Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bisnis Rumah Kontrakan Agar Untung Maksimal

Cara bisnis rumah kontrakan – Selain bisnis yang bisa dijalankan secara online, masih banyak jenis usaha offline yang masih berpotensi menghasilkan pendapatan optimal di masa pandemi seperti sekarang ini, salah satunya adalah menjalankan bisnis rumah kontrakan atau kos-kosan.

Bukan hanya nilai jual rumah saja yang semakin hari semakin bertambah, kebutuhan akan rumah hunian juga sangat meningkat di zaman sekarang ini. Hal inilah yang membuat bisnis rumah kontrakan menjadi salah satu peluang yang tidak boleh dilewatkan.

Akan tetapi, dalam menjalankan usaha atau ide bisnis yang satu ini diperlukan strategi pemasaran dan perencanaan yang benar – benar matang.

Mengapa? Yups, karena persaingan bisnis di bidang sewa properti itu sangat ketat sekali dan katakan saja sangat keras. 

Alhasil, kamu harus menemukan sebuah cara yang tepat dan benar agar bisnis sewa properti rumah kontrakan yang kamu garap bisa memenangkan persaingan dan pastinya bisa meraup cuan yang maksimal.

Cara Menjalankan Bisnis Rumah Kontrakan Agar Menguntungkan

cara bisnis rumah kontrakan

Baiklah, dalam kesempatan ini Ilyasweb akan mencoba memberikan beberapa tips atau cara paling efektif dalam mengembangkan sebuah bisnis kos-kosan atau rumah kontrakan supaya bisa menguntungkan.

Silakan simak beberapa tips di bawah ini:

1. Perhatikan Kualitas Rumah Kontrakan

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan dalam menjalankan bisnis rumah kontrakan adalah memeriksa dan melihat kualitas rumah yang akan kamu sewakan kepada calon penghuni.

Kualitas selalu menjadi nomor satu di mata calon pelanggan bisnis kontrakan, oleh sebab itu jangan pernah kamu mengabaikan hal penting yang satu ini, ya!

Kamu bisa memulainya dengan membeli tanah kosong yang kemudian kamu membanguan sebuah rumah yang nantinya bisa dikontrakan kepada pelanggan.

Alangkah baiknya kamu menggunakan material bahan bangunan yang terbaik ketika akan membangun rumah kontrakan. Hal ini mampu membuat pelanggan kamu nyaman tinggal di rumah tersebut, ya minimal tidak mudah mengalami kerusakan.

Kalau membangun rumah kontrakan dengan menggunakan material berkualitas buruk, dikhawatirkan kamu akan banyak mengeluarkan biaya lagi nantinya untuk melakukan renovasi.

2. Pilih Lokasi Yang Strategis

Tips kedua yang wajib kamu lakukan agar bisnis rukos ini berjalan dengan lancar adalah dengan memilih dan menentukan lokasi rumah kontrakan yang benar-benar strategis.

Tujuannya adalah agar rumah tersebut bisa dengan mudah diakses, misalnya dekat dengan sekolah, kampus/universitas, pasar, rumah sakit, supermarker, pasar, dan tempat - tempat umum lainnya.

Untuk itu, sebelum kamu memutuskan untuk membeli rumah yang tujuannya untuk dikontrakan, sebaiknya pertimbangkan lokasi yang strategis, dan jangan tergiur dengan harga rumah yang murah tapi akses yang sulit.

3. Buat Desain Rumah Semenarik Mungkin

Supaya rumah sewaan kamu terlihat menarik di mata calon penyewa, kamu harus membuat desain rumah kamu semenarik mungkin tapi tetap fungsional, ya!

Kamu bisa memilih desain rumah minimalis modern yang kekinian jika memang budgetnya mencukupi, namun jika keuangan kamu minim, kamu bisa memilih desain yang sederhana tapi tetap menarik dan fungsional.

Desain rumah kontrakan yang menarik tentunya akan membuat penyewa nyaman tinggal di rumah tersebut. Pastikan juga bahwa bangunan rumah kontrakan kamu sudah memenuhi fungsionalitas, ya!

4. Biaya Sewa Terjangkau

Menetapkan harga sewa yang tepat juga menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam menjalankan sebuah bisnis rumah kontrakan. Sebab, kontrakan rumah yang biaya sewanya terlalu mahal akan malah membuat calon penyewa berpaling, sedangkan jika terlalu murah akan merugikan kamu sendiri.

Contoh penetapan harga sewa rumah kontrakan atau apartemen yang ideal itu seperti harga sewa apartemen taman anggrek residence, dimana harga sewa yang ditawarkan sangat terjangkau (tidak mahal dan tidak murah).

Kamu bisa menentukan tarif sewa ini berdasarkan kualitas rumah kontrakan yang kamu miliki, lokasinya strategis atau tidak, dan harga jual dari rumah tersebut.

Jangan sampai harga jual rumah mahal tapi biaya sewa murah, atau harga jual rumah murah tapi biaya sewa mahal, dan sebagainya.

5. Berikan Perlindungan & Jaminan Keamanan

Risiko yang berkaitan dengan keamanan misalnya seperti tindakan pencurian atau kehilangan barang sangat mungkin sekali terjadi pada rumah – rumah kontrakan yang kamu tawarkan kepada calon penyewa.

Oleh sebab itu, kamu bisa memberikan sebuah solusi seperti perlindungan atau jaminan keamanan yang paling tepat untuk rumah yang kamu tawarkan, agar penyewa bisa merasa sangat nyaman dan aman tinggal di rumah tersebut.

Misalnya kalau rumah kos – kosan yang garap lumayan banyak, kamu bisa merekrut satu orang satpam atau petugas keamanan yang sengaja kamu tugaskan untuk menjaga rumah di siang atau malam hari.

Mungkin itu saja 5 (lima) tips sederhana cara bisnis rumah kontrakan yang benar supaya bisa meraup penghasilan maksimal yang bisa admin paparkan dalam artikel ini.

Dalam proses pengembangan usaha atau bisnis kontrakan rumah (sewa – menyewa rumah) ini, usahakan agar kamu selalu melakukan promosi dengan strategi yang tepat.

Dan pastikan juga agar kamu selalu memeriksa kualitas rumah kontrakan kamu, jangan sampai penyewa rumah kecewa dengan kualitas rumah yang kamu sewakan atau dengan pelayanan yang kurang memuaskan.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.