Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Ide Bisnis Untuk Mahasiswa: Modal 1 Juta Dijamin Cuan!

Sekarang ini, sebagian besar orang lebih memilih untuk mendirikan bisnis atau usaha sendiri ketimbang harus bekerja di ujung telunjuk orang lain, pabrik, atau menjadi karyawan.

Dengan memiliki usaha atau bisnis sendiri, itu tidak akan membuat kita menghabiskan banyak tenaga untuk mendapatkan uang, dan kita tidak akan ada yang bisa mengatur atau menyuruh-nyuruh kita kecuali kita sendiri.

Akan tetapi, kita harus berjuang lebih keras di awal pendirian bisnis tersebut dan memerlukan konsistensi dan ketekunan agar bisnis yang kita jalankan bisa berkembang pesat dan bisa meraih omset serta profit yang diharapkan.

Perlu kamu ketahui, untuk memulai bisnis sendiri itu sebenarnya tidak semuanya harus memerlukan biaya yang banyak, dan bisnis-bisnis dengan biaya kecil seperti inilah yang sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa atau pelajar.

Rekomendasi Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal 1 Juta

ide bisnis untuk mahasiswa modal 1 juta

Dalam artikel perdana ini, Ilyasweb.com akan memberikan beberapa rekomendasi usaha bisnis untuk mahasiswa yang ingin memulainya dengan modal 1 juta rupiah saja, namun bisa menghasilkan cuan yang lumayan.

Apa saja bisnis tersebut? Yuk, kita bahas satu-persatu di bawah ini:

Bisnis Online Shop

Peluang usaha bagi mahasiswa yang pertama adalah online shop alias berjualan online. Kamu bisa memulai usaha online shop dengan menjual berbagai jenis pakaian, celana, kaos sablon, kemeja, celana, sepatu, kerudung, dan berbagai jenis fashion lainnya.

Untuk pemasarannya sendiri sekarang sangat mudah, karena ada berbagai macam platform sosial media seperti grup Facebook, WhatsApp, Instagram, dan kamu juga bisa memasarkan produk kamu di marketplace atau e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan yang lainnya.

Dengan hanya bermodalkan 1 juta rupiah saja, mahasiswa sudah bisa menjadi reseller produk online dengan berbagai macam varian yang bisa kamu jual ke teman-teman kampus atau bisa juga dijual secara online seperti yang sudah saya katakan sebelumnya.

Bahkan, kamu juga bisa memulai usaha online shop ini dengan tanpa modal sedikitpun. Lha, emang bisa? Bisa sekali, kamu hanya perlu menjadi seorang dropshipper saja di toko online. Modal utamanya hanya ketekunan dan konsisten untuk berjualan.

Untuk informasi seputar dropshipper dan panduan lengkapnya, silakan tunggu postingan berikutnya dari Bisniskit. So, pantengin terus blog ini!

Jualan Minuman Kekinian

Untuk menjalankan ide usaha mahasiswa yang satu ini tentunya tidak mudah, namun juga tidak membutuhkan modal besar. Kamu bisa memulai usaha jual minuman dengan konsep kekinian yang unik dan menarik, kemudian kamu bisa menjualnya ke teman kuliah atau bisa juga dititipkan ke kantin yang ada di sekolah atau kampus.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menjual produk minuman buatan kamu secara online dengan jangkauan pembeli yang terbatas di daerah terdekat dulu, agar pembayarannya bisa cash on delivery (COD) alias bayar setelah barang diterima pembeli.

Kenapa menjual minuman dengan konsep kekinian masuk kategori usaha yang menjanjikan cuan? Ya, karena mahasiswa, pelajar, dan anak-anak milenial generasi Z itu lebih suka dan senang sekali mengikuti trend masa kini.

Dengan mengeluarkan modal 1 juta rupiah saja, kamu sudah bisa menjual produk minuman berkonsep kekinian dengan beragam varian dan rasa. Kamu harus bisa membuat produk yang akan dijual terlihat menarik dan rasa yang disukai calon pembeli, ya!

Bisnis Kuliner Kekinian

Bisnis dengan modal 1juta yang menjanjikan cuan maksimal adalah usaha di bidang kuliner. Buat kamu yang hobi masak, kamu bisa memulai usaha yang satu ini.

Untuk pertama kali pembukaan, kamu bisa memulainya dengan membuka jasa catering untuk teman kampus, sekolah, dan kemudian untuk umum. Modal awal yang harus kamu persiapkan cukup Rp500.000,- hingga Rp1.000.000,- saja.

Atau jika catering kurang menarik, kamu bisa menjual jenis makanan lainnya seperi seblak, keripik, sosis bakar, bocil, pentol mercon, mie instan, gorengan, dan yang lainnya.

Bisnis jualan makanan kuliner kekinian yang satu ini memang tidak mudah untuk dijalankan, namun kamu bisa meraup keuntungan yang lumayan jika bisa mengolahnya dengan tekun dan promosi yang mumpuni.

Bisnis PPOB (Jualan Pulsa, Paket, Voucher Game)

PPOB singkatan dari apa? PPOB adalah kependekan atau singkatan dari Payment Point Online Bank. yang artinya tidak lain adalah pembayaran online melalui Bank. Simpelnya begini, bisnis PPOB bisa diartikan sebagai bisnis yang menjual pulsa, paket internet, bayar listrik prabayar dan pascabayar, topup voucher game, dan sejenisnya.

Jualan pulsa dan paket merupakan salah satu usaha yang sangat mudah sekali untuk dijalankan. Oleh sebab itu, jualan pulsa menjadi salah satu peluang usaha paling cuan untuk mahasiswa karena memang tidak membutuhkan modal usaha yang besar.

Untuk memulainya, kamu bisa mendaftar keanggotaan terlebih dahulu di agen pulsa elektrik terdekat di daerah kamu, atau bisa juga daftar melalui aplikasi seperti mitra tokopedia, masago, dan lain-lain.

Dengan kamu mendaftar menjadi seorang agen pulsa elektrik, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang sangat menjanjikan. Setiap satu kali transaksi penjualan pulsa, laba yang dapat kamu peroleh berkisar Rp1.000 hingga Rp10.000.

Perhatian: Saran dari Ilyasweb, jika kamu sudah mulai berjualan pulsa dengan modal 1 juta rupiah, sebaiknya hindari untuk menjual pulsa dengan cara hutang, apalagi ke teman-teman kamu yang susah sekali untuk bayar hutang. Hal ini harus benar-benar kamu pahami, karena admin sendiri pernah mengalami bangkrut dulu karena hal tersebut.

Jualan Cemilan atau Makanan Ringan

Walaupun di masing-masing universitas atau kampus sudah banyak sekali yang menjual beragam jenis makanan ringan, cemilan, atau jajanan, namun terkadang mahasiswa suka malas ke kantin atau keluar untuk membelinya.

Jadi, usaha bisnis yang satu ini sangat cocok buat kamu dan akan bermanfaat sekali bagi mahasiswa yang malas keluar untuk membeli jajanan.

Kamu bisa memulainya dengan menjual berbagai jenis makanan dengan ukuran yang kecil, snack, minuman kemasan, air mineral, dan kamu bisa menjualnya ke teman-teman kampus ketika jam istirahat tiba dan saat pulang dari kampus.

Pasalnya, camilan dan makanan ringan sangat penting sekali untuk mengembalikan konsentrasi mahasiswa saat belajar, dan yang pasti untuk mengganjal perut dan menunda lapar saat kuliah.

Uang 1 juta sudah cukup untuk modal memulai usaha yang satu ini. Bahkan, dengan modal sejuta saja, kamu sudah bisa meraup keuntungan yang lumayan.

Reseller Skincare

Sebagai seorang mahasiswi, sudah pasti kamu suka mempercantik diri kamu agar terlihat glowing. Peluang usaha menjadi reseller skincare memang sangat menjanjikan sekali, karena produk kecantikan yang satu ini berperan penting dalam urusan perawatan kulit wajah.

Untuk mulai menjalankan usaha ini, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu menjadi reseller atau member skincare. Untuk modal awalnya sendiri terbilang cukup murah, dan kamu bisa mendapat keuntungan yang lumayan besar dari setiap penjualan produknya.

Untuk cara menjual skincare sendiri, kamu cukup promosikan produk dan beritahukan juga keunggulan serta kelemahan dari produk tersebut ke teman kampus. Oiya, kamu juga bisa melakukan promosi di sosial media atau di blog/website kamu.

Catatan: Lakukan promosi yang menarik, dan jangan lupa untuk memberikan bukti testimoni pemakaian skincare dari pembeli kamu sebelumnya kepada calon pembeli. Hal tersebut tentunya akan membuat calon pembeli menjadi tertarik untuk membeli produk skincare yang kamu jual.

Jualan Aksesoris Ponsel 

Zaman sekarang, semua orang sudah memiliki ponsel pintar alias smartphone, terutama mahasiswa. HP Android ataupun iOS saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting untuk pekerjaan sehari-hari.

Bisnis jual beli smartphone membutuhkan modal yang besar dan risiko yang tinggi, jadi kamu bisa memulai usaha dengan menjual aksesoris ponsel atau smartphone saja, seperti menjual casing, softcase modif, charger (casan), headset atau headphone, kabel data, kartu memori (microSD), kartu perdana, dan yang lainnya.

Nah, untuk meminimalkan modal dan biaya lainnya, kamu bisa mendapatkan aksesoris smartphone tersebut dari toko atau distributor terdekat yang menjual beraneka ragam aksesoris.

Untuk cara penjualannya sendiri, kamu bisa menjual secara offline ke teman-tema atau bisa juga menjualnya secara online di marketplace (e-commerce) atau di media sosial.

Demikianlah ide usaha yang cocok dijalankan oleh mahasiswa dengan modal hanya 1 juta rupiah, namun sangat menjanjikan sekali. Yuk, kita mulai berbisnis untuk menambah ilmu dan pengalaman, dan pastinya untuk menambah uang jajan kuliah!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.