-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Macam-Macam Nama Gerak Otot Pada Tubuh Manusia

Otot adalah jaringan yang berperan sebagai penggerak organ tubuh. Gerak otot pada tubuh manusia dibagi menjadi beberapa macam dengan nama, fungsi dan ciri-cirinya masing-masing. Untuk menghasilkan gerakan yang dilakukan bersamaan, membutuhkan otot sinergis dan otot antagonis. Simak deh macam-macam nama gerak otot dibawah ini.

Otot antagonis adalah pasangan otot yang bergerak secara berlawanan ketika otot sedang berkontraksi. Disamping itu, otot sinergis adalah pasangan otot yang cara geraknya saling bersinergi. Beraneka macam gerak otot termasuk bagaimana otot itu bergerak dan fungsinya.

Tanpa panjang lebar, ini dia macam-macam nama gerak otot pada tubuh manusia yang berhasil ilyasweb rangkum.

Macam-Macam Nama Gerak Otot Pada Tubuh Manusia

nama gerak otot

1. Abduksi dan Adduksi

Gerakan dari satu bagian ke bagian yang lain biasa disebut dengan istilah abduksi dan adduksi. Contohnya adalah ketika mengayunkan lengan secara lateral. Abduksi adalah sebuah gerakan menjauhi titik tengah tubuh. Sedangkan adduksi sebaliknya, ini adalah gerak otot yang menuju ke titik tengah tubuh.

Contoh gerak abduksi adalah mengangkat lengan tinggi-tinggi ke atas dan berjalan di tali. Contoh adduksi adalah menjatuhkan lengan ke samping sesudah mengangkatnya.

2. Fleksi dan Ekstensi

Fleksi dan ekstensi adalah gerakan tubuh pada saat maju dan mundur. Fleksi adalah gerakan memperpendek sudut diantara dua tulang. Sedangkan ekstensi adalah gerak memperlebar sudut diantara dua tulang.

Contoh gerakan fleksi dan ekstensi adalah menganggukkan kepala dan berdiri dengan posisi kaki lurus. Gerakan seperti ini memposisikan otot dalam gerakan ekstensi. Sementara itu, posisi jongkok mempresentasikan otot dalam kondisi gerak fleksi.

Secara sederhana, fleksi menggabungkan dua bagian tubuh dan ekstensi merenggangkan dua bagian tubuh satu sama lain.

3. Supinasi dan Pronasi

Macam-macam nama gerak otot selanjutnya adalah supinasi dan pronasi. Ini mengacu pada gerakan rotasi bolak-balik lengan atau kaki. Supinasi berarti gerakan otot memutar kaki atau lengan, sehingga membuat telapak tangan mengadah ke atas.

Sementara itu, pronasi berarti gerakan otot lengan bawah dan membuat telapak tangan mengadah ke belakang atau bawah.

Gerrak otot pronasi dan supinasi adalah sepasang unik yang hanya dapat dilakukan pada lengan. Sehingga anggota tubuh bisa membalikkan telapak tangan menghadap ke belakang atau keatas.

Anggota tubuh manusia seperti otot, tulang dan persendian memang bisa digerakkan seperti ini untuk memungkinkan rotasi.

4. Depresi dan Elevasi

Depresi adalah gerak otot menurunkan anggota tubuh. Sedangkan elevasi adalah kebalikannya, gerak otot ini menaikkan anggota tubuh. Anda mungkin secara tidak sadar sering melakukan gerak elevasi dan depresi, yaitu pada saat mengangkat bahu dan melihat ke atas.

5. Potraksi dan Retraksi

Potraksi dan retraksi adalah sebuah gerakan otot bernama anterior-posterior yang ebrada di bagian tulang belakang dan rahang. Protaksi adalah gerakan tulang menuju ke depan dan tidak mengubah sudut. Sedangkan retraksi adalah gerakan tulang mengarah ke belakang dan tanpa mengubah sudut.

Contoh gerakan otot protraksi dan retraksi adalah ketika mendorong mobil dan melempar bola. Gerakan menarik ke depan dinamakan protaksi, sementara gerakan tarik ke belakang disebut retraksi.

Itu tadi adalah macam-macam nama gerak otot pada tubuh manusia. Supaya aktivitas sehari-hari bisa berjalan dengan lancar dan nyaman, penting bagi Anda menjaga kesehatan otot. Merawat otot sudah seharusnya dilakukan sejak usia muda karena ini akan menjadi tumpuan kegiatan sampai usia senja.

Otot yang terus dilatih maka semakin fleksibel dan bagus untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Gerakan ini dan itu bisa dilakukan dengan leluasa dan pastinya nyaman.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.