-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Perusahaan Startup Indonesia dan Teknologinya

Startup merupakan salah perusahaan atau bisnis yang notabenya belum berusia lama sejak pembentukannya. Perusahaan ini umumnya masih dalam proses pengembangan dan sedang melakukan riset untuk menemukan pasar yang tepat untuk produknya.

Akan tetapi, seiring dengan terus berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin canggih ini membuat banyak sekali muncul perusahaan startup Indonesia yang berbasis teknologi.

Sekarang ini startup tersebut lebih dikenal dengan perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi informasi dan situs web (website).

5 Teknologi Perusahaan Startup Di Indonesia

perusahaan startup indonesia

Berikut di bawah ini ilyasweb akan memaparkan 5 (lima) teknlogi startup yang paling banyak digunakan tahun ini:

1. Mobile Online

Salah satu teknologi yang sedang ngetren digunakan oleh banyak perusahaan startup saat ini tidak lain adalah teknologi mobile online. Pasalnya, sekarang ini hampir semua hal sudah tersambung ke jaringan internet alias online.

Mulai dari belanja, berjualan, sampai memesan ojek sekalipun kini sudah bisa dilakukan oleh hampir semua orang secara online. Karena memang teknologi dengan perangkat mobile atau biasa disebut mobile online ini memang sudah tidak perlu kamu ragukan lagi.

2. Keamanan Siber

Tanpa sadari, bahwa perkembangan digitalisasi yang semakin pesat ini berhasilkan memunculkan beberapa masalah baru. Salah satunya, seperti munculnya oknum-oknum penipuan dan juga maraknya kasus pembobolan akun.

Oleh sebab itu, baru-baru ini banyak bermunculan perusahaan startup di bidang teknologi keamanan cyber guna mencegah terjadinya kasus pembobolan akun dan juga data informasi digital.

3. Pembayaran Instan (Instant Payment)

Sekarang ini tidak sedikit orang yang melakukan transaksi pembayaran dengan basis digital. Metode pembayaran online yang satu ini diklaim lebih mudah dan sangat praktis, karena memang bisa dilakukan dimana dan kapan saja (real-time).

Alhasil, saat ini sistem pembayaran yang dilakukan secara konversional mulai ditinggalkan. Sekarang ini sudah banyak kita jumpai perusahaan atau bisnis startup di Indonesia yang menggunakan teknologi pembayaran instan ini.

4. Penghitungan

Startup yang support teknologi perhitungan sekarang ini sudah banyak bermunculan, khususnya di Indonesia. Misalnya seperti perusahaan startup di bidang pembukuan atau akuntansi yang berfungsi sebagai alat untuk menghitung laporan keuangan usaha, layaknya aplikasi akuntansi Jurnal.

Bukan hanya untuk perhitungan laporan keuangan saja, saat ini sudah banyak teknologi perhitungan yang digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan lain.

5. Penyimpanan Data

Teknologi berikutnya yang paling sering dipakai oleh perusahaan startup ialah teknologi berbasis penyimpanan data. Tak bisa dipungkiri, kebutuhan terhadap penyimpanan data sekarang ini terus berkembang pesat.

Bisnis startup yang mempunyai banyak informasi dari berbagai jenis produk serta layanan tertentu saja, biasanya akan sangat membutuhkan tempat berbasis digital untuk menyimpan data-data informasi itu.

Akhir kata...

Perkembangan perusahaan startup di Indonesia sekarang ini bisa dikatakan sangat pesat sekali. Setiap bulannya banyak pemilik (founder) startup yang bermunculan di dunia, khususnya di Indonesia dengan berbagai inovasi teknologi yang mereka andalkan.

Dengan berkembangnya teknologi informasi dan dunia internet saat ini, maka akan semakin banyak pula para pelaku bisnis yang akan tertarik dan memulai untuk mendirikan startup barunya.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.