-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlengkapan Bayi Baru Lahir: Pilih Beli atau Sewa?

Menyiapkan segala kebutuhan untuk kelahiran bayi adalah salah satu hal yang sangat penting dilakukan. Mulai dari merancang desain kamar bayi, membuat daftar perlengkapan bayi baru lahir sampai kamu membelinya di toko khusus kebutuhan bayi.

Mengingat ada banyak sekali daftar lengkap perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan oleh kamu dengan pasangan, terkadang kamu kebingungan ketika dihadapkan dengan pilihan antar harus membeli atau menyewanya.

Perlengkapan untuk bayi baru lahir memang disarankan semuanya dalam kondisi baru. Akan tetapi, hal tersebut kadang membuat kamu sebagai orang tua bingung dan stres karena sedang tidak memiliki uang yang lebih untuk membeli semuanya serba baru.

Untungnya, sekarang ini sudah banyak sekali bisnis sewa perlengkapan bayi baru lahir di Indonesia, seperti boks bayi, kursi makan untuk bayi, stroller, sampai mainan bayi sekalipun.

Dengan adanya layanan sewa-menyewa perlengkapan bayi ini, sangat cocok sekali buat kamu yang ingin menghemat uang saat kelahiran. So, menyewa perlengkapan dan kebutuhan bayi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berhemat.

Pertimbangkan untuk membeli perlengkapan bayi...

daftar lengkap perlengkapan bayi baru lahir

Sekali lagi, memang untuk segala jenis perlengkapan bayi baru lahir itu baiknya didapatkan dalam kondisi baru, karena akan lebih steril dan sangat minim risiko penularan beberapa penyakit.

Pasalnya, bayi yang baru dilahirkan itu sangat rentan sekali terkena penyakit karena memang belum memiliki daya tahan tubuh sebaik anak-anak balita ataupun orang dewasa.

Beberapa barang seperti halnya botol susu, peralatan untuk kebutuhan makan dan minum bayi sangat wajib dibeli dalam kondisi baru.

Pertimbangan orang tua untuk membeli perlengkapan bayi yang harus serba dalam kondisi baru ini tidak lain karena keamanan dan juga kenyamanan dari produk yang dibeli tersebut.

Seperti halnya bak untuk memandikan bayi. Bak mandi bayi yang tidak dirawat secara intens biasanya akan mengalami kerusakan pada beberapa bagian tertentu seperti permukaan yang licin dan sebagainya.

Tentu saja hal tersebut sangat berisiko sekali untuk menimbulkan cedera saat kamu memandikan si buah hati. Jadi, lebih baik utamakan beli yang baru daripada harus menyewanya!

Pertimbangkan untuk menyewa perlengkapan bayi...

Beberapa pasangan lebih memilih menyewa perlengkapan dan kebutuhan bayi dengan alasan untuk menghemat pengeluaran. Karena wajib kamu ketahui, bahwa pengeluaran untuk membeli keperluan bayi baru lahir itu sangat banyak sekali, sehingga orang tua harus benar-benar bijaksana dalam mengatur keuangannya.

Dengan memilih menyewa peralatan, kamu sebagai orang tua bisa memperoleh barang-barang untuk keperluan si kecil dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan beli yang baru.

Yups, salah satu pertimbangan untuk menyewa adalag karena barang yang akan dibeli mempunyai masa pakai yang sangat pendek, sehingga sangat disayangkan sekali kalau harus membelinya dalam kondisi baru.

Bukan hanya itu saja, beberapa barang mungkin akan memenuhi ruangan rumah kamu ketika sudah tidak digunakan lagi, apalagi jika rumahnya terbilang sangat kecil sekali.

Sebagian pasangan yang masih tinggal di kos-kosan atau kontrakan, biasanya lebih memutuskan untuk menyewa peralatan bayi tersebut ketimbang membelinya.

Walaupun harga sewa sangat murah, tetapi ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan ketika akan menyewa barang-barang perlengkapan bayi.

Salah satunya adalah apakah peralatan tersebut masih bagus dan layak untuk digunakan atau tidak? Barang-barang yang dapat kamu sewa diantaranya seperti, mainan untuk bayi (ex: ayunan plastik, dll), stroller, dan juga boks bayi.

Kesimpulan...

Walau bagaimanapun, kamu sebagai orang tua yang bijak pasti memiliki pertimbangan sendiri ketika dihadapkan dengan pilihan antara harus menyewa atau membeli barang-barang kebutuhan bayi.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan manfaat, masa pakai barang, dan juga harga barang tersebut jika dibeli dalam kondisi baru.

Jika selisih harga sewa dan harga beli baru sangat minim dan masih bisa tertutup dengan anggaran keuangan kamu, maka membelinya adalah pilihan terbaik. Sedangkan jika barang tersebut sudah tidak digunakan lagi dan memenuhi ruangan rumah, kamu bisa memberikannya kepada saudara atau orang yang lebih membutuhkan.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.