-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Tips Bisnis Rujak Jambu Kristal Yang Sukses Untuk Pemula

Jualan rujak adalah bisnis yang kedengarannya sepele, namun jika ditekuni lebih dalam dan konsisten sangat menjanjikan lho. Sebab, masyarakat Indonesia rata-rata menyukai makanan pedas dan rujak jambu kristal salah satunya. Terlebih lagi dikala musim panas seperti sekarang, rujak buah terasa sangat menyegarkan dan laris manis. Yuk pelajari lebih lanjut tentang bisnis rujak jambu kristal di artikel ilyasweb berikut.

Persiapan Awal Bisnis Rujak Jambu Kristal

Hal pertama yang perlu Anda pahami untuk memulai bisnis rujak jambu kristal adalah mengetahui peralatan untuk jualan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Payung berukuran jumbo
  2. Meja lipat berbahan besi. Ini dipilih untuk memudahkan saat penggunaannya
  3. Dua buah toples
  4. Etalase kaca
  5. Satu buah pisau buah
  6. 100 pcs sterofoam buah dan plastik alas
  7. Dua ikat kantong plastik
  8. Satu keranjang sendok
  9. Satu ikat tusuk sate

Semua peralatan diatas membutuhkan modal sekitar Rp. 2.500.000. Tentu bisa berbeda-beda, tergantung dimana kamu membelinya dan skill negoisasi.

Resep Rujak Jambu Kristal Enak dan Sederhana

bisnis rujak jambu kristal

Sama seperti jualan makanan yang lain, sebagai penjual kamu perlu belajar membuat dagangan. Mencari tahu resep rujak jambu kristal perlu dilakukan sejak awal, kemudian memperbanyak latihan untuk membuatnya. Apabila dirasa kurang, terus perbaiki sampai citarasanya pas.

Dengan rasa yang lezat, konsumen pasti tidak ragu untuk berlangganan rujak jambu kristal buatanmu. Resepnya sebagai berikut:

Bahan utama :

  • Jambu kristal 2 buah
  • Mangga muda 1 buah

Bumbu rujak :

  • Garam 2 sendok teh
  • Terasi panggang 2 sendok teh (haluskan)
  • Bon cabe 1 sendok makan (level 15)
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Bumbu buah manis 1 sendok teh

Langkah-langkah : 

  • Cuci bersih jambu dan mangga, kemudian kupas dan potong sesuai selera. Bilas air dan tiriskan
  • Siapkan seluruh bumbu rujak, masukkan ke lemperan dan ulek
  • Tata sambal dan buah-buahan ke wadah
  • Selesai

Tidak susah kok membuat rujak jambu kristal yang lezat. Untuk pilihan buahnya bebas, tinggal menyesuaikan selera masing-masing.

Tips Sukses Bisnis Rujak Jambu Kristal

Setelah mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan dan bagimana resep membuat rujak jambu kristal, sekarang saatnya kamu membuat business plan. Langkah apa yang mesti dilakukan kedepannya supaya bisnis bisa berkembang dengan baik dan sukses.

Jika masih merasa belum tahu apa-apa dan bingung, kiat-kiat berikut mungkin bisa membantu kamu lebih gamblang dan menemukan langkah paling efektif:

Buatlah rujak jambu kristal yang kelezatannya berbeda dari rujak buah kebanyakan. Kunci dari keberhasilan rasa terletak pada bumbu yang dipakai. Oleh karena itu, pastikan kamu membuat bumbu yang lezat dan nikmat. Sehingga, para pelanggan bakal terus menyukainya.

Memberikan pengertian kepada setiap pelanggan bahwa makan rujak itu menyehatkan tubuh, disamping rasanya yang lezat dan cocok untuk menghilangkan stres.

Kamu bisa membuat sebuah slogan unik yang diletakkan pada spanduk. Salah satunya bertuliskan bahwa rujak adalah makanan menyehatkan.

Jangan terlalu mahal ketika menetapkan harga jual, Rp. 10.000 per porsi dirasa sudah cukup ideal. Apabila harganya lebih mahal lagi, mungkin konsumen lebih memilih makanan lain yang lebih nikmat.

Jualan dilokasi strategis juga turut menyumbang keberhasilan dari bisnis kalian. Memilih tempat yang dekat sekolah, pasar dan minimarket masih menjadi langkah ampuh supaya rujak jambu kristal kamu lebih mudah dikenal oleh banyak orang.

Demikianlah pembahasan tentang bisnis rujak jambu kristal yang prospek mendatangkan keuntungan manis dan menarik buat dicoba. Pertimbangkan kembali sebelum memulai, khususnya mengenal minat orang-orang disekitar.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.