-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Command Prompt (CMD)

Jika termasuk pemakai internet pastilah menginginkan koneksi internet yang kencang dan minimal bisa lancar, karena memang akan sangat menyebalkan ketika kita sedang butuh untuk berseluncur di dunia maya, tetapi jaringan internet kurang memadai, mungkin kamu juga akan merasa kesal bukan?

Sebenarnya cara untuk mempercepat internet itu banyak sekali cara yang dapat dilakukan, bisa dengan bantuan software atau juga bisa kita melakukan setting di bagian koneksi agar internet tambah lancar.

Akan tetapi, dalam artikel kali ini admin Ilyasweb akan membagikan ke teman-teman semua cara mempercepat internet dengan memanfaatkan software Command Prompt (CMD) yang mungkin masih sedikit asing untuk kamu.

Baiklah, langsung saja kamu simak langkah demi langkahnya berikut di bawah ini:

#1 Metode pertama

  1. Pertama, kamu membuka software Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketikkan saja CMD pada kolom yang bertuliskan Open.
  2. Setelah jendela Command Prompt, silakan kamu ketikkan perintah ipconfig/all
  3. Kemudian kamu cari DNS Servers dan catat IP Address tersebut (misalnya DNS Servers . . . . . : 192.168.43.1)
  4. Tahap berikutnya kamu ketikkan lagi perintah ping -l 50000 192.168.43.1 -t
  5. Jika kamu melakukan semua langkah di atas dengan benar, maka Command Prompt akan berjalan (runing). Jangan close CMD tersebut, kamu cukup minimize saja, ya!
  6. Selesai.
cara mempercepat koneksi internet dengan cmd

#2 Metode kedua

  1. Buka Command Prompt dengan Run as Administrator atau bisa dengan menekan tombol Windows + R.
  2. Setelah program CMD terbuka, silakan ubah lokasi drive komputer kamu ke partisi C dengan mengetik C: atau CD C:
  3. Kemudian masukkan perintah berikut: netsh interface tcp set global autoruning=disabled
  4. Jika kamu ingin mengembalikkan settingan autoruning tersebut, kamu cukup mengetik perintah: netsh interface tcp set global autoruning=normal
  5. Selesai.

#3 Catatan penting

Jika ketika kamu memasukkan perintah di Command Prompt alias CMD muncul pesan seperti ini 'perintah' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file, itu artinya kamu membuka Command Prompt tidak dengan Run as Administrator.

Yups, itulah cara mempercepat koneksi internet di komputer dengan menggunakan Command Prompt alias CMD yang bisa saya paparkan dalam artikel yang satu.

Jika ada kesalahan dalam penulisan kode perintah atau hal lainnya, silakan untuk mengutarakannya di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.