-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form

Banyak diantara teman-teman yang menanyakan cara mengetahui jawaban di google form atau google clashroom. Tujuannya mungkin karena mereka ingin mendapatkan nilai yang bagus dengan cara instan atau memang mereka hanya ingin tahu saja.

Sebetulnya, setiap pembelajaran yang dilakukan di sekolah maupun kampus, kunci jawaban itu sudah disediakan alias sudah sengaja dibuat oleh guru, tutor, pengajar, ataupun dosen supaya bisa dengan mudah saat melakukan koreksi tugas murid tanpa harus mengingatnya.

Terutama jika soal pada tugas yang diberikan kepada murid sangat banyak, tentunya akan sangat sulit sekali bagi guru atau dosen jika harus mengingatnya satu persatu.

Oleh sebab itu, kunci jawaban adalah salah satu solusi yang paling tepat. Umumnya kunci jawaban dari soal-soal ujuan atau ulangan itu bisa berbentuk lembaran (offline) atau secara online.

Sehubungan sekarang ini pembelajaran sekolah dan kuliah dilakukan secara daring di rumah dan kebanyakan menggunakan platform google clashroom. Jadi, silakan simak artikel ilyasweb tentang cara melihat kunci jawaban google form di hp berikut ini.

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form

Cara yang akan saya bahas pertama kali adalah mencari kunci jawaban yang benar di google form. Dengan kamu menggunakan metode ini, kamu bisa dengan mudah melihat cara melihat jawaban di google form sehingga soal-soal yang sulit bisa dikerjakan tanpa harus berpikir keras.

Oiya, kamu bisa mencoba cara yang satu dengan menggunakan perangkat smartphone android atau komputer/laptop (PC).

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silakan kamu buka halaman soal google form di browser hp maupun laptop.
  2. Isi data diri atau absen terlebih dahulu.
  3. Jika sudah, maka kamu akan melihat semua soal-soal yang diberikan di halaman tersebut.
    cara mengetahui jawaban google form

  4. Selanjutnya, klik kanan dan pilih opsi Inspect Element atau bisa juga gunakan shortcut CTRL + U (*laptop atau komputer).
  5. Jika menggunakan hp, silakan buka menu address bar yang ada di atas, kemudian tambahkan kode: view-source: tepat sebelum https:// atau http://, lalu Enter.
    cara mengetahui jawaban di google form

  6. Kemudian kamu gulir atau scroll ke bawah, dan kamu bisa melihat kunci jawaban dari setiap soal pada kode script tersebut.
  7. Selesai.

Update terbaru! Untuk saat ini, cara di atas sangat tidak disarankan karena hanya akan menampilkan kunci jawaban dari yang paling atas alias pada pilihan ganda A saja, alhasil jawaban kamu akan semuanya A.

Cara Mengetahui Jawaban Google Classroom di HP Android

Metode yang kedua ini adalah cara mencari dan mengetahui kunci jawaban yang benar sesuai yang diberikan oleh guru/pengajar/dosen di google clashroom dengan menggunakan smartphone atau HP Android dan iOS (iPhone).

Untuk mencoba cara yang satu ini, sebaiknya kamu menggunakan hp yang memiliki fitur split layar seperti hp xiaomi. Fungsinya ialah untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam 1 layar atau satu halaman.

Bukan hanya xiaomi saja, ada merek hp seperti oppo, vivo, samsung, iphone, realme, infinix, advan, dan yang lainnya yang sudah dibekali dengan fitur split layar, kok!

Untuk caranya sendiri, kamu bisa simak ulasan saya berikut di bawah ini:

  • Pertama, silakan buka aplikasi browser di hp android kamu. Untuk browsernya sendiri bebas, baik itu menggunakan Google Chrome, Firefox, Brave, Mi Browser, dan lain-lain.
  • Kemudian ketuk tombol home yang ada di menu navigasi smartphone kamu.
  • Lalu ketuk pada opsi split layar.
  • Selanjutnya, kamu seret aplikasi google clashroom dan browser agar tampil menjadi satu halaman atau satu layar.
    cara melihat jawaban di google form

  • Setelah itu, kamu bisa mencari jawaban dari soal yang ada di google clashroom tersebut di google yang ada di browser.
  • Selesai.

Dengan cara di atas ini, kamu bisa dengan mudah mencari jawaban yang tepat untuk menjawab semua soal di google clashroom ataupun form, meskipun tidak semua jawaban bisa kamu temukan di internet, ya!

Kekurangannya saat kamu menggunakan cara yang satu ini adalah kamu bisa menghabiskan waktu yang lumayan lama karena memang harus mengcopy soal satu persatu ke kolom pencarian Google.

HP saya tidak support split layar, bagaimana solusinya?

Jika kebetulan ponsel pintar yang kamu gunakan belum mendukung fitur layar split, kamu bisa menggunakan metode di atas dengan menggunakan 2 (dua) buah hp android, yakni satu untuk aplikasi google clashroom dan satu lagi untuk membuka aplikasi browser.

Oiya, pastikan juga kamu benar-benar memiliki jaringan atau koneksi internet yang stabil agar bisa dengan mudah dan cepat dalam menemukan jawabannya.

Peringatan: Saya sangat menganjurkan teman-teman dan adik-adik sekalian untuk tetap belajar lebih giat lagi, karena sehebat dan secanggih apapun teknologi, jika kalian malas untuk belajar maka itu semua tidak berguna.

Artikel ini saya buat bukan untuk mengajarkan hal yang tidak senonoh atau mengajarkan curang kepada kalian semua, namun hanya sebatas pengetahuan saja.

Ingat, jika adik-adik menggunakan cara mengetahui jawaban google form dan google clashroom seperti di atas, itu hanya akan membuat nilai kamu bagus saja. Padahal, sebanarnya murid yang menggunakan cara seperti itu adalah orang bodoh yang malas untuk belajar dan berpikir.

Akhir kata...

Itulah cara melihat kunci jawaban google form di hp android, iOS, ataupun melalui laptop atau komputer (desktop PC).

Sekali lagi saya sampaikan, jangan lupa untuk terus belajar, belajar, dan belajar. Adik-adik sekalian jangan pernah tergiur untuk mencoba menggunakan cara ini untuk mendapatkan nilai bagus secara instan tanpa harus berpikir. Ingat kembali, sesuatu hal yang diperoleh secara instan itu akan hilang secara instant juga!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.