Cara Memilih Tempat Les Komputer Yang Baik

Komputer saat ini seakan-akan telah menjadi bagian dari kehidupan manusia, terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar dan bekerja di perkantoran. Oleh sebab itu, banyak sekali lembaga yang menawarkan les komputer, tentu dengan beragam paket, program dan fasilitas yang ditawarkan dengan harga yang kompetitif.

Les komputer di lembaga pendidikan manapun dapat dikategorikan sebagai pendidikan non formal, sebab lembaga les komputer melaksanakan program tersebut di luar jam sekolah. Bukti kelulusannya pun cukup ditandai dengan sertifikat saja, bukan ijazah.

Meski demikian, minat orang untuk ikut les komputer tetap saja tinggi, hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya lembaga yang menawarkan program les komputer baik di perkotaan ataupun di pedesaan.

Menjamurnya lembaga les komputer tersebut tentu saja memudahkan orang-orang untuk mengembangkan kemampuan komputernya sesuai dengan yang dibutuhkan.

Meski demikian, jika suatu saat Anda berminat untuk ikut kursus komputer, sebaiknya Anda selektif untuk memilih lembaga les komputer tersebut.

Sebab, jika salah dalam memilih lembaga les komputer, tentu saja Anda bukan hanya akan rugi secara finansial, tapi juga kompetensi tentang komputer pun tidak akan banyak terpakai.

Ada dua hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda menentukan lembaga les komputer mana yang akan Anda pilih. Pertimbangan tersebut meliputi pertimbangan kebutuhan Anda dan kualitas lembaga les komputer tersebut, termasuk di dalamnya variasi program les komputernya.

Pilih Tempat Les Komputer Sesuai Kebutuhan Anda

Pesatnya dunia teknologi informasi mendorong setiap pelajar dan karyawan untuk tetap menguasai produk-produk yang dihasilkan. Termasuk yang berkaitan dengan komputer dan perangkan lunaknya (sofware).

Perusahaan-perusahaan pun sekarang menuntut para pekerjanya untuk mahir dalam menggunakan komputer, maka tidak heran bila kursus komputer tidak ada matinya. Karena setiap waktu pasti ada orang yang membutuhkan pelatihan komputer demi melengkapi keahlian dirinya.

Semua orang tentu tidak ingin disebut sebagai orang ketinggalam zaman, atau tidak menguasai teknologi komputer. Apalagi bagi mereka yang merupakan lulusan sma, smk, atau perguruan tinggi.

Melalui program pelatihan komputer, setiap orang akan dapat melakukan akselerasi dalam penguasaan kompetensi yang dikehendaki.

Karena memang di kursus, seseorang akan diajarai secara intensif dan efektif dalam menguasai sebuah materi yang disampaikan.

Berbeda dengan apa yang terjadi di kelas, seorang guru tentu akan kerepotan untuk memberikan pengajaran intensif sebab murid yang diajarnya sangat banyak. Di kursus komputer, umumnya satu kelas hanya diisi beberapa orang saja, dapat dikatakan maksimal 6 atau 7 orang.

Jangan pernah untuk sungkan atau malu bertanya atau meminta bantuan kepada tentor atau pengajar. Sebab keberadaan Anda di tempat les itu adalah untuk menguasai sebuah program bukan yang lainnya.

Tanyakan sejelas-jelasnya tentang materi yang tidak dapat dimengerti, jangan takut karena tentor les tidak seperti di sekolah yang mana guru akan merasa ribet jika satu anak bertanya terus-menerus.

Biasanya lembaga les komputer memiliki beberapa penawaran program les komputer berupa paket materi yang dapat Anda pilih mulai paket pemula, paket pengembangan, paket pemrograman, paket desain grafis, bahkan sampai pada paket perakitan komputer.

Paket materi yang ditawarkan di lembaga les komputer pada dasarnya dapat Anda ambil semuanya, namun bila mengingat pada efektivitas waktu dan finansial, kebanyakan orang hanya mengambil beberapa paket saja yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Kebutuhan tersebut biasanya tergantung kepada profesi yang Anda sedang atau akan ditekuni. Jika Anda seorang guru, pas sekali jika memilih paket pemula. Sementara itu jika ingin menekuni dunia percetakan, Anda dapat memilih paket desain grafis.

Kualitas Lembaga Les Komputer

cara memilih tempat les komputer

Kualitas lembaga les komputer tentu saja menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan, sebab kualitas lembaga les komputer tersebut akan berperan penting dalam menentukan kompetensi Anda dalam bidang komputer. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda gunakan sebagai panduan untuk menentukan kualitas lembaga les komputer :

1. Kualifikasi tentor

Kualifikasi tentor penting dipertimbangkan, cara termudah untuk melihat kualifikasi tentor di lembaga les komputer tersebut dapat dilihat dari sertifikat pelatihan yang pernah mereka ikuti, semakin banyak pelatihan yang telah mereka ikuti, menunjukkan bahwa mereka selalu mengikuti perkembangan komputer.

Kualitas tentor merupakan hal yang krusial dalam sebuah proses belajar di lembaga kursus. Karena memang tentor yang tidak begitu ahli akan sulit memahamkan materi yang disampaikan.

Tentu semua orang tidak menginginkan tentor dengan klasifikasi ini, sebab itu telitilah tentor-tentor yang ada di sebuah lembaga kursus. Khususnya lembaga yang ingin dikunjungi.

2. Kenyamanan tempat

Jika tempat les komputer itu nyaman, tentu suasana belajarnya pun menjadi kondusif, tentunya Anda pun akan betah berlama-lama belajar komputer di lembaga les komputer tersebut.

Tempat belajar yang tidak nyaman akan mengurai konsentrasi kita dalam menerima materi dari sang tentor. Misalnya tempat yang tidak terang atau remang-remang akan membuat mata sulit bekerja dengan optimal, hasilnya adalah kantuk selama proses kursus berlangsung.

Faktor lain yang mempengaruhi kenyamanan belajar adalah suara atau tingkat kebisingan. Lembaga kursus komputer yang berdiri di pinggir jalan besar akan senantiasa bising, dikarenakan banyak kendaran yang melintas di depan tempat tersebut.

Carilah lembaga kursus yang jauh dari sumber suara yang membisingkan seperti jalan raya, industri besar dan pusat keramaian lainnya.

3. Lihat fasilitas komputer yang dimiliki, baik itu berupa printer, monitor ataupun spesifikasi komputernya

Dunia komputer adalah dunia yang dinamis dan selalu ada yang baru, pastikan lembaga les komputer yang dipilih menggunakan komputer dengan spesifikasi yang terbaru. Dilengkapi berbagai macam peralatan pendukung lainnya saat tentor tersebut melatih program komputer.

Lembaga kursus komputer yang minim akan peralatan yang canggih atau up to date, menandakan tempat tersebut tidak terlalu serius dalam menjalankan bisnisnya. Seorang pemilik lembaga pelatihan yang baik akan senantiasa mengikuti tren teknologi yang terbaru.

4. Badan Hukum

Adanya badan hukum sejatinya memberi jaminan bahwa lembaga yang menawarkan jasa les komputer tersebut adalah lembaga legal dan dilindungi oleh hukum.

Selain itu, bila lembaga yang menawarkan jasa les komputer tersebut berbadan hukum, tentu saja sertifikat yang dikeluarkan pun akan diakui oleh negara.

Tentu berbeda lagi bila di kota tidak ditemui lembaga yang berbadan hukum, maka utamakan lembaga pelatihan komputer yang mempunyai 3 persyaratan di atas.

Selain cara di atas, Anda pun dapat bertanya di mana saja tentang lembaga yang menyediakan les komputer yang berkualitas. Mereka biasanya jujur dan berbicara apa adanya.

Lebih dari itu Anda pun kalau ada waktu luang, bisa langsung survei ke beberapa lokasi lembaga yang melayani les komputer, kemudian bandingkan lembaga mana yang memiliki tawaran program yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika semua proses itu sudah dijalani, Anda pun tinggal menentukan, kapan akan memulai untuk les komputer.

Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Tempat Les Komputer Yang Baik"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel