-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Kode SMS Verifikasi BRI Mobile Tidak Terkirim?

BRImo (singkatan dari: BRI Mobile) adalah salah satu aplikasi mobile bankingyang dikhususkan untuk semua nasabah bank BRI yang mempunyai rekening tabungan dengan fasilitas ini, karena ada beberapa jenis produk tabungan yang tidak mendapatkan layanan ini.

Aplikasi BRImo ini bisa kamu download dan install secara gratis di Google Play Store untuk pengguna Android, atau di Apps Store bagi yang menggunakan smartphone Apple (iOS).

Untuk bisa mengoperasikan aplikasi ini, nasabah diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu di aplikasi BRImo yang nantinya bisa login dengan menggunakan UserID dan Password

Sedangkan untuk nasabah bank BRI yang sudah terdaftar di layanan Internet Banking BRI, tidak perlu melakukan pendaftaran ulang, kamu cukup login saja langsung dengan menggunakan userID dan password.

Penyebab Tidak Menerima SMS Kode OTP Verifikasi BRImo

penyebab tidak menerima sms verifikasi brimo

Bagaimana jika sudah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi BRImo, tetapi kenapa kode SMS verifikasi tidak terkirim alias belum juga diterima padahal sudah beberapa kali request kirim ulang? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Bagi nasabah yang mengalami kesulitan saat melakukan registrasi di aplikasi BRImo yang mana kode verifikasi yang dikirim melalui SMS tidak kunjung diterima, walaupun sudah beberapa kali meminta pengiriman ulang, mungkin saja itu disebabkan oleh beberapa masalah berikut ini. 

1. Pulsa tidak mencukupi

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah nomor telepon kamu harus memiliki sejumlah pulsa untuk bisa mendapatkan kode OTP verifikasi.

Sebab, SMS verifikasi yang berisi mobile token BRI ini akan memotong pulsa kamu. Jadi, silakan kamu isi pulsa terlebih dahulu minimal Rp5.000.

2. Slot kartu SIM

Buat kamu yang menggunakan smartphone dengan dual SIM (2 slot kartu), silakan kamu pindahkan nomor telepon yang akan kamu daftarkan di aplikasi BRImo ke slot SIM 1, ya!

3. Nomor telepon tidak/belum terdaftar

Pastikan juga kalau nomor telepon yang kamu gunakan untuk menerima kode OTP SMS verifikasi ini sudah terdaftar pada rekening tabungan BRI milikmu.

Jika ternyata nomor telepon yang digunakan belum terdaftar, kamu bisa melakukan perubahan data nomor telepon terlebih dahulu dengan cara datang secara langsung ke kantor cabang unit BRI terdekat.

4. Izin akses aplikasi

Poin ini harus benar-benar kamu perhatikan, saat proses pemasangan aplikasi BRImo, pastikan kamu memberi izin akses kepada aplikasi untuk bisa mengakses data telepon, lokasi, mengirim dan menerima SMS.

Jika kamu tidak mengizinkannya, sudah dipastikan aplikasi BRImo tidak akan mempunyai autentikasi dalam melacak lokasi kamu, mengirim dan juga menerima SMS.

5. Gangguan pada jaringan

Terakhir, penyebab mengapa kode SMS verifikasi aktivasi BRImo tidak terkirim adalah adanya gangguan jaringan pada operator seluler yang kamu gunakan.

Atau jika tidak, mungkin jaringan atau server BRImo sedang mendapatkan masalah/gangguan. So, silakan tunggu beberapa saat dan silakan kamu coba kembali.

Demikianlah beberapa faktor yang bisa menyebabkan kamu tidak menerima SMS verifikasi (kode OTP) ketika kamu melakukan registrasi atau aktivasi pada aplikasi BRImo.

Jika kamu mendapatkan kesulitan saat melakukan pendaftaran mobile banking di aplikasi BRImo, kamu bisa meminta bantuan customer service di kantor cabang unit atau kantor cabang pembantu bank BRI terdekat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.