-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aman Kredit Mobil di Bank

Kredit mobil di bank menjadi pilihan banyak orang saat ini dalam rangka memiliki mobil pribadi. Tawaran ini bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan dana, namun kebutuhan akan mobil sangat mendesak bisa menggunakan fasilitas kredit bank.

Apalagi pada saat ini banyak bank yang berlomba-lomba menawarkan fasilitas ini. Berbagai promosi kredit mobil bank, bergantian muncul di media massa merayu minat para konsumen untuk segera bergabung dengan program mereka. Tak jarang, beragam hadiah dikucurkan demi menarik perhatian para calon nasabah.

Namun ada yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk mengambil kredit mobil bank. Sebab, berurusan dengan masalah kredit bank, sama artinya Anda mempertaruhkan diri sendiri untuk sebuah masalah jangka panjang.

Sekali terlibat kredit macet, maka selamanya nama Anda akan tercatat di daftar hitam nasabah yang bermasalah. Dan itu berarti selamanya Anda tidak akan mendapat kepercayaan dari pihak bank untuk pengajuan kredit apapun. Bahkan untuk pengajuan kartu kredit sekalipun.

Tips Aman Kredit Mobil

kredit mobil di bank

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan calon nasabah sebelum benar-benar mengajukan kredit mobil. Hal ini tentu demi keamanan dan kenyamanan jangka panjang dari nasabah itu sendiri.

Bukan hanya sekedar mengejar kesenangan sesaat karena cairnya permohonan kredit. Yang harus dipertimbangkan antara lain:

1. Tingkat keamanan finansial nasabah

Jangan sampai, penghasilan yang diperoleh habis hanya untuk membayar cicilan mobil ke bank saja. Maximal, jumlah pembayaran berbagai cicilan kredit Anda adalah 40% dari total gaji. Sementara 60% sisanya dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari dan juga tabungan.

2. Jangan terbuai dengan rendahnya uang muka

Banyak penawaran kredit yang memberikan kesempatan pembayaran uang muka rendah. Perhatikan nilai cicilan per bulan dan juga bandingkan total kredit dengan harga normal kendaraan yang Anda inginkan.

3. Perhatikan fasilitas media pembayaran

Semakin sulit media untuk melakukan pembayaran cicilan, semakin baik Anda menghindari bank tersebut. Jangan sampai Anda mendapat denda atas keterlambatan pembayaran, ketika tidak sempat datang ke bank tersebut.

Tanyakan, bisakah Anda membayar cicilan melalui fasilitas ATM, E-Banking, M-banking atau lewat jaringan mana saja dalam membayar cicilan bulanan.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.