-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Bank BTPN Untuk Mentransfer Uang Antar Bank

BTPN atau Bank Tabungan Pensiunan Nasional adalah perusahaan perbankan di Indonesia yang populer sebagai bank bagi para penerima pensiunan. Bank BTPN sendiri berdiri pada tahun 1958 dan sudah melayani selama lebih 60 tahun. 

Meski lebih dikenal untuk orang-orang yang menerima pensiunan, namun BTPN terus mengembangkan produknya di beberapa segmen usaha untuk menjadi lebih baik lagi. Adapun segmen usaha yang dijalankan oleh bank BTPN terdiri dari bisnis pensiun, bisnis pendanaan, mita bisnis, hingga bisnis usaha mikro dan kecil. 

Para nasabah bank BTPN pastinya tidak hanya sebatas menggunakan rekening sebagai alat menerima dana pensiun, akan tetapi bisa dipakai untuk sejumlah transaksi lainnya. Kamu bisa memakai rekening BTPN untuk setor tunai, penarikan tuna, transfer dana dan cek saldo. 

Sebagai tabungan pensiunan, bank BTPN tetap saja mempunyai kode bank sendiri sama seperti perusahaan perbankan lainnya. Fungsi kode bank BTPN adalah untuk keperluan transfer uang. Ingin mengetahui berapa kode bank BTPN? Yuk temukan jawabannya di bawah ini. 

Kode Bank BTPN

Perlu kamu ketahui, bahwasannya kode bank itu sama seperti kode transfer. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi transaksi yang dilakukan masing-masing pihak bank supaya mengetahui dengan jelas semua hak dan kewajibannya selama proses mengirim uang berlangsung. 

Kode bank adalah serangkaian 3 digit angka dan setiap perusahaan perbankan pasti memiliki kode yang berbeda-beda. Baik itu bank swasta maupun pemerintah, semua memiliki kode bank. Pemakaian kode bank yang dibutuhkan ketika ingin transfer dana ke bank berbeda, tidak untuk mentrasfer ke sesama nasabah bank BTPN.

Kode bank BTPN sendiri adalah 213. Ingat dan catat baik-baik ya.  

Cara Menggunakan Kode Bank di ATM

kode bank btpn

Supaya lebih mudah dipahami, silahkan perhatikan baik-baik contoh pemakaian kode bank untuk mentransfer uang melalui ATM dibawah ini. 

Silahkan kamu pergi ke gerai ATM sesuai nomor rekening, bisa juga ke ATM Bersama yang mendukung berbagai merk perbankan. Jangan lupa membawa kartu ATM dan menyiapkan nomor rekening Bank BTPN tujuan.

Setelah tiba di ATM, masukkan kartu kamu di slot yang sudah tersedia. Perhatikan stiker yang ada di atas slot kartu ATM, pastikan tidak terbalik ketika memasukkan kartu ATM.

Kamu diminta memilih dua opsi bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris. Supaya transaksi kamu berjalan mudah, pilih saja bahasa Indonesia.

Sekarang masukkan 6 digit angka PIN ATM dan rahasiakanlah dari siapapun, hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai macam bentuk kejahatan tidak diinginkan. Jangan sampai salah 3x memasukkan PIN ATM, karena secara otomatis kartu ATM bakal diblokir.

Perhatikan layar monitor, disana akan muncul beberapa menu transaksi. Untuk mentransfer uang, pilih opsi Transaksi lainnya kemudian Transfer dan pilih Transfer Antar Bank Online.

Kamu diminta memasukkan kode bank dan norek tujuan. Ingat, kode transfer bank BTPN (213) dan kemudian nomor rekening. Contoh: 2134948576869593726. Sebenarnya kamu bisa mengetahui kode bank lewat opsi Daftar Kode Bank. Namun hal ini tida bisa mempersingkat waktu karena harus mencari kode satu per satu di daftar yang lumayan banyak.

Jika sudah selesai memasukkan kode bank dan nomor rekening, masukkan nominal transfer ke nomor rekening BTPN. Kemudian lanjut dengan memilih Ya.

Nantinya layar monitor menampilkan informasi seputar nomor rekening, nama bank tujuan, pemilik rekening dan jumlah nominal yang hendak ditransfer. Apabila semua informasi sudah sesuai, lanjutkan dengan pilih menu Benar.

Tunggu proses transfer yang berlangsung beberapa detik, apabila berhasil mesin ATM mengeluarkan struk sebagai bukti transfer sudah selesai dilakukan.

Ambil kartu ATM kamu dan selesai.

Demikianlah informasi seputar kode bank BTPN dan contoh pemakaiannya. Semoga bermanfaat buat kamu yang mungkin sedang ingin bertransaksi ke BTPN.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.