-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Cara Meningkatkan Followers Instagram Secara Organik

Pengguna Instagram di Indonesia yang menembus angka 69,2 juta tentu sangat menggiurkan para pebisnis. Data tersebut diambil dari periode Januari-Mei 2020 lalu dan dipastikan terus meningkat setiap bulannya. Selain menjual produk, ada bisnis lain di IG yang tidak kalah menggiurkan dan menguntungkan. Yaitu menjadi influencer dan membuka endorse atau paid promote. Sudah tahukah Anda cara meningkatkan followers Instagram?

Dikalangan generasi millenial, menjadi seorang influencer sudah menjadi salah satu profesi impian. Bagaimana tidak menarik, memiliki akun IG yang followersnya banyak dan mendapatkan uang dari mempromosikan produk.

Apabila sekarang Anda berencana menekuni bidang ini, pastikan memahami bagaimana cara meningkatkan followers Instagram. Bisa menggunakan metode organik atau bisa juga dengan order layanan jasa followers instagram yang sudah terpercaya.

Cara Meningkatkan Followers Instagram Organik

cara meningkatkan followers instagram

1. Dimulai Dari Konten

Followers adalah orang-orang yang bersedia mengikuti akun IG Anda dengan alasan tertentu. Entah karena konten yang menambah wawasan baru, menghibur, unik dan lain-lain. Mereka mengingin sesuatu dari konten Anda, sehingga sukarela memfollow.

Oleh karena itu, meningkatkan followers Instagram bisa diawali dengan konsisten mengupload konten-konten berkualitas. Baik itu dari caption yang ditulis, kualitas gambar dan lain sebagainya. Pastikan konten bisa memenuhi ekspetasi orang lain.

2.  Berinteraksi Dengan Followers

Banyak pengguna baru terlalu fokus mencari followers baru sebanyak mungkin, namun lupa berinteraksi dengan pengikutnya. Padahal, berinteraksi adalah cara yang efektif untuk mempromosikan akun dan gratis.

Interaksi yang dimaksud ada banyak macamnya, mulai dari memberi komentar di konten mereka, memberikan line, merepost, membalas komentar dan lain sebagainya. Ciptakan hubungan yang baik dengan pengikut, sehingga mereka tidak sungkan merepost postingan dari Anda.

Setelah postingan direpost, followers mereka pasti melihat dan apabila tertarik pasti berkunjung ke profil Instagram Anda atau bahkan langsung follow.

3. Memilih Kata Kunci Yang Tepat

Salah satu optimasi akun instagram yang penting dilakukan adalah mengatur username. Jangan asal membuat username, melainkan harus sesuai dengan apa sih akun instagram Anda.

Sebagai contoh, akun IG fokus kepada konten berupa qoutes dakwah. Maka username tidak boleh jauh-jauh dari itu. Mungkin bisa dibuat dakwah harian, qoutes islami, motivasi islam dan lain sebagainya.

Sehingga, ketika pengguna sedang mencari konten qoutes dakwah di kolom pencarian, akun Instagram Anda bisa muncul diurutan teratas. Tentu hal ini bisa membantu meningkatkan traffic dan followers.

4. Menggunakan Fitur Tag Lokasi

Bagi yang belum tahu, fitur tag lokasi berfungsi untuk mengelompokkan konten berdasarkan lokasi. Sehingga, ketika pengguna melihat sebuah lokasi di IG maka muncul konten-konten yang berhubungan dengan lokasi tersebut. Ini akan membantu postingan Anda dilihat orang sekeliling.

Mungkin bagi akun-akun qoutes, video lucu dan sejenisnya tidak begitu wajib, namun apabila akun Instagram Anda dipakai untuk jualan online maka harus banget. Potensi dilihat oleh pengguna lain dilokasi yang sama sangat besar.

5. Menggunakan Hastag Relevan

Setiap kali posting konten, jangan lupa menambah hastag supaya pengguna yang dijangkau lebih luas. Tidak perlu bingung mencari ide hastag, karena bisa melihat dari kolom pencarian IG atau tools genrate Instagram hastag di Google. Catat hashtag yang sekiranya relevan dengan konten Anda dan tambahkan disetiap kali upload.

Saran saya, kalau tidak mau ribet dalam meningkatkan jumlah followers Instagram dengan metode organik, sebaiknya Anda gunakan saja jasa all sosmed yang sudah terbukti dan terpercaya bisa meningkatkan followers IG.

6. Memposting Konten di Jam Emas

Jam emas disini adalah jam-jam dimana pengguna lebih banyak menghabiskan waktu mereka di Instagram. Anda bisa melihat melalui fitur insight yang sudah disediakan. Dari sana muncul data-data kapan waktu paling banyak mendatangkan traffic ke profil.

Demikianlah enam cara meningkatkan followers Instagram organic 2021. Semoga bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.