih luas. Sebagai orang awam, penting mengetahui jenis-jenis strategi pemasaran digital yang biasa digunakan oleh para pemilik brand ternama.

Meskipun konsep pemasaran digital kelihatannya sederhana, namun apabila dibedah lebih lanjut sangatlah kompleks. Masing-masing media membutuhkan strategi berbeda supaya kampanye yang dilakukan berhasil dan memberikan hasil maksimal.

Anda tidak perlu belajar materi yang njlimet, lebih baik memahami dasarnya terlebih dahulu. Seperti jenis-jenis strategi pemasaran digital ala ilyasweb berikut.

Jenis-Jenis Strategi Pemasaran Digital Yang Umum Digunakan

jenis strategi pemasaran digital

1. Email Marketing

Sesuai namanya, strategi pemasaran digital ini memanfaatkan email untuk mempromosikan sebuah produk atau brand. Karena sifatnya lebih personal, email marketing dipercaya sebagai salah satu pendekatan yang efektif.

Biasanya pihak pemasar akan mengirim email kepada konsumen setia maupun calon konsumen. Tujuannya adalah memberi update produk terbaru, menawarkan produk kepada konsumen baru dan menciptakan hubungan baik dengan konsumen setia.

2. Platform Periklanan Digital

Sekarang ada banyak platform yang menyediakan layanan untuk membantu mempromosikan bisnis di internet. Ini adalah solusi bagi Anda yang belum terlalu paham pemasaran digital, namun ingin menjangkau banyak pelanggan. Salah satu platform yang bisa dimanfaatkan adalah Myads.

3. Inbound Marketing

Jenis strategi pemasaran digital yang kedua adalah inbound marketing. Kali ini menggunakan konten solutif dan relevan untuk mendekatkan produk atau brand kepada konsumen. Ia juga didukung oleh adanya interaksi secara konsisten.

Dengan memanfaatkan kebiasaan target konsumen yang sekarang hampir setiap hari mengakses internet, inbound marketing memaksimalkan fungsi surat elektronik, media sosial, website, search engine, blog komunitas atau blog pribadi.

Melalui platform-platform tersebut, perusahaan membagikan konten berkualitas untuk menarik perhatian calon konsumen.

4. Augmented Reality Marketing

Augmented Reality adalah teknologi yang memungkinkan orang bisa melihat tampilan langsung menggunakan bantuan kamera. Perusahaan besar saat ini sudah banyak yang menggunakan AR, sehingga calon pelanggan bisa mencoba produk incarannya secara virtual sebelum membeli. 

5. Content Marketing

Content marketing adalah jenis pemasaran digital yang mengandalkan konten relevan untuk memperoleh, menarik perhatian dan melibatkan interaksi target konsumen.

Konten ini bisa berupa story, video, foto, audio, artikel dan lain-lain. Kuncinya adalah artikel harus relevan, menarik dan bernilai dimata target konsumen.

6. SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing adalah promosi yang dilakukan dengan memaksimalkan traffic dari mesin pencarian. Mesin pencarian bisa Bing, Yahoo dan Google. Namun, yang paling banyak dioptimalkan adalah traffic Google.

Untuk bisa menjaring traffic sebanyak-banyaknya dari Google, Anda harus menerapkan SEO. Apabila berhasil, maka website bisnis Anda akan tampil diposisi paling atas, setiap orang mengetikkan sebuah kata kunci di Google.

Mesin pencarian seperti Google adalah media yang sangat potensial untuk mengembangkan bisnis, karena basis penggunanya sangat besar.

7. SMM (Social Media Marketing)

Sesuai namanya, strategi pemasaran digital ini mempromosikan sebuah produk atau jasa melalui platform sosial media. Seperti Facebook, TikTok, YouTube, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi.

Selain dipakai untuk berkomunikasi dan sekedar narsis, tidak sedikit konsumen yang mencari layanan dan produk di sosial media. Dengan melakukan pendekatan dan berinteraksi langsung di sosial media, maka berdampak besar kepada bisnis.

Itu tadi adalah jenis-jenis strategi pemasaran digital yang umum di tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.