Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Beasiswa di Trisakti Lewat Pendaftaran Online

Mendapatkan kuliah gratis tentu menjadi keinginan bagi sebagian besar calon mahasiswa baru. Dengan adanya beasiswa, mereka tidak perlu lagi memikirkan masalah pembiayaan yang relatif mahal. Salah satu kampus ternama yang memiliki program beasiswa adalah Trisakti. Untuk kamu adik-adik lulusan SMK/SMA, simak cara mendapatkan beasiswa di Trisakti berikut ini.

Adapun jenis beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa penuh. Itu berarti, seluruh komponen pendidikan biayanya ditanggung oleh pihak kampus. Seperti biaya akomodasi, asuransi, biaya perkuliahan, tiket perjalanan (PP), biaya penelitian, buku, biaya hidup dan beberapa fasilitas lainnya.

Apabila penasaran seperti apa sih program beasiswa dan informasi pendaftarannya, berikut cara mendapatkan beasiswa di Trisakti.

Cara Mendapatkan Beasiswa di Trisakti

cara mendapatkan beasiswa di trisakti

Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya mencerdaskan kehidupan bangsa di bidang pendidikan, Trisakti School of Management (TSM) mengadakan program beasiswa penuh. Melalui program ini, calon mahasiswa tidak perlu lagi membayar seluruh biaya perkuliahan dan kegiatan penunjang lainnya yang digelar oleh TSM.

Untuk bisa memperoleh beasiswa full Trisakti, fresh graduate harus menjalani serangkaian test. Mulai dari seleksi administrasi, tes kesehatan, wawancara dan tes tertulis (Pengetahuan Umum, Matematika, Tes Potensi Akademik serta Bahasa Inggris.

Biaya kuliah di kampus Trisakti ditanggung penuh maksimal 8 semester. Jalur beasiswa penuh TSM memiliki dua kategori, yaitu Regular Class dan International Class. Adapun periode pendaftaran Beasiswa Penuh dibuka mulai dari Desember - Februari.

Syarat Umum Pendaftaran Beasiswa Trisakti

  • Nilai rata-rata rapor calon mahasiswa selama 6 semester terakhir minimal 7,50 secara akumulasi dan harus dikonvesi ke angka. Dokumen wajib sudah dilegalisir kepala sekolah (format PDF).
  • Melampirkan fotocopy Kartu Keluarga dan KTP.
  • Melampirkan Surat Pernyataan bahwasannya tidak sedang menerima beasiswa dari pihak kampus manapun (dokumen diberi materai).
  • Menyerahkan formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru.
  • Siswa kelas XII SMK, SMA atau sederajat maksimal berusia 19 tahun per bulan Mei di tahun berjalan.
  • Mengkonfirmasi pendaftaran jalur beasiswa penuh via WhatsApp di nomor 0851-561659087 (PMB TSM).

Syarat Khusus Pendaftaran Regular Class

  • Memperoleh nilai minimal 70 pada ujian Bahasa Inggris yang diadakan pihak panitia.
  • Nilai rata-rata IPK setiap semester minimal 3,00 (yaitu nilai mata kuliah dan minimal mendapat B untuk nilai Laboratorium).

Syarat Khusus Pendaftaran International Class

  • Mendapatkan nilai minimal 70 pada ujian Bahasa Inggris yang diadakan oleh panitia
  • Wajib mengikuti program student exchange ke Universitas I-Shou Taiwan atupun universitas partner sejenis selama 1 semester. Bisa juga dengan mengikuti sertifikasi ACCA (jurusan akuntansi) dengan membayar biaya sendiri.
  • Nilai rata-rata IPK setiap semester minimal 3,00 (yaitu nilai mata kuliah dan diperbolehkan mendapat laboratorium minimal C asalkan mendapat IPK minimal 3,00).
  • Kuliah di kampus Grogol.

Pendaftaran

Bagi siswa-siswi SMK, SMA dan sederajat yang ingin mendaftarkan diri, maka bisa mengirim Surat permohonan Beasiswa dan melampirkan Persyaratan Umum diatas ke https://www.tsm.ac.id/pmb. Kemudian pilih Jalur Seasiswa Full.

Kamu bisa juga mengirim email ke pmb@stietrisakti.ac.id untuk mengumpulkan semua dokumen persyaratan.

Note: Apabila bingung membuat surat pernyataan bisa dilihat melalui link Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa Manapun.

Demikianlah cara mendapatkan beasiswa di Trisakti, semoga bermanfaat untuk kamu semua. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini karena sangat membantu dari segi biaya. Apabila berhasil mendapatkannya, kamu tinggal fokus ke belajar saja dan memaksimalkan seluruh kegiatan kuliah.

Tidak perlu memusingkan lagi biaya kuliah yang memang semakin mahal. Orang tua juga terbantu dan meringankan kewajiban mereka. Semoga berhasil.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.