-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Komponen CPU Sebelum Membelinya!

Perangkat keras bernama CPU (Central Processing Unit) atau prosesor sebagai otak dan pengendali komputer bersama komponen lainnya memiliki wilayah penting tersendiri yang perlu Anda kenali fungsi dan jenisnya.

Perkembangan dunia teknologi menjadikan CPU suatu perangkat fisik penting pertama yang harus Anda perhatikan sebelum merangkai komputer.

Tiga bagian terpenting prosesor adalah Aritmatics Logical Unit (ALU) yang memproses data dengan memanipulasi dan mengevaluasi hasilnya; Control Unit yang mengendalikan kerja unit; Memory Unit atau Cache Memory yang menyimpan data keseluruhan.

Jenis CPU

ALU adalah bagian dari CPU yang berfungsi melakukan penghitungan aritmatika dan logika. Penghitungan aritmatika misalnya penjumlahan dan pengurangan. Sementara logika seperti AND dan OR.

ALU dalam prosesor dibedakan ke dalam 4 jenis berdasarkan banyaknya bit (satuan terkecil dalam penyimpanan memori komputer) yang dikerjakan, yaitu :

  1. Bit Slices Processor atau CPU Custom; CPU yang dirancang dengan menambahkan jumlah irisan (slices) bit untuk aplikasi-aplikasi tertentu.
  2. General Purpose CPU; CPU serbaguna dengan kemampuan yang sama seperti komputer mini terdahulu. Contoh komputer mini adalah IBM.
  3. I/O Processor; CPU khusus yang menangani kinerja tinggi input atau output pada komputer mainframe.
  4. Embedded Processor; perangkat yang lebih cepat dan smart untuk melakukan satu atau beberapa fungsi khusus komputer. Contoh: Processor Intel 8051.

Prosesor Masa Kini

Ada dua produsen CPU terbesar yang bersaing sengit dalam perkembangan teknologi. Mereka adalah AMD dan Intel.

Advance Micro Device (AMD) awalnya dikenal masyarakat sebagai prosesor yang menjiplak teknologi Intel. Namun, akhirnya AMD–setelah sempat bersengketa dengan Intel di pengadilan–mengembangkan teknologinya sendiri sehingga bisa mengimbangi sang Master, Intel.

Persaingan mereka ada pada performance rating atau tingkat kinerja CPU. Misalnya saja AMD merilis prosesor yang hanya berkecepatan 1,8 Giga Hertz yang mereka beri nama Athlon64 3000+.

Dari nama itu akan terlihat arti yang ambigu seperti 3000+ untuk kecepatan 3 Giga Hertz. Memang kecepatan yang hanya 1,8 Giga Hertz itu membuat lebih hemat daya dan prosesor tidak menjadi cepat panas.

Para pengguna komputer akhirnya lebih mengutamakan seberapa banyak output kinerja prosesor daripada speed rating (tingkat kecepatan) yang selama ini banyak ditonjolkan oleh produk-produk intel.

Intel juga tak mau kalah dalam persaingan ini. Perusahaan ini meluncurkan Intel Dual Core, yaitu prosesor berinti dua. Bila sebuah prosesor hanya memiliki satu core atau otak, maka beberapa tugas yang diinstruksikan pada CPU akan dilakukan secara bergantian.

Pada dual core si pengguna bisa melakukan tugas utama seperti misalnya mengetik bersamaan dengan mendengarkan musik, converting file, atau main game 3D.

Pertimbangan Ketika Membeli CPU

komponen cpu

Sudah sangat wajar sekali ketika seseorang ingin membeli barang maka diperlukan kehati-hatian saat membelinya. Hal tersebut agar barang yang didapatkan sesuai dengan harga yang diberikan. Tidak jarang orang tertipu dengan barang yang terlihat bagus tetapi ternyata busuk.

Agar tidak tertipu atau uang yang digunakan untuk belanja perlengkapan ini menjadi lebih efisien dan maksimal maka ada perlunya diketahui beberapa hal sebelum membeli barang tersebut. Sama juga ketika ingin membeli sebuah komputer yang ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Membeli komputer tidak seperti membeli sebuah handphone yang lebih mudah dibandingkan dengan membeli komputer. Membeli komputer lebih memiliki tingkat komplesitas yang cukup tinggi dibandingkan dengan handphone.

Jika kita membeli handphone maka sudah sanat mudah karena semua bagian dari handphone sudah dijadikan satu dalam handphone atau telephone gengam itu sendiri. Hal ini berbeda dengan komputer yang ternyata ketika ingin membelinya ada beberapa bagian yang harus dipahami.

Komputer secara utuh ketika dioperasikan akan terdiri dari sebuah cpu, monitor, keyboard, mouse, dan beberapa perangkat tambahan.

Perangkat tambahan ini juga ternyata wajib bagi sebagian orang untuk memberikan nilai tambah dan kenyaman. Perangkat tambahan tersebut adalah sound speaker, printer, webcam, dan scanner.

Di sinilah kerumitan itu mulai terjadi ketika seseorang harus membeli komputer. Mereka dibingunkan oleh beberapa perangkat tambahan seperti untuk urusan sound speaker saja ternyata tidak mudah untuk memilihnya.

Jika hanya sekedar saja maka dapat membelinya dengan harga yang murah tetapi jika ingin kemampuan suara yang lebih enak maka diperlukan uang berlebih untuk merogoh uang lebih dalam.

Belum lagi perlengkapan tambahan yang lainnya. Sebenarnya bagian yang terpenting dalam komputer adalah ada pada cpu-nya. Jangan tertipu dengan casing atau bungkus dari cpu yang terpenting adalah bagian dalamnya.

Untuk itu sebagai pertimbangan diperlukan beberapa hal berikut ketika anda hendak membeli sebuah komputer dari cpunya.

1. Power Supply

Bagian ini merupakan bagian yang memberikan daya dari listrik rumah ke komputer. Tanpa adanya power suply maka komputer tidak akan dapat dinyalakan. Jadi pastikan bahwa tegangan yang diberikan oleh power supply sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh komputer.

Akan sangat percuma jika hal tersebut tidak berjalan dengan semestinya. Untuk mengatasinya anda cukup bertanya kepada penjualnya saja jika ternyata anda sendiri tidak mengerti. Apakah power supply yang diberikan cukup atau tidak untuk kinerja komputer yang diperlukan oleh komputer.

Semakin baik power supply yang anda gunakan pada komputer anda maka keawetan dari komputer dan kinerjanya juga dapat terjaga.

Power supply juga mampu mempengaruhi kinerja dari komputer itu sendiri. Namun jarang sekali orang yang memperhatikan hal kecil ini.

Sebagian orang hanya melihat pada prosesor saja yang merupakan bagian terpenting dari komputer yang nantinya akan mempengaruhi kinerja dari komputer itu sendiri.

2. Bagian Motherboard

Untuk bagian motherboard merupakan  papan pcb yang besar yang ada dalam cpu. Semua komponen yang ada di dalam komputer semuanya menancap pada mainboard.

Berarti mainboard memberikan fungsi yang sangat penting bagi semuanya yakni sebagai media penguhubung antara komponen satu dengan yang lainnya.

Ketika membeli cpu yang harus diperhatikan dari mainboard adalah komponen yang ada di dalamnya. Perhatikan apakah ada tambahan-tambahan yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan mainboard yang ada pada komputer lainnya.

Misalnya saja adalah pad bagian mainboard tersebut tersedia port atau colokan yang bisa digunakan sebagai usb lebih banyak dibandingkan dengan mainboard yang lainnya, selain yang sudah disediakan di bagian belakang.

Perhatikan pula port yang bisa digunakan untuk colokan hardiks dan dvd room. Semakin banyak yang tersedia juga akan semakin bagus.

Jika banyak colokan yang disediakan maka pastikan bahwa power supply yang tersedia juga bagus. Hal tersebut disebabkan karena semuanya membutuhkan daya yang lebih untuk dapat bekerja dengan maksimal.

Perhatikan pula bagian slot untuk memory. Tersedia lebih dari satu slot atau hanya ada satu slot. Semua itu diperlukan ketika anda ingin mengugrade komputer anda lebih tinggi pada suatu hari nanti.

3. Prossesor

Tentu yang satu ini tidak kalah penting bahkan dibilang bagian yang paling penting. Sebab setiap penjual pasti akan menunjukkan seberapa cepat prosecornya kepada pembeli ketika menawarkan barang dagangan berupa komputer ini.

Semakin tinggi atau cepat procesor maka akan semakin baik bagi kinerja komputer anda. Tentunya kecepatan dari procesor tersebut berbanding lurus dengan dengan harganya. Semakin cepat prosecor maka harganya juga semaki mahal.

4. Harddisk

Hardisk juga merupakan bagian yang tidak kalah menariknya untuk diperhatikan ketika anda membeli sebuah cpu. Hardisk yang kapasitas daya tampungnya kecil akan sangat membuat anda kerepotan ketika nantinya ingin menyimpan file. Semakin besar daya tampung dari hardisk maka akan semakin baik.

Daya tampung dari hardisk digunakan sebagai tempat untuk menyimpan file yang anda inginkan di dalam komputer.

Data atau file yang biasa disimpan di dalam komputer adalah file kerja, gambar, video, dan music. Untuk jenis video dan music akan sangat memakan banyak sekali ruang yang disediakan oleh hardiks.

Jika anda merupakan penggemar film atau music maka pastikan bahwa hardiks yang ada di dalam cpu yang akan anda beli cukup besar untuk menampung semua file yang anda inginkan tersebut.

5. RAM (Random Access Memory)

Biasanya untuk perangkat yang satu ini sering disalahkaprahkan dengan fungsi dari hardisk. Padahal sangat berbeda sekali kegunaannya. Pastikan bahwa memory yang anda pakai dalam cpu adalah sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan memperhatikan kelima bagian tersebut maka anda bisa menentukan kebutuhan anda.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.