-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Zoom di HP Android

Di masa pandemic covid-19 sekarang ini memaksa semua orang untuk bekerja dan beraktivitas di rumah alias stay at home. Kalaupun memang akan keluar rumah, kita semua diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan, diantaranya seperti selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan memakai hand sanitizer.

Kondisi pandemi ini tentunya juga memperburuk kondisi perekonomian bagi hampir semua kalangan masyarakat di dunia. Yups, sudah banyak sekali karyawan yang diberhentikan dari pekerjaannya dan tidak sedikit juga para pelaku usaha yang harus tutup secara terpaksa.

Bukan hanya ekonomi saja yang terkena dampaknya, pandemi virus corona ini juga sangat berdampak pada dunia pendidikan. Sebagian sekolah dan universitas perguruan tinggi melangsungkan acara kegiatan belajar mengajar secara daring.

Jika bicara soal sekolah daring, para guru/tutor dan murid biasanya menggunakan beberapa aplikasi sebagai alat belajar mengajarnya, salah satunya ialah aplikasi Zoom.

Zoom sendiri adalah aplikasi multiplatform yang mana dapat diakses menggunakan smartphone android, iOS, maupun perangkat desktop (PC/Laptop).

Beberapa instansi pemerintahan dan perusahaan juga menggunakan aplikasi Zoom untuk melakukan pertemuan, rapat koordinasi, rapat evaluasi, meeting, dan acara pelatihan.

Jika bicara mengenai aplikasi Zoom, adakalanya kita memerlukan untuk merekam video di aplikasi Zoom tersebut untuk keperluan nantinya, misalnya untuk mengingat hasil pertemuan.

Sayang sekali.....

Masih banyak sekali pengguna yang belum mengetahui bagaimana cara merekam Zoom di HP Android atau iOS? Padahal, untuk merekam video meeting di Zoom itu tidak memerlukan aplikasi tambaha, lho!

Cara Merekam Zoom di HP Android Tanpa Aplikasi

cara merekam zoom di hp android

Seperti paparan saya sebelumnya di atas, Zoom adalah aplikasi meeting multiplatform yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi ini melalui platform apa saja.

Zoom sendiri biasanya dipakai untuk kegiatan rapat/meeting, kelas online, seminar/webinar, atau pelatihan yang berbasis online.

Jadi, dengan aplikasi ini seolah semua peserta itu menghadiri acara secara bertatap muka, hanya saja melalui layar perangkat baik itu laptop ataupun smartphone.

Ketika kelas online atau meeting sedang berlangsung, pasti sebagian dari kamu ingin sekali merekam acara tersebut. Bisa kok, sebab di aplikasi Zoom sudah tersedia fitur record yang bisa kamu gunakan untuk merekam kegiatan tersebut.

Hanya saja, merekam sesi rapat/meeting atau kelas online itu hany dapat dilakukan oleh perangkat yang mana bertindak sebagai Host.

Sebenarnya semua peserta di Zoom juga dapat melakukan perekaman acara selama sesi kelas online atau meeting berlangsung, lho! Tapi, peserta harus meminta izin terlebih dahulu kepada Host, barulah nanti dia akan memberikan izin akses kepada kamu untuk melakukan recording.

Jadi, dengan cara ini kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk merekam di Zoom. Kualitas video yang dihasilkan juga tidak berbeda dengan hasil screen recorder, lho!

Catatan Penting: Selain kamu harus bertindak sebagai host dan/atau harus meminta izin akses terlebih dahulu (peserta), sebenarnya ada syarat lain untuk bisa melakukan perekaman di aplikasi Zoom yaitu akun Zoom yang kamu miliki harus berstatus ProBusiness, atau Enterprise.

Buat kamu yang masih menggunakan akun Zoom versi trial atau gratis, kamu harus meng-upgrade terlebih dahulu ke versi berbayar.

Jika kamu bingung dengan cara upgrade akunnya, kamu bisa menggunakan jasa pembayaran Zoom. Dengan upgarde ke akun Zoom premium, maka kamu bisa menikmati semua fitur dan layanan terbaik di aplikasi tersebut. Harganya murah kok!

Berikut ini langkah-langkah untuk merekam video zoom meeting di HP Android, silakan kamu simak baik-baik di bawah ini:

  1. Silakan kamu gabung terlebih dahulu ke sesi meeting atau kelas online Zoom yang akan kamu rekam secara penuh.
  2. Jika kamu bertindak sebagai Host: kamu bisa langsung melakukan perekaman. Namun, jika status kamu sebagai Peserta: maka silakan untuk meminta izin kepada Host supaya diberikan akses untuk melakukan perekaman.
  3. Selanjutnya, di halaman Zoom itu, kamu ketuk tombol More yang ada di bagian pojok kanan bawah layar.
  4. Kemudian akan tampil notifikasi (pop up) di bawah layar, silakan kamu klik saja pada tombol Record.
  5. Jika proses perekaman sedang berlangsung, kamu akan melihat tanda bertuliskan Recording, ya!
  6. Untuk melakukan jeda kamu bisa klik tombol Pause rekaman, dan jika ingin mengakhiri sesi perekaman kamu klik saja tombol Stop rekaman.
  7. Hasil perekaman bisa kamu lihat di Galeri, tepatnya pada folder My Recording.
  8. Selesai.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan? Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial milikmu jika dirasa bermanfaat, ya!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.