-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Transaksi Reversal di Bank BRI?

Ada beberapa teman saya yang mendapatkan sebuah pesan notifikasi melalui SMS yang berisi sebuah keterangan transaksi (reserval) setelah dia melakukan tarik tunai di mesin ATM bank BRI, padahal transaksi tarik tunai tersebut gagal karena uang di dalam mesin sedang kosong.

Lantas, apa sih maksud atau arti dari notifikasi/pemberitahuan ini? dan apakah saldo di rekening tersebut akan terpotong sesuai dengan nominal tersebut?

Maksud Transaksi Reversal di Bank BRI

Berikut ini Ilyasweb akan sedikit mencoba menjelaskan, bahwa sudah sejak lama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini menghadirkan sebuah fitur atau layanan notifikasi SMS yang mana akan secara otomatis dikirim ke nomor HP nasabah jika saja ada transaksi dengan nominal di atas Rp100.000 dari rekening si nasabah dengan biaya admin sebesar Rp500 per SMS (*dipotong dari saldo).

 Nah, notifikasi yang satu ini sebenarnya bisa dihidupkan atau dinonaktifkan oleh nasabah, bahkan nasabah juga bisa mengubah minimum nominal transaksi yang akan mendapatkan pemberitahuan SMS dengan cara menghubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017.

Akan tetapi, saya sangat menyarankan kamu untuk selalu mengaktifkan fitur notifikasi yang satu ini demi menjaga keamanan saldo di rekening bank BRI milik kamu.

Okeh kita kembali lagi ke topik di atas dimana ketika nasabah mendapatkan pemberitahuan via SMS yang menerangkan kalau ada transaksi pada rekening tabungan dengan keterangan transaksi reserval, itu artinya bahwa transaksi yang kamu lakukan gagal dan saldo akan dikembalikan ke rekening BRI kamu secara otomatis.

Jadi, kamu sebagai nasabah bank BRI tidak perlu khawatir dan cemas yang berlebih atau merasa takut saldo kamu hilang dari rekening ya karena adanya notifikasi SMS seperti itu.

Untuk memastikan hal tersebut, kamu bisa mengecek saldo rekening saat itu juga baik itu melalui mesin ATM bank BRI, BRILink, SMS Banking, Internet Banking atau melalui aplikasi BRImo.

Lantas, apakah layanan SMS notifikasi dari bank BRI ini dikenakan biaya? Benar, layanan ini dikenakan biaya sebesar Rp500,- per notifikasi yang dipotong langsung dari saldo rekening kamu (*mohon ralat kalau saya salah).

Kesimpulannya, transaksi reserval yang dikirim oleh pihak bank melalui notifikasi SMS maksudnya adalah telah terjasi transaksi pengembalian dana karena transaksi tersebut gagal, baik itu tarik tunai, transfer uang, atau saat melakukan pembayaran lainnya.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.