Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Pengiriman Western Union

Western Union adalah salah satu dari ribuan jasa layanan transfer uang yang paling aman dan sering digunakan oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia. Perusahan ini berpusat di tengah kota Greenwood Village, Colorado, Amerika Serikat (USA).

Perusahaan yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai layanan alternatif untuk menerima maupun mengirim (transfer) uang dari berbagai negara di dunia.

Di Indonesia, Western Union ini lebih dikenal oleh seseorang yang bekerja di luar negeri seperti para TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang mengirim uang untuk sanak keluarganya di tanah air.

Bahkan, Western Union ini sangat kental sekali bagi hampir semua kalangan blogger dan youtuber yang mencari rupiah dari hasil bekerja sama dengan Google Adsense (*termasuk saya pribadi). Kenapa? Karena memang kebanyakan blogger dan youtuber menerima pembayaran via Western Union (WU).

Sangat berbeda dengan sistem pengiriman uang melalui transfer rekening bank, dimana uang yang dikirim dan diterima melalui Western Union ini bisa diterima secara langsung (cash) oleh penerima tanpa menggunakan nomor rekening bank.

Jelasnya, si penerima kiriman uang harus mengambil uang tersebut secara langsung dari beberapa agen yang bekerja sama dengan Western Union, seperti halnya Kantor Pos Indonesia, JNE Express, Indomaret, Alfamart, dan beberapa bank di Indonesia.

Sedangkan persyaratan untuk bisa menerima atau mengambil uang transferan melalui Western Union (WU) ini, pihak penerima hanya perlu menyerahkan bukti penerima kiriman berupa sebuah kode MTCN (singkatan dari: Money Transfer Control Number), menyerahkan fotocopy identitas (e-KTP atau KITAP), serta mengisi selembaran formulir penerimaan uang (*jika di Kantor Pos misalnya).

Seperti yang sudah admin Ilyasweb jelaskan di atas, kalau saja semua persyaratan penerimaan uang melalui Western Union sudah dilakukan dengan benar, maka penerima akan langsung mendapatkan uang transfer tersebut secara cash.

Yups, uang akan diterima oleh pihak penerima secara cash alias langsung, tidak melalui transfer lagi ke rekening bank.

Cara Cek Status Transfer Uang Melalui Western Union

Jika kamu akan menerima uang kiriman via Western Union, sebenarnya kamu bisa mengecek status uang yang akan diterima atau yang sudah diterima melalui situs web resmi milik Western Union, lho!

Selain itu, kamu juga dapat menghubungi layanan customer service Western Union jika sewaktu-waktu terjadi masalah terkait uang yang akan/sudah kamu terima.

Nah, untuk cara mengecek pengiriman Western Union sendiri alias untuk mengetahui status kiriman atau transferan uang di sana, kamu bisa mengikuti langkah-langkah simpel di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu kunjungi website resmi WU di alamat/URL berikut: https://www.westernunion.com/
  2. Setelah terbuka, silakan kamu pilih menu Track Transfer.
  3. Jika kamu sebagai pihak penerima kiriman, maka kamu pilih opsi I’m The Receiver.
  4. Kemudian masukkan beberapa kode MTCN pada kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol Continue.
  5. Selanjutnya, akan muncul sebuah informasi sebagai berikut ini:
    • Sent: uang telah berhasil dikirim.
    • In Progress: uang sedang dalam proses penyiapan, dan belum bisa diambil oleh penerima.
    • Available: uang yang ditransfer pengirim sudah siap untuk diambil penerima, misalnya di Kantor Pos Indonesia, Indomaret, JNE, atau layanan lainnya.
    • Received: uang sudah berhasil diambil oleh si penerima

Kalau kamu masih kebingungan dengan tutorial yang saya jelaskan di atas, kamu bisa perhatikan video berikut ini agar lebih jelas dan mudah dipahami:

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan untuk mengecek pengiriman Western Union itu? Jadi, kiriman uang kamu sekarang sudah ditahap yang mana atau memang sudah berhasil kamu ambil?

Itulah cara cek kiriman uang via Western Union yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui status transfer uang yang dikirim melalui layanan Western Union.

Semoga bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.