Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati Memilih Perusahaan Leasing! Perhatikan 5 Hal Ini!

Saat membutuhkan mobil dengan cepat, namun dana belum memadai, Anda bisa menggunakan cara kredit mobil di perusahaan leasing mobil. Pasalnya perusahaan leasing mobil akan membantu Anda memenuhi pembayaran mobil baru atau mobil bekas.

Leasing mobil menjadi salah satu perusahaan yang banyak dicari untuk kredit mobil, karena leasing dinilai lebih mudah pengajuannya serta hemat dibandingkan kredit di bank. Anda bisa memilih mobil yang anda inginkan dan butuhkan, lalu ajukan kredit ke leasing mobil, setelah itu perusahaan leasing akan membantu membayarkan mobil yang Anda pilih dan anda tinggal membayar secara kredit ke perusahaan leasing sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Leasing Mobil

memilih perusahaan leasing

Karena banyaknya orang yang membutuhkan perusahaan leasing, kehadiran perusahaan ini pun semakin banyak. Namun perlu diingat, tidak semua perusahaan leasing mobil memberikan pelayanan yang baik dan profesional. Jangan tergiur iming-iming yang belum jelas kebenarannya, hal tersebut bisa menimbulkan permasalahan di masa yang akan datang. Agar tidak salah pilih, berikut ini ilyasweb merangkum 5 hal yang harus diperhatikan saat mencari perusahaan leasing mobil terpercaya, yaitu:

1. Menyesuaikan Anggaran yang Dikeluarkan

Sebelum menentukan perusahaan leasing mobil, Anda perlu menyesuaikan anggaran yang dimiliki dan anggaran yang akan dikeluarkan. Pastikan anda memilih mobil dengan harga yang sesuai budget yang dimiliki. Besaran anggaran yang dihitung mulai dari harga mobil, besaran cicilan setiap bulannya, biaya administrasi, pajak, bunga dan lainnya.

Dengan menentukan anggaran ini anda akan lebih mudah mengeluarkan biaya dan tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari sembari membayar cicilan mobil. Anda juga jadi lebih mudah menentukan perusahaan leasing mobil yang tepat dan memberikan banyak kemudahan.

2. Perhatikan Reputasi dan Kredibilitas Leasing Mobil

Setelah menyesuaikan anggaran sesuai dengan budget yang dimiliki, kini saatnya anda mulai mencari perusahaan leasing mobil yang tepat. Dalam mencari leasing, Hal pertama yang wajib anda perhatikan yaitu melihat reputasi dan kredibilitas perusahaan leasing tersebut, mulai dari latar belakangnya, sudah berapa lama berdiri, berdiri sendiri atau bergabung dengan grup besar, berapa banyak cabangnya, dan lainnya.

Alangkah baiknya anda memilih leasing mobil yang sudah lama berdiri, karena hal tersebut menandakan bahwa perusahaan tersebut sudah memiliki banyak pengalaman dan profesional dalam menangani customer. Selain itu perusahaan leasing mobil yang cukup besar dan mempunyai banyak kantor cabang juga biasanya dipercaya banyak orang.

Untuk memastikan bahwa reputasi dan kredibilitas perusahaan leasing mobil bagus, Anda bisa bertanya pada customer yang sebelumnya menggunakan jasa itu atau melihat review dan rating dari perusahaan tersebut. Biasanya, perusahaan leasing yang bagus dan besar memiliki website resmi untuk memberikan informasi dengan jelas kepada para customernya. Informasi yang tersedia mulai dari alamatnya, layanannya dan informasi lainnya.

3. Memilih Leasing yang Fleksibel dan Memudahkan

Anda akan berhubungan dengan perusahaan leasing mobil dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, Anda perlu mengutamakan kenyamanan dan kemudahan yang diberikan agar hubungan tetap baik. Carilah perusahaan leasing yang mempunyai fleksibilitas serta memberikan kemudahan dalam membayar angsuran.

Pastikan perusahaan leasing tersebut memiliki website atau aplikasi dengan sejumlah fitur yang cukup banyak untuk mengerjakan pembayaran cicilan setiap bulan.

Dengan akses pembayaran yang mudah dan fleksibel, Anda tidak tak perlu repot-repot untuk pergi ke bank atau ATM, kantor pos maupun ke tempat lain, ini akan menghemat waktu, tenaga dan biaya ongkos. Dengan begitu, Anda akan lebih tenang dan terhindar dari keterlambatan membayar cicilan yang menyebabkan terkena denda atau penambahan bunga.

4. Perhitungkan Bunga, Masa Tenor dan Uang Muka

Saat memilih leasing mobil, Anda juga perlu memperhitungkan bunga, masa tenor serta uang muka yang akan diberikan, karena ketiga hal tersebut berkaitan untuk menentukan biaya cicilan yang akan anda keluarkan setiap bulan.

Anda dapat memilih leasing mobil yang memberikan simulasi kredit, hal ini penting untuk membaca rencana kekurangan anda. Sehingga, Anda juga akan mendapatkan gambaran terkait pembayaran kredit mobil.

Pilihlah leasing mobil yang memberikan bunga terjangkau, kalau perlu, Anda dapat melakukan negosiasi bunga untuk jangka waktu 1, 2 atau 3 tahun. Semakin kecil bunga yang diberikan, semakin ringan biaya yang Anda keluarkan.

Adapun terkait uang muka, setiap perusahaannya leasing memiliki kebijakan tersendiri, rata-rata uang muka yang ditetapkan yaitu 30%. Namun alangkah baiknya jika Anda tidak berpatokan pada jumlah minimal uang muka yang ditetapkan, Jika memungkinkan, Anda bisa memberikan uang muka yang cukup besar untuk meringankan beban cicilan setiap bulan. Alhasil bunga yang harus dikeluarkan juga jadi lebih kecil.

Begitu pula dengan masa tenor, semakin lama masa cicilan yang Anda pilih, semakin ringan biaya yang harus anda keluarkan setiap bulannya namun hal tersebut memperpanjang bunga yang harus dibayarkan. Lebih baik anda memiliki masa tenor yang pendek, sekitar 1 sampai 3 tahun saja agar bunga yang dikeluarkan juga tidak banyak.

5. Layanan dan Fasilitas Leasing Mobil

Sangat penting bagi anda untuk mengetahui layanan yang diberikan leasing mobil sebelum menggunakan jasanya. Lihatlah fasilitas apa yang diberikan leasing mobil untuk customer. Hal ini demi kenyamanan Anda dalam membayar kredit mobil.

Pilihlah perusahaan leasing mobil yang memberikan layanan fast respon, sehingga ketika terjadi permasalahan atau membutuhkan bantuan, perusahaan bisa dihubungi dan memberikan solusi cepat.

Itulah 5 hal penting yang harus diperhatikan saat memilih perusahaan leasing mobil. Sekarang, Anda bisa memilih mobil impian anda bersama Maybank Finance. Maybank Finance merupakan leasing mobil terpercaya dan profesional yang memberikan banyak kemudahan dengan bunga terjangkau.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.