-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesan dan Pesan Dalam Mengikuti Pelatihan Kader Teknik Desa Se-Kecamatan Campaka - Kab. Cianjur

Hai sahabat Ilyasweb, mohon maaf akhir-akhir ini saya jarang update artikel-artikel terbaru terkait teknologi seperti biasanya. Bukan tanpa alasan, dua bulan terakhir ini (Februari-Maret) admin sedang sibuk mengikuti pelatihan kader teknik desa se-kecamatan campaka kabupaten Cianjur.

Acara pelatihan ini memang diadakan setiap 3 kali dalam seminggu selama bulan Februari dan Maret, namun terkadang saya mendapatkan tugas, jadi yang biasanya malam hari saya bisa mikir untuk membuat konten di website, tapi sekarang harus mengerjakan tugas tersebut.

Akan tetapi, tidak terasa kalau pelatihan kader teknik desa ini akan selesai pada hari Sabtu, tanggal 3 April 2021 (beberapa hari lagi).

Oiya, mungkin teman-teman ada yang ingin bertanya apa sih kader teknik desa itu? Kader teknik desa adalah "Orang Kunci" yang bertugas untuk mengorganisir dan memimpin masyarakat desa untuk bergerak menuju pencapaian cita-cita bersama di bidang infrastruktur pedesaan. Dengan arti lain, kader teknik desa ini adalah seorang lokomotif pembangunan desa.

muhamad ilyas

Lantas, apa saja yang sih yang materi dipelajari dalam pelatihan kader teknik desa ini? Dalam pelatihan atau bimbingan teknis tersebut, kami semua diajarkan teknik-teknik membuat sebuah desain bangunan dan juga cara penyusunan rencana anggaran biayanya.

Siapa saja yang ikut dalam pelatihan ini? Pelatihan kader teknik desa ini diikuti oleh 11 desa yang ada di kecamatan Campaka kabupaten Cianjur, desa-desa tersebut diantaranya:
  1. Desa Cidadap
  2. Desa Girimukti
  3. Desa Cimenteng
  4. Desa Mekarjaya
  5. Desa Sukajadi
  6. Desa Campaka
  7. Desa Susukan
  8. Desa Karyamukti
  9. Desa Sukadana
  10. Desa Margaluyu
  11. Desa Wangunjaya
Nah, dari masing-masing desa tersebut terdapat 2 (dua) orang kader teknik yang mengikuti pelatihan ini. Saya (Muhamad Ilyas) dan rekan saya pak Misbahudin mewakili desa tercinta saya yakni Desa Cidadap.

Kesan & Pesan

Terima kasih saya ucapkan kepada para tutor/pembimbing yang telah memberikan saya kesempatan untuk memberikan kesan dan juga pesan di akhir acara pelatihan ini, yang katanya nanti akan dimasukkan ke dalam modul.
 

1. Kesan

Yang pertama adalah kesan, tentu acara pelatihan kader teknik desa ini bagi saya pribadi sangat berkesan sekali terutama dalam meningkatkan pengetahuan kami mengenai bagaimana cara menjadi seorang kader teknik desa yang baik.

Karena dalam beberapa sesi pelatihan ini, saya diajarkan oleh para tutor bagaimana cara menggambar desain infrastruktur baik itu bangunan ataupun jalan dengan menggunakan software AutoCAD.

Bukan hanya itu saja, saya juga diajarkan bagaimana cara membuat, menghitung dan menyusun sebuah rencana anggaran biaya (RAB) yang baik dan benar.

Rencana Anggaran Biaya (RAB) ini adalah sebuah perkiraan biaya yang mana nantinya akan digunakan untuk pelaksanaan suatu kegiatan, entah itu untuk bisnis ataupun proyek.

Bahkan, dalam beberapa proyek, event atau bisnis, perencanaan anggaran ini merupakan salah satu dokumen yang wajib ada untuk melihat dan memprediksi besaran biaya yang akan dikeluarkan.

Setiap sesi pelatihan ini berlangsung, suasana di dalam acara sangat asyik sekali. Pasalnya, para tutor/pembimbing, terutama pak Bayu dan pak Dudi yang membumbui suasana dengan candaan.

Terus ada juga momen-momen menegangkan, yaitu disaat adanya ujian dadakan yang mana kami semua disuruh oleh pak Bayu (tutor) untuk menggambar desain jalan sepanjang 1.000 meter dengan tembok penahan tanah 550 meter serta saluran 250 meter. Kemudian di hari berikutnya kami disuruh membuat desain sebuah rumah di atas tanah berukuran 10x10 meter.

Yang lebih menegangkannya adalah ujian RAB yang mana pembimbingnya adalah pak Dudi. Beliau ini sangat ahli dalam membuat soal yang terlihat gampang, padahal sulit (* jika tidak teliti dalam melihat dan menerjemahkan gambarnya).

Beliau juga pernah berkata yang mungkin quote pak Dudi ini akan saya ingat selalu di benak hati saya, quote tersebut adalah sebagai berikut:
"Poin penting dalam membuat sebuah perencanaan teknik, baik itu gambar rencana pembangunan ataupun Rencana Anggaran Biaya (RAB), hal yang terpenting adalah ketelitian." - Pak Dudi

2. Pesan

Kemudian kalau untuk pesan, saya sangat-sangat berharap kalau pelatihan ini tetap continue (berlanjut). Minimal, setiap 1 (satu) bulan sekali diadakan pertemuan rutin yang bertujuan untuk evaluasi dan peningkatan kapasitas kader teknik desa.

Jadi, dengan adanya pertemuan rutin seperti ini, kami sebagai kader teknik desa bisa terus aktif dan terus memperdalam kemampuan kami di bidang perencanaan pembangunan infrastruktur.

Yups, mungkin itu saja kesan dan pesan dari saya dalam mengikuti pelatihan kader teknik desa se-kecamatan Campaka kabupaten Cianjur yang dilaksanakan di Balai Desa Cidadap (Jl. Estate Babakan Simpang Rt/Rw 002/003, Desa Cidadap, Kec. Campaka, Cianjur - 43263).

Profil

Oiya, buat kamu yang belum tahu biodata Muhamad Ilyas, berikut di bawah ini akan ditampilan profil singkat saya:

biodata muhamad ilyas

Terima kasih sudah membaca artikel di blog Ilyasweb, semoga bermanfaat :)
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.