-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bisnis Online dan Cara Sukses Berbisnis Online

Apa sih bisnis itu? Bisnis bagi sebagian orang merupakan tempat pencarian penghasilan yang membebaskan. Karena bisnis adalah usaha yang diputuskan dan dijalankan oleh Anda pribadi, dan segala keuntungan dapat dirancang sendiri serta dinikmati sendiri. Mungkin pengertian bisnis semacam itu bisa sama-sama diterima.

Bisnis merupakan usaha Anda pribadi untuk mendapatkan penghasilan yang semua perjalanannya Andalah penentunya. Bagi mereka yang tidak ingin terikat suatu ritme kehidupan yang monoton, akan lebih memilih bisnis sebagai sarana mencari penghasilan.

Dengan bisnis, penghasilan tetap bisa didapat dengan segala keleluasaan Anda -sebagai pengelola bisnis itu- dalam menjalani kehidupan ini.

Di zaman modern ini, di mana arus globalisasi telah memasuki seluruh pelosok dunia, Anda mendapatkan wajah bisnis yang lainnya. Yaitu bisnis online. Apakah bisnis online itu?

Pengertian Bisnis Online

pengertian bisnis online

Nah, tentu pengertian bisnis yang ini tidak jauh berbeda dengan pengertian semula. Ia juga merupakan bisnis, di mana Anda sebagai pelakunya yang menentukan segala perjalanan bisnis itu. Hanya saja bisnis yang ini lebih praktis lagi dan fleksibel.

Karena Anda bisa menjalankan bisnis ini di manapun, tanpa sekat wilayah. Asalkan memiliki jaringan internet, maka Anda bisa menjalani bisnis ini.

Bisnis online merupakan lahan bisnis yang tak terbatas. Cakupannya bahkan bisa mencapai seluruh penjuru dunia, menjelajah seluruh benua, melampaui seluruh samudera, dan menghilangkan sekat-sekat negara.

Praktisnya bisnis online sering kali tidak membutuhkan modal sebagaimana bisnis lainnya. Bahkan kerjanya juga sederhana, Anda hanya membutuhkan media untuk penghubung internet, dan cukup bekerja di balik layar komputer atau laptop.

Tentu hal ini bisa Anda lakukan di mana saja. Apakah sedang berada di rumah, atau sedang dalam perjalanan ke luar kota. Anda bisa nyaman duduk di sofa, atau sambil tiduran di kamar, sementara bisnis tetap bisa dikendalikan dan dijalankan. Tentu penghasilannya juga tetap bisa dinikmati.

Praktis, efisien, efektif, dan lebih sederhana. Mungkin itulah pesan dari pengertian bisnis online yang bisa Anda tangkap.

Belajar Bisnis Online

Tulisan di atas hanya menjelaskan tentang pengertian bisnis yang dapat dipahami bersama. Begitu juga pengertian akan bisnis online. Tetapi untuk lebih memahami, tentu Anda perlu mempelajarinya lebih jauh. Sehingga Anda tak hanya mengetahui dan mengenalnya, tetapi juga memahaminya.

Agar Anda tak lagi bingung untuk memasuki dunia bisnis ini. Di mana saat ini banyak orang telah menjalani bisnis semacam ini.

Apalagi kian hari kehidupan semakin kompetitif. Jika Anda tak juga segera mempelajarinya, maka dapat dipastikan Anda akan tertinggal jauh dari pergeseran peradaban dan tatanan dunia ini.

Nah, untuk itu saya sarankan Anda agar segera mempelajari dengan seksama perihal bisnis online ini. Jangan biarkan diri Anda hanya menjadi penonton di dunia ini.

Jadikan diri Anda sebagai pelaku dalam kehidupan dunia ini. Termasuk sebagai pelaku bisnis online, mengikuti perkembangan teknologi canggih masa kini.

Belajarlah segera tentang bisnis online ini. Agar tidak salah informasi dan pemahaman, saya sarankan Anda untuk belajar kepada ahli di bidang ini.

Apa Saja Bisa Dibisnis-onlinekan

Jika mengacu pada pengertian bisnis online di atas, maka akan banyak orang yang beranggapan bahwa yang bisa dijual hanyalah produk digital. Produk yang dikemas dalam bentuk file komputer, bisa didownload.

Pemahaman seperti ini tidaklah salah. Memang rata-rata pebisnis online melakukan penjualan produknya dalam bentuk digital. Biasanya yang dijual adalah ebook, audio, video dan software.

Dalam penjualan produk digital ini, pembeli dengan penjual sama-sama diuntungkan. Pembeli tak perlu repot-repot menemui penjual dan menunggu waktu lama untuk memiliki produk. Ketika sudah ditransfer uang pembelian produk, lalu dikonfirmasi ke penjual.

Maka tak sampai 24 jam, pembeli sudah bisa memiliki produk yang dibelinya dengan cara mendownload link yang diberikan.

Demikian halnya dengan penjual. Seperti yang dijelaskan di pengertian bisnis online, ia bisa melakukan proses bisnisnya di mana pun dan kapan pun. Yang penting, terdapat koneksi internet untuk dapat cek konfirmasi yang dilakukan pembeli produk digitalnya.

Penjualan produk digital memang tengah meningkat belakangan ini. Karena banyaknya kebutuhan publik terhadap informasi yang dibutuhkan. Bahkan, produk digital yang dibisniskan juga telah mengalami peningkatan. Khususnya di saat liburan sekolah. Banyak pebisnis online menjual produk digital berupa game.

Proses jual-beli yang dilakukan antara pembeli dan penjual tetap sama. Adanya pentransferan dan konfirmasi, lalu dikirimkan link download. Sungguh, pengertian bisnis online yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja benar-benar nyata.

Produk Non Digital juga Bisa Dibisnis-onlinekan

Dewasa ini, produk non digital juga dibisnis-onlinekan. Bahkan, peminatnya juga cukup banyak. Yang termasuk produk non digital adalah pakaian, buku, alat-alat elektronik dan sejenisnya.  Produk non digital yang dibisniskan mesti jenis produk-produk costumer good. Kepuasan pelanggan mesti menjadi jaminan yang diberikan.

Jika ditanya ihwal proses bisnis yang berlansung? Proses bisnis non digital tetap mengacu pada lingkup pengertian bisnis online. Penjual atau pebisnis dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja. Ia hanya membutuhkan internet untuk melihat ada atau tidak orderan yang masuk.

Jika ada order, maka ia tinggal menelpon toko yang menjual produk non digital lalu menyebutkan alamat pembeli atau menyebutkan alamatnya, lalu melakukan pengiriman sendiri ke rumah konsumen.

Benar. Penjualan di sini tetap melakukan proses tatap muka. Internet yang digunakan hanyalah sebagai media untuk mendapatkan prospek. 

Sehingga tak harus sempit menilai penggunaan internet. Apa pun bisnis Anda bisa dilakukan dengan internet.

Kunci Sukses Bisnis Online

Setelah mengetahui pengertian bisnis online dan apa saja bisa dibisnis-onlinekan, sungguh layak bila dibahas kunci sukses bisnis online. Kunci sukses yang paling utama dimiliki pebisnis adalah sabar. Tak ada yang instan dalam berbisnis. Semuanya membutuhkan kesabaran.

Sudah jamak diketahui, untuk mendapatkan hasil selalu memerlukan waktu. Bullshit, jika ada yang mengatakan rumus ajaib menjadi pebisnis online hanya membutuhkan waktu 15 menit dalam sehari maka Anda akan kaya.

Karena semua orang yang sukses bekerja dilakukan dengan penuh dedikasi, waktu yang lama dan penuh dengan kesabaran.

Selain sabar sebagai kunci sukses pebisnis online, Anda juga mesti membangun kebiasaan yang positif. Jika Anda ingin banyaknya pembeli berkunjung ke website Anda, lalu melihat-lihat produk Anda dan tertarik ingin membelinya, maka yang mesti dilakukan adalah biasakan menulis tentang produk yang Anda jual.

Buat tulisan sederhana yang menceritakan produk yang Anda jual. Tak perlu artikel panjang dan ilmiah, artikel pendek dan sederhana pun sangat disukai orang. Yang penting, Anda penjelasan terhadap produk yang Anda jual.

Misalnya Anda mendagangkan ebook percepatan rezeki. Maka yang Anda lakukan setiap hari konsen menulis tentang rezeki. Masukkan di dalam artikel atau tulisan yang Anda tulis anjuran untuk membeli ebook Anda.

Demikian halnya juga jika Anda menjual baju secara online. Anda bisa menjelaskan apa keuntungan memakai baju yang dijual atau cocoknya dipakai untuk acara apa.

Di sini marketing yang dilakukan bukan sekedar pemasaran, tapi strategi dan teknik agar orang selalu mampir ke website Anda. Ketika ia melihat ada produk baru yang sesuai dengan keinginannya, maka tinggal memesan saja.

Tulisan yang Anda tulis pun bisa dikembangkan menjadi ebook baru, dengan menambah data sedikit-sedikit, maka Anda pun dapat menjualnya. Sehingga tak ada yang dilakukan sia-sia oleh pebisnis online. Ia harus kreatif.

Tak ada waktu santai-santai yang tak menghasilkan bagi pebisnis online yang serius ingin mendapatkan hasil yang memuaskan

Inilah artikel sederhana ihwal pengertian bisnis online, barang-barang yang dibisniskan dan kunci sukses bisnis online. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.