Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Line Haul Pada Status Pengiriman Sicepat Express

Jika kita perhatikan, ketika sedang melakukan pelacakan nomor resi kiriman paket di Sicepat Express tentunya ita sering sekali melihat status yang bertuliskan Line Haul Darat, Laut, dan Udara. Status pengiriman yang satu ini berhasil membuat saya penasaran, maksudnya apa sih?

Setelah melakukan investigasi dan mencari tahu dari berbagai sumber, ternyata arti line haul darat, line haul udara, dan line haul darat ini sangat sederhana sekali, namun yang membuat bingung hanya karena menggunakan bahasa Inggris saja.

arti line haul sicepat

Apa sih yang dimaksud dengan Line Haul? Line haul dalam dunia ekspedisi atau jasa pengiriman logistik mempunyai arti metode pengiriman barang atau paket atau kargo antar kota atau antar pulau.

Jadi, intinya line haul ini bukan proses paket dari pihak pengirim ke alamat penerima, tetapi metode yang digunakan dalam pengiriman tersebut.

Line Haul Darat: Artinya proses pengiriman paket dari titik distribusi yang satu ke titik satunya lagi melalui jalur darat. Proses pengantarannya menggunakan alat transportasi darat seperti truk logistik, mobil pickup, box, atau bahkan kereta api.

Line Haul Udara: Artinya proses pengiriman barang menggunakan alat transportasi udara, atau lebih jelasnya menggunaan pesawat.

Line Haul Air/Laut: Artinya bahwa paket kiriman atau kargo dikirim antar pelabuhan, dan menggunakan transportasi laut seperti kapal.

Tahap yang satu ini biasanya lumayan lama sekali, karena paket akan dikumpulan terlebih dahulu dengan semua paket yang memiliki tujuan alamat/kota yang sama.

Status pengiriman line haul ini bukan hanya ada di sicepat express saja, karena sebetulnya istilah pengiriman paket ini sudah menjadi standar di semua ekspedisi.

Mengapa, karena beberapa bulan yang lalu saya belanja di AliExpress dan pada saat melakukan tracking nomor pesanan, ternyata muncul istilah received by line-haul yang artinya paket tersebut sudah siap berangkat ke Indonesia dengan alat transportasi Udara atau Laut.

Terima kasih, semoga membantu!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.