-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri

Jika dilihat dari kaca sudut pandang manajemen keuangan atau finansial, kegiatan transaksi internasional itu memerlukan perencanaan yang matang. Transfer uang ke luar negeri ini dapat dilakukan secara pribadi ataupun perusahaan.

Tujuan keperluan transfer uang secara internasional ini sangat beragam sekali. Karena ada banyak sekali kebutuhan tersebut, kamu bisa memilih beberapa cara transfer uang ke luar negeri yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dalam artikel kali ini ilyasweb akan mengulas beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengirim sejumlah uang ke luar negeri dari beberapa perusahaan jasa keuangan. Setiap jasa finansial ini juga memiliki karakteristik masing-masing.

3 Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri

cara transfer uang ke luar negeri

Baiklah, berikut di bawah ini ada 3 (tiga) metode atau cara untuk transfer uang ke luar negeri yang bisa kamu gunakan, diantaranya:

1. Western Union

Sampai saat ini cara transfer uang dengan menggunakan jasa keuangan Western Union masih menjadi salah satu pilihan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia maupun internasional.

Gerai jasa transfer uang yang satu ini memang sangat banyak sekali yang tersebar hampir di setiap tempat, bahkan sampai ke daerah pelosok (wilayah terpencil) sekalipun.

Mulai dari supermarket, minimarket, JNE Express, Kantor Pos Indonesia, dan tempat-tempat lainnya. Untuk menemukannya, kamu cukup mencari tempat yang terdapat logo Western Union.

Cara mengirim uang menggunakan jasa Western Union sangat mudah dan simpel sekali. Kamu hanya perlu mengunjungi outlet atau gerai yang berlogo perusahaan Western Union dengan membawa sejumlah uang yang akan ditransfer berikut identitas data diri yang lengkap.

Jangan lupa juga untuk membawa data identitas dari orang yang akan menerima kiriman uang dari kamu, ya! Oiya, pengirim uang juga tidak diwajibkan mempunyai rekening tabungan bank tertentu saat melakukan transfer saldo.

Setelah kamu menyerahkan identitas pengirim dan penerima beserta sejumlah uang yang akan ditransfer, maka dalam beberapa saat kemudian si penerima uang akan mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi untuk segera mengambil uang di loket atau agen Western terdekat di kotanya.

Biaya administrasi yang dibebankan oleh Western Union juga terbilang cukup murah, sehingga tidak akan membuat dompet kamu lesu, hehe...

2. Transfer Antar Bank

Ada beberapa bank di Indonesia yang bisa dimanfaatkan nasabah untuk mentransfer sejumlah uang ke luar negeri (internasional). Untuk transfer antar bank ke seluruh negara di dunia bisa kamu lakukan dengan cara mengunjungi petugas teller di kantor cabang bank terdekat.

Biasanya, setiap nasabah yang hendak mengirim uang ke luar negeri akan diminta untuk menyerahkan identitas lengkap penerima yang valid, beserta data bank yang digunakan oleh penerima.

Bukan hanya itu saja, pengirim juga harus tahu SWIFT Code dari bank yang dipakai oleh penerima beserta kode bank dan nomor rekeningnya, ya!

Oiya, proses pengiriman uang dengan metode transfer antarbank internasional ini juga biasanya akan memakan waktu yang lumayan lama. Mengingat bank pengirim harus melewati beberapa tahapan, salah satunya harus melewati bank korespondensi sebelum uang masuk ke rekening penerima.

Masing-masing bank akan membebankan biaya administrasi untuk transaksi ini. Transaksi transfer internasional ini juga bisa dilakukan secara individu ataupun perusahaan, dan juga bisa melalui rekening tabungan ataupun giro.

3. Rekening HSBC

Khusus untuk nasabah yang memiliki jangkauan operasi bisnis atau usaha secara global, maka biasanya akan menyediakan fasilitas yang bernama transfer internasional. Hal ini sangat penting demi memudahkannya dalam urusan memanajemen keuangan.

Di HSBC (singkatan dari: Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited) ada fasilitas yang namanya transfer internasional. Setiap rekening nasabah baik tabungan pribadi ataupun bisnis/perusahaan/badan hukum itu sudah dilengkapi dengan fitur untuk bisa mentransfer uang ke luar negeri secara real-time.

Fasilitas tersebut juga sering disebut Global Transfer yakni suatu fitur yang memudahkan nasabah untuk melakukan transfer secara instan antar rekening HSBC. Bahkan, untuk jenis produk rekening tertentu, nasabah tidak akan dikenakan biaya administrasi saat transfer internasional ini.

Demikianlah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk transfer dana ke luar negeri. Silakan kamu pilih metode mana yang cocok dan menguntungkan untuk managemen finansial kamu.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.