-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Cara Daftar Menjadi Agen ID Express Terbaru

Saat ini, jasa ekspedisi alias jasa pengiriman paket atau barang semakin banyak di Indonesia, karena banyaknya orang yang merubah kebiasaan belanja kebutuhan menjadi serba online, terutama di masa pandemi virus corona (covid-19) ini.

Selain JNE, J&T, Pos Indonesia, ternyata ada juga jasa antar paket yang terkenal di Indonesia yaitu ID Express. Ekspedisi yang satu ini banyak digunakan oleh kalangan masyarakat yang belanja online dari dalam dan luar negeri.

Karena sedang naik daun, ID Express saat ini sedang membuka lowongan kerjasama keagenan bagi siapapun yang ingin memulai bisnis di bidang ekspedisi. Jika kamu ikutan, tentunya kamu akan mendapatkan profit yang lumayan setiap bulannya, ditambah dengan peralatan yang lumayan lengkap dari ID Ekspress.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk ikut menjadi agen, dalam artikel kali ini Ilyasweb akan memaparkan bagaimana cara menjadi agen ID Express terbaru yang lengkap beserta persyaratannya.

Syarat Daftar Menjadi Agen ID Express

cara menjadi agen id express

Untuk menjadi agen di ID Express, tentunya ada syarat dan ketentuan yang harus penuhi, berikut di bawah ini ada 4 (empat) persyaratan utama yang wajib kamu ketahui sebelum melakukan pendaftaran, diantaranya:

Administrasi

Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah melengkapi syarat administrasi yang sudah ditentukan oleh ID Express. Adapun beberapa dokumen persyaratan yang wajib sekali kamu siapkan ialah sebagai berikut ini.

  1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  2. Pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 3 (tiga) buah.
  3. Siapkan denah lokasi, juga foto lokasi bagian luar dan ruangan dalam.
  4. Akte pendirian perusahaan, SIUP, dan Tanda Daftar Perusahaan atau TDP (* jika usaha kamu berbentuk badan hukum).
  5. Surat keterangan domisili usaha.
  6. Lampirkan bukti pembayaran IMB terakhir.

Lokasi dan Outlet

Syarat kedua yang wajib dipenuhi adalah tempat atau lokasi dan bangunan yang nantinya akan kamu jadikan sebagai kantor pelayanan ID Express.

Jangan lupa untuk memastikan kalau lokasi atau tempat yang akan dijadikan kantor agen dapat diakses oleh mobil, motor, dan kendaraan lainnya.

Memiliki ruangan yang cukup, fasilitas yang lengkap mulai dari kursi, meja, ruang tunggu, memasang spanduk dan juga plang neon box dari ID Express itu sendiri.

Peralatan dan Konektivitas

Berikutnya adalah persyaratan sistem, yang mana kamu wajib sekali memiliki peralatan seperti laptop atau komputer (Desktop PC) untuk melakukan entry data pengiriman dan penerimaan barang.

Smartphone android atau ios, timbangan, jaringan internet seluler atau wifi, dan sediakan juga printer deskjet atau laser yang nantinya akan digunakan untuk print-out resi dan yang lainnya.

Sumber Daya Manusia

Untuk bisa membuka usaha franchise ID Express, kamu diharuskan untuk merekrut karyawan minimal 1 orang saja untuk melayani konsumen nantinya.

Pastikan karyawan yang kamu rekrut harus paham teknologi, dengan kata lain bisa mengoperasikan smartphone, komputer, dan juga printer dengan baik.

Jika kamu sudah menyiapkan persyaratan di atas, kamu bisa datang langsung ke kantor ID Express terdengan untuk melakukan pendaftaran keagenan, dan berikan semua persyaratan-persyaratan tersebut.

Nah, apabila kamu sudah berhasil menjadi agen ID Express, maka kamu sudah bisa mendapatkan komisi sebesar 20% (persen) dari total pendapatan yang akan dibayarkan setiap bulannya.

Uniknya, kalau kamu sudah berhasil diterima jadi agen franchise ID Express, kamu akan diberikan inventaris berupa timbangan digital, neon box, seragam apron, topi, dan banner atau flyer.

Pada bulan pertama, kamu akan langsung diberikan training supaya calon konsumen bisa tertartik untuk menggunakan jasa kurir ID Express kamu, dan akan diajarkan juga bagaimana tata cara melayani konsumen dengan baik dan benar.

Tanya Jawab Seputar Agen Franchise ID Express

Buat kamu yang ingin kepo lebih mendalam terkait bisnis franchise ID Express, kamu bisa simak saja tanya jawab lengkap di bawah ini:

Apa itu ID Express itu?

ID Express adalah jasa ekspedisi pengiriman barang atau paket di Indonesia yang sudah bekerja sama dengan beberapa merchant, toko online atau e-commerce seperti Shopee salah satunya.

Apakah ada syarat minimal lulusan pendidikan terakhir agar bisa menjadi agen ID Express?

Tidak, semua orang bisa menjadi mendaftar jadi agen dengan syarat memiliki e-KTP dan melengkapi semua persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak ID Express.

Berapa sih modal awal untuk membuka agen ID Express?

Untuk biaya atau modal awal, kamu harus menyiapkan dana kurang lebih sekitar Rp10.000.000,- untuk paket hemat, atau Rp20.000.000,- untuk paket agen komplit (lengkap).

Saya tidak memiliki NPWP, apakah bisa mendaftarkan diri menjadi agen ID Express?

Tidak bisa, kamu wajib mempunyai NPWP agar bisa mendirikan bisnis franchise ID Express ini. Jadi, silakan untuk membuat NPWP terlebih dahulu di Kantor Pelayanan Pajak/ KP2KP terdekat.

Berapa sih jumlah karyawan untuk membuka agen ID Express?

Minimal 1 karyawan saja.

Berapa sih gaji kurir ID Express?

Gaji seorang kurir ID Express itu berkisar antara Rp2.000.000,- hingga Rp4.000.000,- per bulan (* belum termasuk komisi, uang tip, dan tunjangan).

Demikianlah informasi mengenai cara menjadi agen ID Express terbaru yang lengkap beserta persyaratannya. Punya modal dan mumpung masih muda, yuk mulai berbisnis franchise sekarang juga!

Catatan: jika ada kesalahan informasi mohon untuk bersedia memberitahukan admin melalui kolom komentar atau halaman contact us.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.