-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Usaha Bisnis PPOB

Bisnis adalah salah satu ide terbaik sebagian orang untuk memperoleh income (pendapatan) dan meraih kesuksesan. Akan tetapi, pernahkan kamu berpikir bisnis apa yang menguntungkan sekarang ini dengan modal kecil namun berpotensi mendapatkan keuntungan terus-menerus secara berkelanjutan?

Buat kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis dan masih bingung memilih bisnis apa yang cocok, saya sarankan untuk memulainya dengan usaha berjualan pulsa, paket internet, pembayaran listrik dan loket pembayaran lainnya, atau yang lebih dikenal dengan usaha PPOB.

PPOB (singkatan dari: Payment Point Online Bank) adalah suatu loket pembayaran hampir mirip dengan bank yang mana bisa digunakan untuk membayar berbagai jenis tagihan, pembelian dan pembayaran dalam satu atap (tempat).

Lantas, jika kamu ingin memulai bisnis PPOB, hal apa sajakah yang harus benar-benar dipersiapkan? Okay, untuk kamu yang akan bergelut di dunia PPOB sebaiknya persiapkan 4 (empat) hal penting di bawah ini agar usaha kamu bisa menghasilkan keuntungan yang sesuai harapan.

4 Tips Memulai Usaha PPOB bagi Pemula

Nah, ke-empat hal penting yang wajib sekali kamu persiapkan tersebut, diantaranya sebagai berikut:

1. Modal

Seperti yang kita ketahui, modal adalah salah satu hal yang paling wajib dalam setiap usaha. Modal ini dapat kamu peroleh dengan beberapa cara, salah satunya dengan menabung terlebih dahulu, meminjam ke orang terdekat, atau mengajukan pinjaman di bank.

Modal untuk membuka usaha PPOB sendiri relatif kecil, walaupun memang ada juga menggunakan modal yang sangat besar untuk memulainya.

Kamu bisa memulainya dengan menyiapkan modal sekitar 3 juta, 5 juta atau 8 juta terlebih dahulu. Modal ini juga nantinya akan mengalami perputaran uang dengan cara melipat gandakan keuntungan setiap bulannya, jika usaha PPOB kamu lancar.

Sedangkan jika usaha PPOB yang kamu jalankan tidak lancar (*jalan di tempat), modal kamu masih tetap utuh dan bisa kamu gunakan untuk keperluan yang lain, lho!

2. Peralatan

Alat-alat yang biasa digunakan untuk usaha PPOB ini biasanya adalah sebuah komputer atau laptop, printer, smartphone serta koneksi internet yang baik.

Tidak ada spesifikasi minimum untuk komputer atau laptop yang digunakan, karena alat-alat ini hanyalah faktor penunjang atau hanya syarat untuk membuka sebuah loket pembayaran yang disyaratkan oleh Agen PPOB, kok!

Kalau smartphone sendiri wajib kamu miliki, karena sekarang ini sudah banyak sekali agen yang menggunakan sistem pembayaran dengan menggunakan Aplikasi PPOB untuk mempermudah transaksi kamu nantinya.

3. Tentukan Agen PPOB Yang Tepat

tips memulai usaha ppob

Sekarang ini, mencari dan menentukan agen PPOB itu bukanlah salah satu hal yang sulit, kamu bisa mencari dan membandingkan satu sama lain di internet. Bahkan, ada beberapa bank yang memang mendirikan PPOB dan kamu bisa bergabung untuk bekerja sama dengannya.

Satu hal yang penting saat memilih agen PPOB adalah perhatikan kredibilitas agen tersebut agar kamu terhindar dari segala tindak penipuan yang bisa merugikan kamu.

4. Pilih Lokasi Yang Strategis

Lokasi strategis memang sangat dibutuhkan sekali untuk sebuah usaha, baik itu PPOB ataupun usaha lain. Sebab, hal ini akan mempermudah kamu dalam urusan pemasaran (marketing) dan untuk memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk menemukan lokasi usaha PPOB milikmu.

Untuk menentukan lokasi, kamu bisa memilih lokasi di daerah pedesaan seperti Saya atau bisa juga di perkotaan dengan syarat lokasi tempat usaha kamu dekat dengan jalan raya. Intinya, yang harus mudah dijangkau dan ditemukan semua orang, ya!

Kalau saya sendiri beralasan kenapa lebih memilih membuka usaha di pedesaan, karena sangat mudah sekali untuk mendapatkan pelanggan setia, lho!

Demikianlah 4 tips penting memulai usaha bisnis PPOB, sekarang kamu bisa mulai terjun ke usaha ini jika sudah mengetahui poin-poin penting yang harus dipersiapkan seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Selamat berbisnis!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.