-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Uang Lewat Alfamart Ternyata Mudah, Lho!

Alfamart adalah minimarket yang menjual beraneka macam kebutuhan sehari-hari, sekaligus siap membantu masyarakat melakukan transaksi keuangan. Tidak hanya top up saldo e-wallet, di Alfamart kamu juga bisa melakukan transfer uang tanpa nomor rekening bank. Biaya kirim uang tersebut sebesar Rp. 15.000 per transaksi. Lantas, sudah tahukah kamu bagaimana cara mengirim uang lewat Alfamart? Simak langkah-langkahnya dibawah.

Cara Mengirim Uang Lewat Alfamart

Apabila kamu tidak memiliki ATM dan nomor rekening bank, sekarang tidak perlu khawatir lagi soal proses mengirim dan menerima uang. Sebab, transaksi keduanya bisa dilakukan lewat minimarket Alfamart.

Tentu ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat, khususnya yang lokasi bank atau ATM jauh. Tinggal pergi ke Alfamart, mengirim uang bisa segera dilakukan tanpa ribet dan waktu lama.

1. Menyiapkan Data Diri

Ketika hendak mengirim sejumlah uang lewat Alfamart, pastikan kamu mempersiapkan beberapa persyaratannya dahulu. Yaitu data diri asli yang masih berlaku dan foto copyannya, baik itu Paspor, SIM atau KTP.

2. Mengunjungi Alfamart Terdekat

Setelah data diri sudah disiapkan, pergi ke Alfamart terdekat. Datangi kasir dan sampaikan bahwasannya kamu ingin mengirim uang. Nantinya petugas kasir memberikan formulir untuk diisi. Isi semua informasi yang disediakan dengan data benar, lalu serahkan kembali kepada kasir.

3. Memberikan Nominal Uang yang Ingin Dikirim

Jika data diri dan formulir pengiriman uang sudah diterima oleh kasir, kamu perlu membayar sejumlah uang yang ingin dikirim dan biaya administrasi sebesar Rp. 15.000. Semisal kamu ingin mengirim uang sebesar Rp. 200.000, maka yang perlu dibayarkan adalah Rp. 215.000.

Sementara itu, jumlah pengiriman uang bisa dari Rp. 10.000 sampai batas maksimal Rp. 5.000.000.

4. Menerima Kode MTCN

Transaksi diproses oleh kasir, tunggu selama beberapa saat. Apabila sudah berhasil, kasir akan memberi kode MTCN kepada kamu. Simpan baik-baik, karena kode MTCN berfungsi sebagai syarat utama agar bisa mencairkan uang yang dikirimkan.

Simpan baik-baik kode MTCN tadi, jangan sampai hilang apalagi diketahui oleh banyak orang. Pastikan hanya calon penerima uang saja yang mengetahuinya.

5. Memberi Kode MTCN

Langkah terakhir, kirimkan kode MTCN tadi kepada penerima untuk dipakai mencairkan uang di Alfaamrt terdekat.

Oh iya, kode MTCN memiliki masa berlaku selama satu bulan. Sehingga, penerima tidak harus langsung mengambil uang tersebut. Bisa ditahan dahulu di Alfamart dan diambil kapan-kapan, yang penting belum sampai satu bulan.

Lantas, bagaimana jika saya kehilangan kode MTCN? Kamu bisa menghubungi nomor 08041000100 (customer service TrueMoney). Nantinya kamu diminta membuktikan data-data valid.

Cara Mencairkan Uang di Alfamart

cara mengirim uang lewat alfamart

Selain mengetahui cara mengirim uang lewat Alfamart, kamu juga perlu mengetahui langkah-langkah untuk mengambilnya. Silahkan ikuti beberapa langkah berikut:

1. Mendapat Kode MTCN

Agar bisa mengambil uang yang sudah ditransfer, kamu perlu mendapat kode MTCN dari si pengirim.

2. Pergi ke Alfamart

Setelah menerima kode MTCN, pergi ke Alfamart terdekat. Jangan lupa membawa KTP dan kode MTCN. Beritahukan kepada kasir apabila kamu ingin mengambil uang, serahkan KTP dan kode MTCN.

3. Melengkapi Formulir Pengambilan Uang

Setelah itu isi formulir pencairan uang, pastikan semua data diri yang dimasukkan sesuai dengan di KTP.

4. Menerima Transer Uang

Setelah mengecek KTP, kode MTCN dan formulir, kasir segera memproses pencairan uang kamu. Setelah semua benar, penerima akan langsung mendapat uang yang dikirim dan tidak dipotong biaya admin apapun. Karena biaya admin sudah dibayar oleh pengirim.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.