Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Penyebab m-Token BRI Tidak Muncul?

Segala bentuk aktivitas yang berkaitan dengan layanan transaksi finansial pada BRI Internet Banking di komputer, laptop, ataupun smartphone android, nasabah biasanya akan dimintai kode autentikasi One Time Password (OTP) yang akan dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon yang terdaftar, atau biasa kita sebut dengan m-Token (mobile token BRI).

Jika tidak ada kode autentikasi tersebut maka transaksi sama sekali tidak akan bisa diproses. Kalau dalam selang waktu beberapa menit SMS m-Token BRI tidak masuk alias tidak muncul juga, maka kamu bisa melakukan request ulang kode m-Token.

Beberapa minggu yang lalu ada teman saya yang ingin melakukan transaksi transfer saldo ke Pegadaian Digital untuk pembelian emas 1 gram melalui Internet Banking BRI, setelah 3 kali melakukan request kode m-Token namun SMS dari BRI tidak muncul juga!

Kenapa hal tersebut bisa terjadi, apakah memang bank BRI sedang melakukan pemulihan atau pembaharuan (maintenance) sistem atau sedang mengalami gangguan?

m-token bri tidak muncul

Kejadian seperti yang disebutkan di atas, dimana seorang nasabah sudah melakukan beberapa kali request ulang BRI token (m-Token) tetapi sama sekali tidak ada SMS dari BRI-OTP yang masuk, itu bisa saja disebabkan oleh 3 (tiga) faktor berikut ini.

Pertama: penyebab nasabah tidak menerima kode SMS m-Token BRI yang masuk ke nomor teleponnya bisa saja disebabkan oleh jaringan yang bermasalah pada layanan Internet Banking BRI.

Solusinya, silakan kamu mencoba kembali untuk melakukan transaksi dan request m-Token setelah beberapa menit ke depan.

Kedua: nomor telepon kamu yang terdaftar di layanan I-Banking BRI sedang tidak aktif atau berada dalam masa tenggang.

Namun, yang paling sering terjadi adalah karena nomor telepon nasabah tidak mempunyai pulsa yang cukup, sebab setiap menerima kode m-Token ini akan dikenakan biaya potong pulsa sesuai dengan yang dibebankan oleh operator masing-masing nasabah.

Solusinya, agar kamu bisa tetap menerima kode SMS m-Token dari BRI-OTP selalu pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup, minimal ada pulsa Rp1000 atau Rp2000 untuk menerima satu m-Token.

Sedangkan untuk nasabah yang menggunakan kartu SIM berjenis pascabayar, pastikan agar nomor kamu tidak melewati masa/tanggal jatuh tempo pembayaran tagihannya.

Ketiga: ada masalah yang terjadi pada smartphone android atau iOS yang digunakan oleh nasabah.

Jika kode SMS m-Token BRI tidak muncul alias tidak diterima padahal nomor telepon masih aktif (tidak dalam masa tenggang) dan ada pulsanya, silakan coba kamu restart smartphone kamu.

Nah, itulah beberapa penyebab SMS m-Token dari BRI tidak masuk, tidak muncul, atau tidak terkirim ke nomor telepon kamu ketika sedang melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran atau pembelian) di BRI Internet Banking.

Informasi penting: sebagai solusi paling ampuh buat kamu yang mendapatkan masalah tidak menerima kode SMS m-Token BRI, kamu bisa menggunakan aplikasi Mobile Banking BRI yang bernama BRImo untuk kemudahan transaksi finansial kamu.

Kamu bisa download dan install aplikasi BRImo ini secara gratis di Google Play Store atau AppStore. Melakukan transaksi finansial di aplikasi ini kamu tidak akan dimintai kode autentikasi m-Token, kamu hanya memerlukan user ID, password, dan juga PIN.

Semoga bermanfaat!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.