-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Simpel Menghemat Baterai HP Android

Sistem operasi Android yang diluncurkan oleh Google ini semakin banyak peminatnya. Penggunaan sistem operasi android ini sangat mudah dan tentunya user friendly. Tak hanya itu, android saat ini juga sudah digunakan sebagai platform vendor-vendor produsen Gadget/Smartphone yang sudah ternama di dunia seperti: Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Realme, Advan, HTC, LG, Sony dan lainnya. 

Android memudahkan kita mengunduh aplikasi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari baik yang berbayar maupun gratis. Tentunya android adalah sistem operasi yang bersifat Open Source jadi kita bisa mengembangkan atau mengoprek sistem operasi ini.

Namun, pada kesempatan kali ini admin Ilyasweb tidak akan menjelaskan tentang fungsi-fungsi dan kegunaan android, melainkan akan membagikan cara untuk menghemat baterai android.

Cara Menghemat Baterai HP Android

cara menghemat baterai hp android

Tidak hanya ponsel pintar android saja yang boros baterai, tetapi juga hampir semua smartphone baterainya agak cepat habis. Ingatlah cara ini tidak akan bekerja jika kondisi baterai sudah tidak baik alias baterai ponsel kamu sudah mengalami kerusakan.

1. Matikan GPS, Bluetooth & Data Seluler

Sebaiknya kamu matikan GPS, Bluetooth dan data seluler atau paket data jika memang tidak sedang digunakan. Jika kamu ingin selalu dalam keadaan online sebaiknya jangan menggunakan jaringan 3G/4G.

Mengapa? Karena dalam mode jaringan 3G/4G akan memakan banyak daya baterai smartphone android kita, lho! Jadi, untuk mengakalinya kamu bisa menggunakan jaringan 2G.

2. Jangan Install Antivirus

Jangan menginstal aplikasi anti-virus pada HP Android. Menggunakan aplikasi antivirus hanya akan membuat baterai boros dan cepat habis karena antivirus ini akan selalu aktif. Android tidak memerlukan antivirus, jika saja kamu selalu mengunduh aplikasi melalui Google Play Store.

Meskipun kamu mengunduh aplikasi diluar Google Play Store, bakalan jarang nemu yang namanya virus di android. Kalau saja ponsel pintar android kamu terkena virus cara mengatasinya sangat mudah yaitu dengan melakukan reset factory saja.

3. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Layar yang memiliki tingkat kecerahan tinggi tentunya akan memakan daya baterai yang cukup banyak karena menghasilkan layar yang sangat terang. Untuk itu, jika kamu sedang berada di dalam ruangan, kamu bisa meredupkan kecerahan layar se-minimal mungkin.

4. Biasakan Menekan Tombol Back

Kebanyakan user android mempunyai kebiasaan menekan tombol home untuk mempercepat kembali ke menu awal, padahal saat kita sedang membuka aplikasi lalu menekan tombol home, aplikasi tersebut masih dalam keadaan terbuka. Jadi, mulai sekarang coba deh biasakan untuk selalu menekan tombol back untuk keluar dari aplikasi.

5. Install Aplikasi Task Killer

Aplikasi-aplikasi task killer seperti RAM Booster, Battery Saver, Clean Master ini tersedia gratis di Google Play Store. Jadi, saya sarankan kamu menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk menghemat baterai.

Pasalnya, aplikasi tersebut berfungsi untuk mematikan aplikasi yang berjalan di belakang layar yang sedang tidak kamu gunakan.

Kamu punya cara andalan untuk menghemat baterai selama ini? Coba deh kamu share di kolom komentar!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.