-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Tips Memulai Ide Bisnis Tahu Pocong Yang Sukses Untuk Pemula

Memulai usaha bisa dilakukan dengan berbagai macam ide kreatif untuk memaksimalkan keuntungan. Baik itu memberikan inovasi baru kepada produk lama yang memang sudah populer, atau mengikuti trend bisnis yang sedang viral dan ramai diperbincangkan. Apabila kamu tipe orang yang suka ikut-ikutan trend, tahu pocong bisa menjadi pilihan bagus. Sebagai panduan, berikut tips memulai ide bisnis tahu pocong ala ilyasweb.

Tips Memulai Ide Bisnis Tahu Pocong Yang Sukses

bisnis tahu pocong

Bisnis kuliner bukanlah ide buruk untuk belajar membuka bisnis sendiri. Pasalnya, target konsumennya adalah semua orang. Setiap orang pasti butuh makan bukan? Nah, supaya lebih spesifik maka kamu bisa berinovasi dalam bentuk camilan dan menargetkan konsumen kaula muda.

Tahu pocong adalah tahu goreng yang dibalut tepung dan diberi isian pedas. Camilan ini sedang digemari oleh kaula muda di sejumlah kota, sehingga kamu bisa mencoba ikut berjualan tahu pocong disekitar sekolah, kampus atau pinggir jalan.

1. Riset Pasar

Sama seperti bisnis lainnya, salah satu kunci kesuksesan dari jualan tahu pocong adalah melakukan riset pasar. Karena menargetkan kaula muda, pastikan disekitar lokasi jualan kamu banyak kaula mudanya. Akan lebih bagus apabila jualan disekitar sekolahan, kampus, tempat wisata, depan minimarket dan lokasi lain yang biasa menjadi lalu lalang anak-anak muda.

Setelah memastikan calon konsumen sudah ada,maka lihat juga pesaingnya. Tidak harus dari produk sama, bisa melihat bagaimana minat anak-anak muda ini terhadap produk yang ditargetkan untuk mereka. Bisa bentuk minuman kekinian, camilan dan lain-lain.

Apabila minat konsumen tinggi, maka kamu bisa satu langkah lebih yakin untuk berjualan tahu pocong.

2. Memilih Lokasi Jualan

Sebenarnya tidak harus berada di area sekolahan dan kampus secara mutlak, kamu juga bisa lho membuka kedai tahu pocong di depan pasar, minimarket dan lain-lain. Asalkan mudah dilihat oleh banyak orang yang berlalu-lalang setiap hari.

Tidak masalah apabila kamu berjualan di tempat yang memang banyak pedagang keliling. Jangan khawatir soal pesaing, karena belum banyak kok yang menjual tahu pocong. Selain itu, di tempat ini juga sudah pasti banyak orang yang berkunjung. Calon pembelinya juga besar bukan?

3. Sumber Modal

Riset pasar dan lokasi jualan sudah, maka sekarang tinggal memikirkan modal awal. Kira-kira, darimana kamu mendapatkan modal untuk mulai berjualan tahu pocong. Apakah dari tabungan pribadi atau investor.

Jika mencari investor, pelajari dahulu bagaimana cara membuat proposal bisnis yang benar. Meskipun tidak harus dalam bentuk dokumen tertulis, minimal kamu bisa menjelaskan model bisnis dan potensi jualannya kepada calon investor.

Sebagai pemula, calon investor ini bisa datang dari keluarga, sahabat dekat atau rekan kerja.

4. Mempelajari Resepnya

Karena kamu akan berjualan makanan, tentu harus belajar bagaimana cara membuatnya. Tidak perlu bingung, karena di internet sudah ada banyak resep membuat tahu pocong. Mulai dari tahu pocong original, sampai beraneka macam kreasi yang kreatif, unik dan lezat.

5. Promosi

Semua perbekalan sudah siap, langkah selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah promosi. Karena sudah zamannya sosial media, promosikan saja tahu pocong buatanmu lewat WA, Facebook, Instagram dan lain-lain.

Supaya cepat dikenal, kamu bisa endorse teman-teman atau anak sekolahan. Berikan mereka tahu pocong buatanmu secara gratis dan minta tolonglah agar membantu mempromosikannya lewat akun sosial media mereka.

Demikianlah beberapa tips memulai ide bisnis tahu pocong yang sukses. Semoga poin-poin diatas bisa membantu kamu menentukan langkah terbaik untuk bisnis yang baru saja dirintis.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.