Mengenal Komputer IBM: Sang Pelopor Komputer Modern!

komputer ibm

Sejarah Perkembangan Komputer IBM

Kalau mendengar kata IBM, tentu Anda akan membayangkan komputer. Memang tepat sekali, komputer IBM adalah komputer yang sangat terkenal, merupakan salah satu pioner dari perkembangan komputer di dunia.

IBM yang berpusat di kota New York adalah salah satu perusahaan yang mengembangkan komputer terutama dalam hardware dan software. IBM yang berdiri pada tahun 1911 telah melewati berbagai siklus naik turun sebagai salah satu perusahaan komputer di dunia.

Pada tahun 1960-an, IBM mengeluarkan komputer IBM dalam bentuk mainframe. Mainframe adalah komputer besar yang mampu melakukan proses yang rumit. Komputer mainframe IBM memperoleh kesuksesan besar sebagai awal perkembangan komputer. Produk IBM lain yang sukses adalah komputer personal IBM, AS400 dan PowerPC. Semua berkembang dari tahun 1860an sampai saat ini.

Apa Kabar Komputer IBM Sekarang?

Jika saat ini Anda mencari komputer merek IBM di toko, maka akan sulit menemukannya. Sebelum Mei 2005 mungkin Anda masih bisa mendapatkan komputer pribadi dan laptop dengan merek IBM. Waktu itu, IBM mengeluarkan komputer personal dengan tipe yang bernama Thinkcenter dan untuk laptop dikenal dengan tipe Thinkpad.

Namun, sejak Mei 2005 kedua tipe produk ini dijual ke Lenovo, perusahaan komputer asal China. Sejak saat itulah IBM tidak berkonsentrasi lagi memproduksi komputer personal untuk kebutuhan retail.

Saat ini, komputer IBM lebih banyak dirancang untuk perusahaan-perusahaan besar. Hal ini dikarenakan pendapatan IBM dari jasa dan konsultasi lebih besar. Itulah yang memicu arah pengembangan perusahaan komputer sekelas IBM.

Melihat peluang berkembang yang lebih besar dalam memberikan layanan pada perusahaan, IBM saat ini lebih fokus pada penyediaan kebutuhan untuk perusahaan dan operasionalnya.

Produk IBM yang banyak digunakan pada perusahaan saat ini adalah komputer server, software, teknologi media penyimpanan, sistem keamanan dan lain sebagainya. Banyak seri komputer IBM yang berbentuk server, diantaranya adalah iSeries, pSeries dan xSeries. IBM juga menyediakan komputer server berbasis Unix dan Linux. Semuanya lebih diperuntukkan untuk operasional perusahaan besar.

Apa Itu Deep Blue?

Deep Blue adalah sebuah superkomputer yang dirancang oleh IBM khusus untuk tujuan bermain catur. Komputer ini jadi beken pada tahun 1997 dengan mengalahkan Garry Kasparov, salah satu pemain catur terbaik di dunia.

Meskipun Deepblue sudah pensiun setelah pertandingan ini, pertandingan meletakkan dasar bagi komputer catur akan semakin canggih dan program, dan pemain catur sekarang banyak memanfaatkan software catur sebagai pembelajaran dan alat praktik untuk menjaga permainan mereka tajam.

Inspirasi untuk Deep Blue datang dari Feng-Hsiung Hsu pada tahun 1985. Hsu mulai mengembangkan sebuah komputer yang ia sebut Chiptest, kemudian membawa ide untuk IBM ketika ia bergabung dengan perusahaan pada tahun 1989.

Pada awalnya komputer yang dihasilkan adalah kode-bernama Deep Thought, dan pelawak di IBM kemudian diusulkan "Deep Blue," merupakan perpaduan antara "Deep Thought" dan "Big Blue," julukan IBM.

Superkomputer ini secara khusus dirancang untuk tujuan bermain catur, dengan pengembang mengambil pendekatan berbasis hardware, daripada berfokus pada perangkat lunak seperti yang digunakan dalam program catur modern.

Seperti superkomputer lain, Deep Blue adalah sangat kuat untuk waktu, dengan 1,4 ton hardware untuk mendukung program catur ditulis dalam C dan mampu menghitung hingga 200 juta posisi potensial setiap detik. Deep Blue bisa melihat hingga 40 bergerak, atau plies seperti yang dikenal di dunia catur, depan.

Komputer menarik strateginya dari catatan ekstensif permainan catur yang dimainkan oleh Masters dan Grand. Menggunakan catatan permainan ini, Deep Blue dapat mempertimbangkan berbagai kemungkinan bergerak, gambits, dan strategi yang berpotensi akan memungkinkan untuk secara dinamis merespon langkah yang dilakukan oleh lawan.

Deep Blue juga meningkatkan permainan dengan memainkan beberapa pertandingan dengan Masters catur, dengan programmer belajar dari kesalahan komputer.

Pertandingan pertama Deep Blue melawan Kasparov terjadi pada tahun 1996, dan Kasparov memenangkan pertandingan. Pertandingan pada 1997 menampilkan Deep Blue yang secara substansial diperbarui, bagaimanapun, dan komputer terpadu adaptasi dari pengalaman di pertandingan sebelumnya melawan Kasparov.

Deep Blue memenangkan pertandingan, mengambil dua game langsung ke salah satu Kasparov dan mendapatkan titik lain dan setengah dari tiga kali imbang, untuk total tiga setengah dan untuk dua setengah.

Kasparov kemudian mengecam hasil dari 11 Mei 1997 melawan Deep Blue, dengan alasan bahwa komputer ditampilkan pada kedalaman seperti intelijen bahwa manusia harus melakukan intervensi selama pertandingan untuk membantu kemenangan Deep Blue. Dia menuntut pertandingan ulang, di mana IBM malah menolaknya, dan masalah menjadi topik dan kontroversi dalam komunitas catur dan masyarakat komputasi.

Beberapa kritikus catur berpengetahuan menunjukkan bahwa strategi Kasparov dalam pertandingan 1997 adalah sangat konservatif dan sangat beda dari karakter biasanya, menunjukkan bahwa ia mungkin malah menang jika ia bermain seperti biasa dengan agresif dan bergaya dinamis.

Apa Itu IBM Watson?

Lahir di markas salah satu perusahaan terbesar di dunia teknologi, IBM Watson adalah komputer yang dibangun untuk mengatasi masalah dan menjawab semua hal. Dan komputer itu sangat baik pada melakukan secepat kilat pencarian berdasarkan kata kunci, pengembang komputer telah lama frustrasi pada ketidakmampuan kecerdasan buatan untuk benar memahami konteks pengakuan dan hubungan kompleks yang terlibat dalam komunikasi dan bahasa manusia.

Watson dirancang khusus untuk mencoba dan mengalahkan masalah lama ini dengan cara yang unik: pengembang dapat menguji kemampuannya oleh karena itu memainkan game show populer Amerika, Jeopardy.

IBM memiliki sejarah panjang menyajikan pekerja dan pengembang dengan " Tantangan besar," atau tugas dimaksudkan untuk mendorong batas-batas teknologi. Sebuah komputer Tantangan besar sebelumnya, Deep Blue, mengejutkan dunia pada 1990-an dengan kemampuan untuk mengalahkan master catur besar pada permainan mereka sendiri.

Proyek yang mengakibatkan Watson sering disebut sebagai tindak lanjut Deep Blue, meskipun tantangan untuk menciptakan sebuah komputer yang bisa meniru asosiasi bahasa alam dianggap sebagai tugas yang jauh lebih sulit.

Pada tahun 2008, IBM memulai pembicaraan dengan eksekutif Jeopardy tentang persaingan antara komputer dan dua Jeopardy sebelumnya! juara, Ken Jennings dan Brad Rutter. Pada tahun 2011, komputer berhasil mengalahkan kedua juara dalam dua seri-pertandingan..

Salah satu isu utama adalah bahwa Watson tidak bisa mendengar atau memahami jawaban yang salah dari pemain lain, sehingga kadang-kadang memberikan jawaban yang salah yang sama langsung. Beberapa kritikus juga menunjukkan bahwa Watson memiliki keuntungan yang tidak adil, karena mampu menekan bel jawabannya lebih cepat daripada manusia dan bisa memproses semua jawaban.

Pasar Software IBM

Selain hardware, IBM juga menyediakan software. Beberapa software yang dikembangkan IBM adalah software untuk manajemen informasi, Lotus, Rational, Tivoli, Websphere dan lain sebagainya. Software yang dikembangkan oleh IBM ini difokuskan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Kalau sempat menggunakan komputer IBM, saya yakin Anda akan memutuskan untuk menggunakan komputer ini untuk berbagai kebutuhan lainnya. Selain tangguh, komputer IBM memiliki kemampuan yang sangat baik untuk kebutuhan perusahaan maupun pribadi.

Sayangnya komputer IBM saat ini hanya bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan saja dalam bentuk komputer server. Walau demikian, IBM telah menjadi pelopor perkembangan komputer modern di dunia.

Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Komputer IBM: Sang Pelopor Komputer Modern!"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel