Cara Menjauhi Efek Buruk Penggunaan Komputer

Setiap aktifitas atau pekerjaan yang kita lakukan mempunyai efek buruk jika tidak dilakukan secara benar, termasuk dalam menggunakan komputer.

Penggunaan komputer yang salah bisa mengakibatkan beberapa keluhan kesehatan. Adapun keluhan kesehatan itu antara lain: mata lelah, sakit kepala, nyeri leher, dan sakit punggung. Jika masalah tersebut tidak segera diatasi, hal ini bisa semakin parah hingga mengakibatkan.

10 Tips Agar Terhindar Dari Efek Buruk Penggunaan Komputer

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghindari efek buruk penggunaan komputer, di antaranya:

1. Pilihlah jenis monitor yang tepat

Jenis monitor tabung mempunyai radiasi lebih besar daripada monitor LCD (Liquid Crystal Display). Oleh karena itu, jika Anda sekarang masih menggunakan monitor tabung, sebaiknya perlu dipertimbangkan kembali.

2. Pastikan ruangan kerja Anda mempunyai pencahayaan yang cukup

Ruangan yang terlalu gelap akan mengakibatkan mata cepat lelah, karena mata kita cenderung fokus pada satu sinar yang dihasilkan dari monitor saja.

3. Atur pencahayaan monitor senyaman mungkin melalui setting yang disediakan

Pencahayaan tidak boleh terlalu terang maupun redup. Cahaya yang terlalu terang menyebabkan mata silau, sementara cahaya yang terlalu redup menyebabkan mata bekerja ekstra, sehingga mata akan cepat lelah. Solusi lainnya Anda bisa menggunakan filter khusus yang bisa menyerap cahaya berlebihan dari layar monitor.

4. Letakkan monitor pada posisi yang tepat

Artinya, posisi monitor tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah. Posisi monitor yang dianjurkan berada lebih rendah dari ketinggian mata, atau bagian tengah monitor berada antara 10-23 cm di bawah mata. Dengan begitu, akan didapatkan kenyamanan pada bahu dan leher.

5. Jaga jarak pandang

Jagalah jarak pandangan mata Anda dengan layar monitor. Jarak yang dianjurkan berkisar antara 50-70 cm.

6. Gunakan fitur zoom

Jangan segan-segan melakukan zoom(pembesaran layar) bila objek yang Anda kerjakan terlalu kecil. Ini dimaksudkan agar mata Anda tidak terlalu kesulitan untuk melihatnya.

7. Biarkan mata Anda beristirahat sejenak

Mata yang terus-menerus terkena cahaya akan menyebabkan mata kering. Untuk itu, Anda disarankan sesering mungkin mengedipkan mata. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengarahkan pandangan ke arah yang jauh setiap beberapa menit. Tanaman hijau dan langit biru bisa jadi alternatif pandangan Anda agar mata rileks.

8. Jangan gunakan layar monitor yang rusak

Hindari menggunakan layar monitor yang mengalami gangguan, misalnya berkedip-kedip atau bergaris.

9. Posisi tubuh harus benar

Letakkan tangan sejajar dengan lengan bawah. Posisikan bahu Anda dengan santai, usahakan kaki bertumpu pada lantai, dan sandarkan dengan tegak punggung Anda pada kursi.

10. Lakukan peregangan otot

Lakukan stretching, agar otot-otot pada leher, lengan, tangan, punggung, dan pinggang tidak menegang yang bisa barakibat nyeri atau pegal-pegal.

Demikian 10 tips menggunakan komputer yang bisa Anda lakukan selama bekerja. Jika sudah Anda terapkan dengan benar, semoga keluhan-keluhan yang biasa Anda alami tak datang lagi. Selamat bekerja!

Penggunaan Komputer yang Aman Bagi Anak

cara menjauhi efek buruk penggunaan komputer

Komputer pribadi dan Internet adalah mungkin kreasi abad 20 dari berbagai jaman yang paling penting. Selain sebagai alat yang luar biasa untuk segala komunikasi, telah menyusutkan dunia tidak seperti sebelumnya, menghubungkan orang di seluruh dunia, juga menawarkan pengguna akses ke sejumlah sumber luar biasa yang memuat ribuan informasi.

Dan karena itu menjadi alat bantu baik dalam bidang akademik maupun dunia bisnis. Namun, seperti teknologi lainnya yang dapat disalahgunakan, internet juga bisa menjadi tempat yang busuk dan berbahaya, terutama bagi kelompok yang paling rentan - remaja dan anak-anak.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orangtua untuk menyadari dan mencoba mengajar anak-anak Tips Internet demi keselamatan dan keamaan mereka sendiri sehingga mereka mampu memanfaatkan teknologi ini dengan aman lancar. Diberikan di bawah ini adalah beberapa tips keamanan internet untuk anak-anak:

Adalah penting untuk tidak membiarkan anak-anak untuk memiliki komputer di kamar tidur mereka. Sebaliknya, yang terbaik adalah untuk menjaga mereka di daerah rumah yang terbuka dan terlihat, untuk menghindarkan akses yang terlalu privat.

Jelaskan kepada anak-anak pentingnya untuk tidak membocorkan informasi pribadi di internet seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat rumah, alamat email, lokasi dan nama sekolah mereka, pekerjaan orang tua telepon 'nomor / alamat, nomor jaminan sosial, dan sebagainya , tanpa izin sebelumnya dari Anda.

Anak-anak harus diberitahu bahwa jika sesuatu secara online membuat mereka tidak nyaman, takut, atau cemas, bahwa mereka perlu untuk memberitahu Anda sekaligus.

Jelaskan kepada mereka pentingnya menggunakan gender netral, username palsu yang mencolok secara online, terutama ketika chatting online atau menggunakan situs jejaring sosial.

Jika anak-anak Anda memilih untuk mengirim foto di situs jejaring, yang terbaik adalah mengindarinya sebelum meletakkan hal macam itu.

Katakan kepada mereka mengapa mereka tidak harus berbagi password dengan siapa pun, termasuk teman-teman mereka.

Tekankan juga tentang pentingnya tidak pernah setuju untuk bersama-sama dengan siapa pun yang mereka mungkin telah "bertemu" secara online, tanpa memeriksa dengan Anda terlebih dahulu. Dan jika Anda setuju untuk mengadakan pertemuan, bahwa itu harus dilakukan di tempat umum, dengan Anda atau pasangan Anda bersama sama.

Katakan kepada mereka pentingnya pernah mengirim siapa pun foto mereka atau apa pun tanpa sepengetahuan Anda.

Bicaralah dengan anak Anda tentang pengaturan aturan tentang penggunaan internet. Membahas dan memutuskan dengan mereka penting seperti waktu hari ketika mereka diizinkan untuk online, berapa lama mereka bisa tetap online, dan yang merupakan situs yang tepat mereka dapat mengunjunginya tanpa perlu khwatir mengenai konten.

Beritahu anak Anda tentang pentingnya untuk tidak menanggapi pesan apapun yang membuat mereka merasa tidak nyaman, atau rata-rata. Jelaskan bahwa itu bukan kesalahan mereka untuk mendapatkan pesan gangguan bullying seperti itu, dan bahwa jika mereka melakukannya, mereka harus memberitahu Anda segera sehingga penyedia layanan psikis, atau para guru dapat dihubungi.

Katakan kepada mereka bahwa mereka perlu memeriksa dengan Anda sebelum menginstal atau men-download perangkat lunak, atau melakukan apa pun yang memiliki kesempatan membahayakan komputer atau privasi keluarga.

Berbicara dengan mereka tentang foto spam dan jangan sampai mau menerima, email, video, lampiran, atau file dari orang asing secara online.

Mereka juga harus diberitahu bahwa mereka perlu mengambil izin Anda sebelum mengambil bagian dalam survei atau kuesioner dari sesuatu yang sekiranya tidak umum, atau mencurigakan, namun pendeknya harus seizin orang tua.

Sebagai orang tua, salah satu hal yang paling penting yang perlu Anda lakukan adalah menjaga saluran komunikasi yang terbuka dengan anak-anak Anda. Anak-anak Anda harus merasa nyaman berbicara dengan Anda tentang apa pun yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Juga mendapatkan teknologi dan cerdas internet. Mendaftar ke situs jejaring sosial seperti MySpace untuk mendapatkan nuansa situs yang dikunjungi anak-anak Anda.

Pesan di atas jangan sampai di remehkan. Penggunaan komputer oleh anak anak rentan akan gangguan psikis pada kehidupan pribadi mereka sendiri. Jika Anda khawatir akan masa depan mereka, cobalah berkomunikasi dengan anak, bahwa hal paling mahal dari internet yang serba gratis itu adalah hidup kita.

Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjauhi Efek Buruk Penggunaan Komputer"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel