-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Adware di Android

Buat kamu yang punya smartphone android, pernah nggak secara tiba-tiba muncul banyak iklan ketika sedang menggunakan android? Pastinya sering sekali bukan, hal ini terjadi karena memang sistem operasi android itu sangat rentan sekali terkena infeksi adware alias virus iklan.

Virus iklan atau yang lebih dikenal dengan adware adalah iklan yang muncul tiba-tiba saat kamu menggunakan ponsel pintar android. Yang lebih parahnya, iklan pop-up dari adware ini akan berujung dengan menginstall aplikasi tertentu tanpa seizin kita sebagai pemiliknya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan cara menghapus adware di android di bawah ini sebagai solusi untuk menghapus virus iklan dari smartphone android milikmu.

Cara Menghapus Virus Iklan di Android

cara menghilangkan adware di android

Buat kamu yangpernah mengalami masalah seperti di atas, dalam kesempatan ini admin ilyasweb akan mencoba memabahas beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghapus adware (virus iklan) di android tanpa root, lho!

Tutorial yang akan saya bahas ini tentunya sangat mudah sekali untuk kamu coba. Baiklah, untuk lebih detailnya silakan kamu simak ulasannya berikut ini:

1. Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Jika kamu ingat kalau ternyata iklan yang muncul tiba-tiba tersebut terjadi setelah kamu menginstall aplikasi, maka bisa dipastikan kalau aplikasi itulah yang menjadi penyebab banyaknya iklan yang bertebaran di hp android kamu.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya sangat simpel sekali, kamu cukup menghapus alias meng-uninstall aplikasi tersebut secara permanen dari ponsel pintar android kamu.

Untuk menghapusnya, kamu bisa membukan menu Setelan > Aplikasi > Semua Aplikasi, kemudian kamu cari aplikasi yang mencurigakan (penyebab banyak iklan) tersebut. 

Akan tetapi, jika kamu merasa kurang yakin aplikasi mana saja yang ada virus iklannya, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang terakhir kamu install yang dirasa mencurigakan.

2. Hapus Data

Pertama kamu bisa mengakses halaman administasi adroid dengan cara membuka menu Pengaturan > Sandi & Keamanan > Administrasi Perangkat, dan lihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan pada akses administrator? Jika ada, langsung saja hapus!

Oiya, sebelum menghapusnya dari device administrator (administrasi perangkat) alangkah baiknya kamu lakukan clear data (hapus semua data) dan cache terlebih dahulu di menu Aplikasi.

3. Install Aplikasi Anti-Virus

Ada beberapa aplikasi anti virus dan malware yang bisa kamu install secara gratis di Google Play Store, di bawah ini ada salah satu aplikasi yang direkomendasikan buat kamu (*terbukti work) untuk menghapus adware:

  • Silakan download dan pasang aplikasi: Malwarebytes di Google Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut dan lakukan scan keseluruhan smartphone android milikmu.
  • Jika berhasil ditemukan virus, langsung saja klik tombol karantina atau bisa juga dengan menekan tombol hapus virus.
  • Selesai.

4. Masuk ke Safe Mode Android

Jika dengan ketiga cara di atas virus iklan (adware) masih ada, berarti adware yang menginfeksi hp android kamu menyamar sebagai aplikasi bawaan sistem. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus masuk terlebih dahulu ke mode aman alias safe mode.

  • Silakan kamu masuk terlebih dahulu ke Safe Mode dengan menekan tombol Power + Volume secara bersamaan. Karena setiap smartphone android memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke mode aman, jadi kamu bisa menyesuaikannya.
  • Jika sudah berhasil masuk ke Safe Mode, maka kamu akan melihat semua aplikasi yang terinstall akan menghilang (tidak ada/disembunyikan) kecuali aplikasi sistem alias aplikasi bawaan android.
  • Adware yang tidak sengaja kamu install biasanya menyamar menjadi aplikasi sistem dan di Safe Mode ini kamu bisa melihatnya. Silakan cari di menu aplikasi dan jika sudah ketemu silakan Unintall saja.
  • Selanjutnya, restart kembali smartphone android kamu untuk kembali ke mode normal.

5. Factory Reset

Cara terakhir ini merupakan yang paling ampuh dan terbukti berhasil untuk menghilangkan iklan yang mengganggu di hp android, baik itu yang disebabkan oleh virus adware, malware atau virus yang lainnya.

Dengan kamu melakukan factory reset alias mengembalikan smartphone android ke setelan pabrik, maka semua aplikasi tambahan yang sudah kamu install berikut data-data didalamnya akan terhapus dan 100% hilang dari ponsel kamu.

Intinya, hp android kamu akan kembali seperti pertama kali kamu membelinya yang mana hanya tersedia aplikasi-aplikasi bawaan sistem saja.

Factory reset ini juga dapat kamu lakukan dengan 2 (dua) cara yakni dengan metode soft reset dan juga yang paling ekstrim yaitu hard reset.

#1 Soft Reset

Hal pertama yang haruskamu lakukan adalah dengan cara mencadangkan (backup) semua data yang kamu anggap penting seperti kontak, foto, video, dan file-file lainnya. Kamu bisa memindahkannya terlebih dahulu ke kartu memori (micro-SD) atau ke harddisk laptop untuk sementara waktu.

  • Jika semua data penting sudah kamu backup, silakan buka menu Settings > Backup & Reset > Factory Reset.
  • Kemudian untuk memulai proses factory reset, kamu bisa langsung pilih opsi Reset Phone.
  • Selanjutnya, smarphone android kamu akan restart dengan sendirinya, dan kamu tunggu saja proses penghapusan data sampai selesai.
  • Setelah hp kamu menyala, maka ponsel android kamu akan kembali ke setelan awal seperti pada saat kamu menghidupkannya pertama kali pas waktu membelinya.
  • Selesai.

#2 Hard Reset

Sama seperti soft reset, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membackup semua data yang dianggap penting, bisa memindahkannya dahulu ke micro-SD, smartphone lain, ataupun ke laptop/komputer kamu.

  • Kemudian kamu matikan terlebih dahulu sinkronisasi otomatis pada akun Google, caranya kamu cukup buka menu Setelan > Akun > Google > klik pada email Google kamu > Nonaktifkan sinkronisasi.
  • Jika sudah, langsung saja matikan hp android kamu dengan menekan tombol power beberapa detik.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Power + Volume Up (Atas) secara bersamaan selama beberapa saat sampai hp kamu menyala.
  • Kemudian pilih bahasa yang akan digunakan (pilih saja English), kemudian tekan tombol power satu kali untuk melanjutkan.
  • Berikutnya akan muncul menu Recovery, lalu kamu pilih saja opsi Wipe Cache / Factory Reset. Oiya, untuk mengarahkan atau memilih opsi kamu bisa menggunakan tombol volume atas atau volume bawah, dan untuk melanjutkan/konfirmasi pilihan kamu bisa tekan tombol power.
  • Lanjut, pilih Yes > Delete all user data.
  • Setelah itu tunggu beberapa menit, sampai proses penghapusan data selesai.
  • Jika sudah, silakan kamu reboot hp android kamu. Jangan panik jika reboot smartphone saat hard reset ini lama, karena memang sistem android sedang melakukan pemulihan data, ya!
  • Setelah proses reboot selesai, maka smartphone android kamu akan hidup kembali tanpa iklan yang mengganggu.
  • Selesai.

Kesimpulan

Memang tidak dipungkiri, dengan bermunculannya iklan pop-up yang menempel di layar hp android ini terasa sangat mengganggu sekali, apalagi pas lagi seru-serunya menonton atau memainkan sesuatu.

Nah, dengan menghilangkan iklan (virus adware) ini, kamu bisa bebas bermain game dan scroll-scroll smartphone android kamu tanpa harus pusing lagi dengan iklan yang muncul tiba-tiba seperti kenangan bersama mantan, Oops..

Demikianlah cara menghilangkan adware di android tanpa root yang bisa admin bagikan dalam kesempatan ini, semoga bermanfaat.

Oiya, jika dirasa kamu belum mengerti dengan pembahasan saya di atas, kamu bisa mengajukan pertanyaan melalui komentar yang sudah disediakan di bawah, ya!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.