Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Bisnis Restoran Anda Laris Manis? Coba Terapkan 6 Strategi Ini

Restoran menjadi salah satu bisnis kuliner yang cukup menjanjikan selain cafe. 3 hingga 6 bulan pertama menjadi waktu yang sangat penting menentukan hidup matinya usaha Anda. Karena terbukti pada rentang waktu tersebut tidak sedikit juga rumah makan yang gulung tikar.

Alasannya hanya satu yaitu tidak ada perencanaan yang matang soal membangun usaha kuliner ini. Jangan hanya ikut-ikutan membuka usaha restoran jika Anda memiliki modal yang mepet. Perlu strategi yang jitu untuk bisa mengembangkan usaha ini.

6 Strategi Bisnis yang Harus Diketahui Pemilik Restoran

bisnis restoran

Tantangan terbesar dari pemilik restoran adalah persaingan yang cukup ketat, khususnya di daerah perkotaan. Banyaknya usaha kuliner sejenis mempermudah konsumen untuk memilih, tapi tidak untuk meraih keuntungan bagi pemilik usaha resto.

Jika sudah sadar akan hal ini Anda jadi bisa lebih mudah untuk menyusun strategi yang lebih tepat. Mengenali pesaing dan mempelajari soal kebiasaan konsumen menjadi salah satunya.

Berikut ini strategi dalam membuat usaha resto Anda menjadi laris manis yang perlu diikuti.

1. Mempekerjakan Koki yang Handal

Produk utama yang Anda miliki adalah makanan dan minuman, oleh karena itu pada sektor ini Anda harus lebih fokus. Salah satunya adalah dengan mempekerjakan koki yang handal. Baik itu dari segi kemampuannya memasak dan berpengalaman di restoran.

Koki harus bisa bekerja sama menciptakan makanan enak sekaligus berinovasi. Akan lebih baik jika Anda sendirilah yang memiliki keahlian ini. Namun jika tidak Anda mungkin harus memberikan budget untuk koki ini lebih besar.

2. Menciptakan Pengalaman yang Berkesan

Makanan memang menjadi tujuan utama dari konsumen yang datang ke restoran. Sayangnya kini makanan tidak hanya jadi faktor penting. Orang yang pergi ke restoran kini sebagian besar juga mencari pengalaman yang berkesan.

Hal ini bisa diciptakan dari pelayanan yang cepat, ramah dan tepat. Restoran yang bersih sampai dengan fasilitas tambahan yang mungkin saja menjadi keunikan usaha Anda. Misalnya area bermain anak-anak, spot foto, dll.

3. Manajerial yang Bagus

Kontrol keuangan, pasokan barang dan juga manajemen karyawan tergabung dalam manajerial restoran yang harus dikelola oleh pemilik resto. Soal keuangan Anda bisa memulainya dengan menggunakan aplikasi kasir untuk restoran khusus seperti Majoo.

Majoo menyediakan beberapa fitur lengkap seperti rekapan penjualan, pengaturan inventory, sampai berbagai pilihan alat pembayaran. Anda akan menyelesaikan banyak masalah manajerial dalam satu aplikasi.

Bahkan Majoo juga menyediakan aplikasi untuk manajemen karyawan. Jadi soal absen dan performa pekerja bisa langsung diketahui. Manajemen karyawan yang bagus juga bisa meningkatkan kepuasan pekerjaan para karyawan.

4. Memberikan Inovasi

Zaman selalu berkembang, Anda pun harus berinovasi dengan tepat karena persaingan terus menantang. Ikuti perkembangan tren untuk terus menarik perhatian konsumen baru. Melakukan analisa tentu sangat penting sebelum menciptakan inovasi.

Hanya merekalah yang mampu mengikuti tren untuk bisa bertahan dan berkembang. Contoh mudahnya ada beberapa menu baru yang unik seperti kopi gula aren dan dalgona coffee. Anda bisa menambahkan menu ini ke dalam restoran begitu juga dengan makanan.

5. Agresif dalam Berpromosi

Apa saja promosi yang selama ini telah Anda lakukan? Apakah promosi hanya melalui poster dan brosur saja? Apakah Anda sudah membuat akun sosial media? Sudahkah Anda memasang iklan di sosial media?

Semua pertanyaan ini harus dijawab positif, jika ada yang belum Anda ikuti mulai sekarang bisa dibuat. Anda bahkan bisa memanfaatkan jasa influencer untuk memasarkan restoran.

6. Memperluas Jaringan

Anda tidak akan bisa maju selama tidak mencari jaringan yang lebih berpengalaman. Ide tidak selalu datang sendiri, Anda butuh pengalaman dan teman yang lebih cerdas. Berkumpul dengan orang yang cerdas akan membuka wawasan Anda.

Tentu saja carilah jaringan yang juga tidak jauh dengan jenis usaha Anda. Dari situ Anda bisa mendapat kesempatan bertemu dengan supplier baru, ide promosi yang menarik, bahkan menu-menu unik.

Kesempatan untuk membangun reputasi restoran Anda masih terbuka lebar. Tinggal bagaimana Anda bisa memanfaatkan peluang yang ada. Memperoleh jaringan baru juga menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan peluang lebih banyak.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.