-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Pengguna WiFi IndiHome

Kamu sebagai pemilik WiFi, pernahkah merasa penasaran ingin mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome kamu? Hal itu sangat wajar disaat kamu baru pertama kalinya memasang jaringan WiFi sendiri.

Pada artikel sekarang ini, saya akan membahas salah satu penyedia jaringan provider yang cukup familiar sekali di telinga kita, yaitu IndiHome. Lantas, apakah kamu termasuk salah satu pengguna IndiHome yang penasaran untuk mengetahui siapa saja yang memakai WiFi kamu?

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membatasi jumlah pengguna aktif di WiFi IndiHome. Untuk melihat siapa saja yang terhubung caranya juga hampir mirip, hanya berbeda menu saja. Biar lebih jelas, kamu bisa membaca panduannya di bawah ini sampai selesai.

Cara Mengetahui Pengguna Aktif WiFi IndiHome

cara melihat pengguna wifi indihome

Mungkin kamu juga sudah tahu, bahwa merek dari modem yang digunakan IndiHome itu bukan hanya satu, namun ada beberapa merek. Oleh sebab itu, di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengetahui pengguna WiFi IndiHome ZTE, Fiberhome, maupun Huawei di HP Android, komputer atau laptop.

ZTE

Buat kamu pengguna IndiHome dengan modem merek ZTE, kamu bisa mengetahui siapa saja yang terhubung ke WiFi kamu secara mudah, lho!

Silakan kamu ikuti langkah demi langkahnya berikut ini:

  • Pertama, silakan kamu ketik IP Address berikut: 192.168.1.1 pada address bar browser kamu (Chrome, Firefox, atau Browser lainnya).
  • Setelah halaman terbuka, silakan kamu masukkan data login berikut ini:
    • username: user
    • password: user
  • Kemudian jika sudah berhasil masuk ke halaman admin, silakan kamu buka tab Network > WLAN > Associated Devices.
  • Di halaman tersebut kamu bisa melihat dan mengecek siapa saja pengguna yang sedang aktif menggunakan WiFi milikmu.
  • Selesai.

Fiberhome

Nah, sedangkan buat kamu yang baru pertama kali mendaftar alias memasang WiFi IndiHome di kantor maupun rumah, biasanya modem yang diberikan oleh pihak Telkom bermerk Fiberhome.

Cara untuk melihat pengguna WiFi IndiHome Fiberhome ini juga sama seperti pada modem ZTE yang baru saja admin bahas di atas, berikut untuk lebih jelasnya:

  • Pertama, ketikkan alamat IP berikut 192.168.1.1 pada aplikasi browser kamu, maka dengan otomatis kamu akan di bawa ke halaman login admin.
  • Selanjutnya, kamu tinggal masukkan saja info login berikut ini pada kolom yang tersedia:
    • username: admin
    • password: admin
  • Setelah berhasil masuk ke halaman admin panel, silakan kamu buka menu Status > Wireless Status > WiFi Clients List.
  • Pada halaman tersebut kamu bisa melihat jumalh pengguna aktif di WiFi kamu berikut dengan informasi MAC Address masing-masing perangkatnya.
  • Selesai.

Huawei

Sedangkan kalau kamu kebetulan menggunakan modem Huawei, maka untuk mengetahui pengguna WiFi IndiHome pada modem ini sedikit berbeda dengan kedua modem di atas.

Kamu tidak bisa menggunakan IP Address 192.168.1.1 untuk mengakses panel admin modem tersebut. Untuk lebih jelasnya lagi, coba deh kamu perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka IP Address 192.168.100.1 di web browser hp android atau laptop kamu, maka secara otomatis kamu akan dialihkan ke halaman login modem Huawei tersebut.
  2. Setelah itu, kamu bisa memasukkan detail login berikut ini untuk bisa masuk ke halaman admin panel:
    • nama pengguna: telecomadmin
    • password: admintelecom
  3. Setelah berhasil masuk ke panel admin, silakan saja buka tab Status > User Devices.
  4. Di sana kamu akan mengetahui jumlah pengguna aktif yang tersambung ke WiFi IndiHome Huawei kamu, termasuk keterangan apakah mereka sedang offline atau online.
  5. Selesai.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan?

Demikianlah cara paling mudah untuk melihat dan mengetahui pengguna WiFi IndiHome ZTE, Huawei, dan Fiberhome baik yang sedang aktif alias online ataupun offline.

Jika ternyata kamu melihat banyak sekali pengguna tidak dikenal yang tersambung ke WiFi milikmu, sebaiknya blokir saja MAC Address perangkat tersebut atau kamu bisa mengganti password alias kata sandi WiFi kamu.

Oiya, buat kamu yang mengalami gagal login (tidak bisa masuk) ke halaman panel admin di masing-masing modem yang kamu gunakan, kamu bisa membaca artikel saya yang sebelumnya berikut ini: username dan password IndiHome terbaru.

Semoga membantu!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.