-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Setrika yang Bagus dan Tahan Lama

Setrika adalah alat elektronik untuk menghilangkan kerutan dan menghaluskan pakaian. Seiring perkembangan zaman, merek dan inovasi semakin beragam. Tak heran jumlah konsumen meningkat pesat karena fungsinya banyak dan jenisnya beragam.

Tentang Setrika dan Jenis Setrika Secara Umum

jenis setrika

Walaupun fungsinya, sama setiap jenis memiliki fitur tersendiri. Anda bisa memilih sesuai selera sehingga mudah menggunakannya, berikut ada jenis yang dikenal luas:

1. Setrika Arang

setrika arang

Perlu diketahui, setrika arang menjadi alat pelembut pakaian pertama. Tepatnya sebelum listrik ditemukan, penggunaannya dengan energi panas dari wadah penampungan arang. Sementara wadahnya terbuat dari besi dan seng yang diisi arang, setelah itu nyalakan api dan biarkan arang menyala. Energi panas dari arang membuat pakaian lebih lembut dan rapi.

2. Setrika Listrik Biasa

Jenis ke 2 adalah generasi alat pelembut pakaian menggunakan listrik pertama kali. Anda bisa menggunakan setrika listrik biasa untuk pakaian jumlah kecil. Menyetrika jumlah besar memicu panas berlebih sehingga merusak komponen setrika.

3. Setrika Listrik Fitur Pengatur Suhu

setrika listrik
Jenis ini diminati masyarakat dan digunakan sampai sekarang karena memiliki pengaturan suhu otomatis. Fitur tersebut menggunakan teknologi bimetal dengan cara menaikkan suhu yang dialiri arus listrik.

Jika suhu mencapai batas maksimal, suhu akan turun otomatis. Suhu kembali normal dan proses menyetrika tetap lancar, energi panas tidak membuat tangan panas karena dilengkapi pegangan bahan berkualitas.

4. Setrika Uap

setrika uap

Setrika uap menjadi andalan masyarakat zaman digital karena fiturnya lebih canggih dan praktis. Yaitu menghasilkan uang panas yang keluar melalui penampungan air di setrika. Jenis tersebut bisa melembutkan pakaian tanpa menyentuh permukaan pakaian, cocok untuk berbagai jenis pakaian polos maupun manik-manik yang sulit dirapikan.

5. Setrika Boiler atau Gas

Jika bosan menggunakan setrika listrik, bisa menggunakan jenis boiler atau gas. Jenis tersebut termasuk setrika uap yang dimodifikasi dengan sumber panas melalui energi gas. Selain itu harganya terjangkau dan modelnya praktis.

Jenis boiler atau gas cocok untuk merapikan pakaian jumlah besar. Misalnya untuk usaha pakaian, laundry dan lainnya.

Selain melembutkan pakaian, setrika memiliki fungsi lain. Hal tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk melancarkan kebutuhan sehari-hari maupun melancarkan bisnis. berikut ada fungsi lain dari alat pelembut pakaian tersebut:

  • Mampu menghilangkan kecacatan pada permukaan furniture.
  • Mengatasi penyok pada karpet.
  • Menghilangkan noda lilin pada karpet maupun taplak meja.
  • Membersihkan noda uap panas minuman hangat.
  • Bisa dijadikan perlengkapan melestarikan bunga.
  • Menghilangkan noda keringat pada pakaian.
  • Menghilangkan noda permen karet yang membandel pada pakaian, karpet maupun taplak meja,

Tips Memilih Setrika yang Bagus 

Anda bebas memilih jenis teknologi pelembut pakaian, baik setrika listrik maupun jenis lain. Sebelum membeli, perhatikan tips cermatnya agar produk berkualitas. Berikut ada tips yang diterapkan:

1. Memperhatikan Kabel dan Stekernya

Sebelum membeli, perhatikan kualitas kabel dan stekernya. Pastikan kabel yang digunakan 3 kabel yang terdiri dari fasa, netral dan arde. Untuk bahan kabel lentur sehingga fleksibel saat digunakan. 

Untuk steker, pastikan terbuat dari bahan karet yang lembut. Lengkap dengan terminal arde yang terbalut di pegangannya. Tujuannya agar aman saat Anda mencolokkan steker ke stop kontak. Kabel dan steker berkualitas melindungi keselamatan Anda dan keluarga saat terjadi kebocoran pada produk.

2. Menyesuaikan Daya Listrik Setrika Sesuai Kebutuhan

Saat membeli setrika listrik, sesuaikan daya listrik pada setrika sesuai kebutuhan Anda. Jika ingin hemat listrik karena untuk kebutuhan pribadi, pilihlah produk yang konsumsi dayanya ringan atau 300 watt. Jika untuk bisnis dan membutuhkan waktu banyak menyetrika, pilihlah produk yang konsumsi dayanya 450 watt.

3. Pilihlah Setrika yang Panjang kabelnya 1,7 – 2,0 Meter

Konsumen terkadang mengabaikan panjang kabel saat membeli produk elektronik. Padahal ukuran kabel memiliki manfaat jangka panjang, sama halnya saat membeli alat pelembut pakaian. Pilihlah produk yang panjang kabelnya 1,7 – 2,0 meter. Ukuran tersebut proporsional karena membuat Anda leluasa menyetrika, lain halnya untuk produk yang kabelnya cukup panjang yang memicu kerusakan pada kabel.

4. Alat dari Bahan Logam Anti Lengket

Setrika yang bagus dan awet, material alasnya dari logam anti lengket. Produk yang alas nya bukan dari logam membuat aktivitas menyetrika terhambat karena pakaian sulit disetrika akibat lengket, bahan pakaian cepat rusak, energi panas sulit didapat karena bagian alasnya berubah hitam dan menimbulkan kerak.

5. Memilih Merk Terpercaya

Perkembangan elektronik semakin mumpuni dengan harga berbeda, banyak yang tergiur harga murah tetapi kualitas diragukan. Saat membeli produk pelembut pakaian, pilihlah merk terpercaya dan sudah berstandar SNI sehingga kualitasnya tidak diragukan.

Anda bebas memilih setrika berbagai merk, banyak merk berkualitas yang menawarkan model setrika. Bahkan ada tambahan garansi 1 tahun yang dimanfaatkan konsumen saat produk tidak sesuai atau mengalami kerusakan kecil. Anda bisa mengajukan service tanpa biaya.

6. Memilih Setrika yang Ujungnya Lancip

Walaupun semua setrika ujungnya lancip, tapi tingkat lancipnya berbeda. Padahal kelancipan mempengaruhi kenyamanan saat menyetrika, Anda bisa memilih produk yang ujungnya lancip sehingga leluasa saat menyetrika. Bahkan semua bagian pakaian bisa lembut karena ujung yang lancip bisa menjangkau bagian terdalam, misalnya di sekitar manik-manik, di bagian ketiak dan bagian sulit lainnya.

7. Pilihlah Setrika dari Bahan Isolator

Untuk menghasilkan panas, produk pelembut pakaian menggunakan listrik. Untuk itulah bahan setrika wajib diperhatikan, pilihlah produk berbahan isolator karena tidak bisa menghantarkan panas. Walaupun suhu setrika sudah panas, tetapi body setrika tidak panas sehingga aktivitas menyetrika tetap nyaman dan aman.

Rekomendasi Setrika di Ladara

Setrika listrik menjadi peralatan rumah tangga yang wajib dimiliki agar pakaian selalu rapi dan lembut. Walaupun sibuk, Anda bisa membeli produk kapan saja melalui online. Berikut ada merk yang bisa dipilih sesuai selera dengan harga kompetitif:

  1. Setrika listrik Miyako Rp119.900
  2. Setrika Beko Dry Iron Teflon 400 Watt Rp230.000
  3. Philips setrika uang GC1424 Rp320.000
  4. Setrika uap Philips Rp315.000
  5. Setrika Beko Dry Iron Ceramic Rp260.000
  6. Setrika uap Panasonic Rp455.000
  7. Cosmos setrika listrik CI - 4110N/4310N Rp130.000
  8. Philips GC160/27 Dry Iron Rp383.0000
  9. Sharp setrika listrik EI-N05-P Rp232.000
  10. Setrika uang/ steamer Bolde Rp389.900

Ladara bisa dijadikan pilihan belanja produk elektronik online karena produknya lengkap dan berkualitas, Anda bisa membeli merk setrika terbaik dan terbaru dengan harga kompetitif. Selain itu, metode pembayarannya beragam sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.