-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur Yang Perlu Diketahui

Minum susu biasanya dilakukan bersama dengan menyantap sarapan di pagi hari. Hal itu sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang, guna mendukung berbagai macam aktivitas seharian agar berjalan dengan lancar. Lantas, apa sih manfaat minum susu sebelum tidur? Silahkan cari tahu jawaban tentang gunanya susu pada artikel ilyasweb berikut. 

Berbagai Macam Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

manfaat minum susu sebelum tidur

Susu adalah minuman yang menyimpan beragam zat gizi penting untuk tubuh manusia. Seperti diperkaya protein, kalsium, kalium, fosfor, yodium, Vitamin B12, Vitamin A dan masih banyak lagi. Manfaatnya sudah pasti besar, mulai dari kesehatan mata, sistem imun, kulit, tulang dan gigi.

Apabila Anda rutin meminum susu sebelum tidur, ini dia beberapa manfaat yang bisa didapat. 

1. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Gangguan tidur di malam hari adalah permasalahan bagi sebagian besar orang, mungkin Anda salah satunya. Untuk mengatasinya, minum susu sebelum tidur adalah salah satu cara yang ampuh. Sebab, susu bisa membuat tubuh terasa lebih rileks dan santai.

Berkat kandungan asam amino dan tryptophan didalamnya, susu akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Kedua kandungan tadi mampu menyeimbangkan hormon melatonin demi pola tidur yang baik.  

2. Meredakan Stres

Stres berlebih membuat kualitas tidur menjadi berkurang dan hasilnya tubuh terasa begitu lemas di keesokan harinya. Namun, kebiasaan buruk satu ini bisa segera diatasi dengan meminum susu sebelum tidur. 

Susu berguna untuk meredakan stres sesudah seharian penuh menjalankan rutinitas dan mendorong tubuh lebih mudah terlelap. Bicara tentang meredakan rasa stres, sebaiknya memilih susu varian coklat untuk mendapatkan efek maksimal. 

3. Menguatkan Tulang

Susu diperkaya oleh kandungan kalium, kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Tidak cukup sampai disitu, susu bisa membantu tubuh memperbaiki sel-sel rusak. 

4. Mencegah Makan Tengah Malam 

Rasa lapar seringkali membangunkan Anda dari tidur malam. Jika sudah terbangun, memang paling mas menyantap makanan dan kembali tidur dengan nyenyak. Hal itu wajar, mengingat tubuh tidak menerima asupan energi selama tidur. 

Namun, kebiasaan makan malam dan kembali tidur bukanlah kebiasaan baik. Itu bisa membuat berat badan naik secara drastis dan menjadi pemicu obesitas. Nah, susu yang diperkaya banyak nutrisi baik adalah solusinya. 

Zat gizi karbohidrat pada susu adalah sumber energi utama untuk tubuh, kandungan lemaknya berguna sebagai cadangan energi dan protein mampu memberi rasa kenyang sepanjang malam.  

5. Memberikan Energi Sesudah Bangun Tidur

Menurut pakar kesehatan, setiap orang direkomendasikan untuk tidur dengan durasi selama 6-9 jam. Selama durasi tidur tersebut, tubuh sama sekali tidak mendapatkan asupan nutrisi. Sehingga wajar apabila ketika bangun tidur tubuh terasa tidak berenergi dan lemas. 

Nah, disinilah manfaat minum susu sebelum tidur. Susu memberikan asupan nutrisi yang cukup selama Anda tidur dan membuat bangun tidur lebih energik. Keesokan paginya Anda lebih bersemangat untuk memulai hari.  

6. Mengoptimalkan Fungsi Pencernaan  

Bagi Anda yang mempunyai masalah pencernaan, minum susu sebelum tidur bukanlah ide buruk. Susu berkhasiat untuk membantu usus lebih aktif pada malam hari, sehingga melancarkan BAB keesokan harinya.

Selain itu, minum susu secara rutin juga bisa membantu mencegah sembelit dan beberapa masalah pencernaan yang lain.

7. Menambah Berat Badan

Minum susu sebelum tidur memberikan dampak seperti halnya dua sisi koin untuk berat badan. Kebiasaan ini bisa membantu menaikkan berat badan dengan sehat dan pastinya perlu dipertimbangkan ulang untuk mereka yang sedang menjalankan program diet. 

Susu diketahui mengandung laktosa dan bisa membantu meningkatkan asupan kalori harian tubuh. Meski padat kalori, minum susu sebenarnya tidak memicu kenaikan berat badan berlebih asalkan tidak menambah gula.  

Demikianlah pembahasan tentang berbagai macam manfaat minum susu sebelum tidur, semoga bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.