Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Baterai Ponsel Lebih Hemat dan Awet

Saat ini keseharian kita tidak pernah luput dari smartphone atau ponsel. Kegiatan sehari-hari seperti sekolah dan bekerja pun kini dilakukan melalui ponsel. Kita juga mengakses berbagai hiburan dari menonton film hingga main game online setiap hari dengan ponsel. Maka akan sangat menyebalkan jika baterai ponsel habis saat kita tengah beraktivitas. 

Memang saat ini untuk mengisi daya ponsel dapat dilakukan di mana saja. Anda juga bisa memakai powerbank saat kehabisan daya baterai ponsel. Namun, kadang memakai powerbank pun kurang praktis. Pastinya kita ingin baterai ponsel tetap awet meskipun dipakai belajar dengan Zoom atau meeting seharian. Atau tetap awet untuk menonton streaming film hingga bermain game online baik dari aplikasi game atau dari situs M88 slot selama berjam-jam.

Untuk itu, Anda perlu tahu tips dan triknya agar baterai ponsel lebih awet dan tahan lama. Simak beberapa tipsnya berikut ini:

1. Kenali daya baterai ponsel Anda

cara hemat baterai hp android

Semua orang pasti menginginkan baterai ponselnya awet. Tetapi sudahkah Anda memperhatikan kapasitas baterai ponsel saat membelinya? Salah satu hal penting yang mempengaruhi awet tidaknya baterai ponsel adalah kapasitasnya. Ponsel dengan kapasitas baterai 4.000 mAh dengan 6.000 mAh tentunya akan berbeda.

Agar awet pada penggunaan normal sehari-hari, sebaiknya pilihlah ponsel dengan daya baterai di atas 4.000 mAh. Ukuran layar ponsel juga akan mempengaruhi keawetan baterai saat digunakan. Semakin besar layar ponsel, baterainya pun akan semakin boros.

2. Jangan tunggu sampai habis

Jangan tunggu baterai ponsel habis total untuk mengisi daya! Segera mengisi ulang daya baterai ponsel Anda saat kapasitasnya mencapai 10%. Kualitas baterai akan mengalami penurunan jika Anda mencharge baterai ponsel saat daya baterai benar-benar kosong.

3. Jangan terlalu lama

Kadang ada yang memiliki kebiasaan untuk membiarkan ponsel pada posisi charging saat kita tidur. Lalu kita baru melepas ponsel di pagi harinya. Padahal, mengisi daya ponsel terlalu lama juga dapat menurunkan kualitas baterai ponsel.

Baterai dapat menjadi kurang awet atau berkurang kapasitasnya. Teliti buku panduan ponsel saat membeli, dan perhatikan berapa jam waktu yang disarankan untuk mengisi daya.

4. Kurangi tingkat kecerahan layar

Cahaya yang dipancarkan layar tentunya akan menguras baterai. Semakin cerah layar, maka konsumsi baterai pun semakin banyak. Jadi agar lebih awet, aturlah agar ponsel Anda tidak terlalu terang. Cukup seperlunya saja.

5. Matikan GPS dan Bluetooth saat tidak digunakan

Setiap fitur yang aktif dalam ponsel kita pastinya akan menguras daya baterai. Karena itu, untuk menghemat baterai, matikan fitur yang sedang tidak kita perlukan. Misalnya fitur GPS dan Bluetooth pada ponsel. Saat kita sedang tidak menggunakannya, sebaiknya matikan fitur-fitur ini untuk menghemat baterai.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.