Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Baterai Over Temperatur HP Android (Semua Merk)

Baterai adalah sumber daya utama bagi hp android agar bisa dihidupkan dan dipakai untuk berbagai keperluan. Ada kalanya baterai ponsel mengalami error, salah satu yang paling sering dialami oleh pengguna yaitu Battery Over Temperature.

Apakah kamu sedang dibuat bingung dengan masalah ini? Kalau begitu simak cara mengatasinya pada pembahasan berikut.

Cara Mengatasi Battery Over Temperature di Hp Android

Battery over temperature adalah kondisi dimana suhu baterai hp kamu terlalu panas dan melebihi batas aman. Salah satu penyebab mengapa suhu baterai hp terlalu tinggi adalah kondisi baterai sudah mulai rusak. Baik itu karena penggunaan yang salah atau memang sudah di atas masa pakai.  

Untuk mengatasi suhu baterai hp android terlalu tinggi, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan. 

1. Membersihkan Baterai dan Konektor HP

Menurut pengalaman beberapa pengguna, ternyata ada satu langkah sederhana yang bisa dilakukan dengan mudah namun memberikan dampak sangat bagus. Coba deh kamu perhatikan bagian konektor baterai atau sensornya. Kemudian bersihkan sensor tersebut memakai penghapus karet. 

Membersihkan sensor baterai bisa jadi cara mengatasi baterai over temperature paling sederhana. Jika perlu, kamu bisa juga membersihkan kuningan yang berfungsi menghubungkan baterai dengan hp android.

Jika sudah, coba hidupkan hp android dan lihat bagaimana hasilnya. 

2. Mengganti Charger

Setiap charger hp mempunyai tegangan yang berbeda-beda. Salah satu masalah yang ditimbulkan apabila kamu mengisi baterai dengan tegangan tidak cocok adalah touchscreen bergerak sendiri. Ini bisa juga lho menjadi penyebab battery over temperature. 

Sehingga, pastikan kamu selalu memakai charger original setiap mengecas hp android. Jika memang tidak punya, gunakan charger dengan tegangan output sama. Dengan kebiasaan seperti ini, baterai android menjadi lebih awet dan tidak mudah mengalami battery over temperature. 

3. Mengganti Baterai 

Apabila dua cara diatas sudah dilakukan tetapi masih muncul notifikasi suhu baterai terlalu tinggi, maka jalan satu-satunya adalah mengganti baterai. Belilah baterai original sekalian, meski mahal namun performanya bagus dan lebih tahan lama. 

Tips Mencegah Baterai Over Temperatur

Cara Mengatasi Baterai Over Temperatur Hp Android

Sama seperti permasalahan lain, tentu ada penyebab mengapa suhu baterai hp terlalu panas. Diantaranya sebagai berikut: 

1. Jangan Digunakan Ketika di Charge

Ini dia kesalahan pemilik hp android yang sangat fatal. Jangan berharap baterai kamu berumur panjang, kalau sering dipakai ketika di charge. Aturannya adalah ponsel didiamkan ketika sedang diisi baterai. Agar lebih cepat bisa di mode pesawat atau lebih baik di matikan daya. 

Sekarang sering kita temui kebiasaan anak-anak adalah bermain game sembari di charge. Jangan heran apabila baterai cepat rusak, salah satunya muncul notifikasi battery over temperature. Jika diibaratkan, kamu disuruh lari sambil makan. Bagaimana, apakah tidak gampang sakit? 

2. Batasi Penggunaan

Bermain game online memang asyik, bahkan seringkali membuat pemain tidak peduli dengan kapasitas baterai miliknya. Idealnya, ketika daya baterai 30% ke bawah sudah tidak digunakan untuk apapun dan segera di charge. 

Tidak harus sampai 100% kok, daya baterai 90% sebenarnya sudah tidak masalah dicabut. Yang paling penting jangan sampai 20% apalagi 0%. Dengan perawatan seperti ini, baterai hp android kamu bakalan lebih awet.

3. Gunakan Charge Original

Seperti yang sudah disinggung sedikit diatas, setiap charge itu mempunyai tegangan berbeda-beda. Nah, pastikan hp kamu dicas menggunakan charge originalnya supaya tidak gampang terjadi masalah. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi battery over temperature di hp android. Semoga informasi diatas bisa membantu menyelesaikan permasalahanmu.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.