-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Cara Meningkatkan Kualitas Video Resolusi Rendah

Kamu pasti mengalami dima kualitas video yang ditonton atau yang kita buat tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Masalah yang satu ini kerap sekali terjadi ada perangkat smartphone android alias perangkat seluler yang mungkin saja disebabkan oleh human error, pencahayaan yang tidak ideal, atau perangkat keras (hardware) kualitasnya buruk yang bisa merusak rekaman.

Jika kamu masuk ke artikel ini karena bertanya-tanya tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas video. Kamu beruntung sekali! karena hari ini, Ilyasweb akan memaparkan proses untuk meningkatkan kualitas video di perangkat seluler.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Enhancer? 

Perlu kamu ketahui, bahwa video enhancer  ini mempunyai banyak sekali fitur yang bisa menghembuskan nafas segar ke dalam rekaman kamu. Umumnya, tidak semua aplikasi memiliki semua fitur yang dibutuhkan, namun kamu bisa mempertimbang beberapa fitur di bawah ini: 

  1. Resolusi video yang ditingkatkan (upgrade).
  2. Bisa meningkatkan pencahayaan menjadi lebih baik.
  3. Stabilitas video yang lebih baik alias tidak goyang-goyang.
  4. Denoising.
  5. Ada penyesuaian pada tingkat kecerahan.
  6. Fitur memotong (crop), memutar, dan bisa membalik (rotate).
  7. Filter
  8. Tambahan Efek dan animasi.

So, aplikasi apa saja yang bisa meningkatkan kualitas video terbaik saat ini? Yuk, simak beberapa aplikasi pilihan di bawah ini:

1. Editor Video Filmora

Tersedia untuk: Windows, MacOS 

Cara Meningkatkan Kualitas Video Resolusi Rendah

Kalau kamu sedang mencari aplikasi video tambahan untuk desktop kamu dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas video yang bagus, maka saya menyarankan kamu untuk menggunakan software Filmora yang mana dibanderol dengan harga $39,99 USD per tahun, atau kamu bisa membeli lisensi yang seumur hidup (lifetime license) dengan harga $59,99 USD.

Buat kamu yang belum memiliki cukup uang tau hanya ingin sekedar ingin mencoba terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan yang versi gratisnya terlebih dahulu.

Sayangnya, untuk yang versi gratis akan meninggalkan tanda air (watermark) pada setiap konten yang kamu buat atau edit. Oiya, versi gratis dari Filmora juga tidak akan memberikan kamu akses terhadap perpustakaan efek dan animasi yang luas.

Alat-alat alias fitur Filmora menurut saya sangat lengkap sekali untuk kebutuhan editing video, salah satunya seperti kontrol untuk stabilisasi, pengatur kontras, kecerahan, warna, dan juga saturasi. Bahkan ada juga template judl, overlay serta grafik gerak.

Yang terakhir, software ini juga mendukung berbagai format video yang memungkinkan kamu untuk bisa meng-ekspor video dalam format yang bisa dioptimalkan ketika akan diupload ke media sosial atau ke YouTube.

2. PowerDirector 

Tersedia untuk: Smartphone Android 

aplikasi peningkat kualitas video

Adakalanya kita membutuhkan aplikasi tambahan untuk meningkatkan kualitas video ketika sedang bepergian keluar.

Kalau kamu memiliki gadget android, salah satu aplikasi editing video terbaik yang tersedia kamu install adalah PowerDirector. Apk ini sudah berhasil memiliki 10 juta pengunduh di Google Play Store dan juga sudah mendapatkan sebuah penghargaan Pilihan Editor dari Playstore.

PowerDirector ini hampir masuk ke segmen aplikasi smartphone editing video berkelas profesional, namun aplikasi ini masih bisa kamu unduh secara gratis dengan fitur yang lengkap.

Fitur aplikasi ini sangat lengkap sekali seperti editor efek, alat sulih suara, support untuk layar hijau dan layar biru dengan sistem pengeditan kunci chroma, serta dilengkapi dengan garis waktu multi-track, dan juga ada banyak sekali efek yang berlimpah.

Bukan hanya editing video saja, aplikasi ini juga menyediakan fitur editing untuk foto (image). Jadi, jika kamu menggunakan aplikasi editor foto di smartphone android, kamu bisa menghapusnya setelah menginstal aplikasi ini untuk menghemat ruang penyimpanan di gadget kamu.

3. Avidemux

Tersedia untuk: Windows, Mac OS, dan Linux.

cara meningkatkan kualitas video

Avidemux adalah sebuah aplikasi editing dan juga pemrosesan video berbasis open source yang bisa kamu gunakan secara gratis di komputer atau laptop kamu dengan berbagai sistem operasi.

Kalau saja kamu ingin membuat kualitas video kamu lebih berkualitas dan lebih baik, kamu bisa menggunakan software stabilisasi dan konverter resolusi video. Kamu bisa memutakhirkan video kamu secara teratur agar resolusi video menjadi tinggi.

Avidemux merupakan aplikasi yang sangat keren dan bermanfaat sekali untuk kamu gunakan, karena aplikasi ini mendukung beragam jenis format video yang ada seperti halnya MP4, MKV, MPEG, 3GP, FLV, MWV, OGM, MOV, dan masih banyak lagi.

Hanya ada sedikit kekurangannya yang mencolok yakni tidak ada fitur garis waktu dan juga efek-efek kreatif. Yang mana bisa disimpulkan kalau aplikasi ini kurang cocok buat kamu yang membutuhkan aplikasi tambahan untuk editing video.

4. Pinnacle Studio Pro

Tersedia untuk: iOS (Apple Inc.)

apk peningkat kualitas video

Nah, buat kamu yang menggunakan smartphone iOS besutan Apple Inc. yang ingin meningkatkan kualitas ataupun resolusi video, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Pinnacle Studio Pro. Aplikasi ini sangat berjalan dengan baik untuk meningkatkan kualitas video di iPhone maupun di iPad.

Pinnacle ini sudah berhasil mengemas aplikasi editing video untuk jangka waktu yang sangat lama. Meskipun untuk versi iOS ini belum dibekali dengan fitur yang penuh seperti pada software versi desktop-nya, namuna kamu tetap bisa mempunyai akses ke kontrol transisi dan kecepatan, pengeditan bingkai secara individual, pan dan zoom, efek seperti gambar dalam gambar, dan juga ada fitur editor audio.

Aplikasi yang satu ini juga sangat cocok sekali buat kamu yang ingin mengupload hasil video ke media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, dan yang lainnya. Pasalnya, kualitas video yang dihasilkan sangat bagus sekali, lho!

Sayang sekali aplikasi ini tidak seperti PowerDirector, karena Pinnacle Studio Pro ini tidak bisa kamu install secara gratis. Kamu diharuskan untuk mengeluarkan sedikit biaya untuk membeli lisensi seharga $12,99 USD (hanya satu kali bayar).

5. FonePaw Video Converter Ultimate

Tersedia untuk: Windows, Mac OS

ponepaw editor video

Selanjutnya, ada aplikasi editing yang tidak kalah pentingnya yakni, FonePaw Video Converter Ultimate untuk menambah atau menaikkan resolusi video. Software yang satu ini bisa mengubah (konversi) video yang asalnya beresolusi 480p menjadi 720p, atau 1080p, bahkan juga mendukung resolusi 4K.

Dengan memakai aplikasi ini kamu juga bisa meningkatkan dan mengatur video yang gelap agar menjadi lebih ringan, stabil guncangannya, serta bisa menyeimbangkan warna pada video, serta bisa kamu sesuaikan juga saturasi, rona dan kontras-nya.

FonePaw Video Converter Ultimate ini juga berfungsi dengan baik pada berbagai jenis format video, baik itu MPEG, MP4, FLV, MOV, MP3, 3GP, WAV, WMV, WMA, MJPEG, M4A, dan yang lainnya

FonePaw Video Converter Ultimate berfungsi dengan banyak format video, artinya Anda tidak perlu mencari di tempat lain. Format yang didukung termasuk MKV, AVI, WMV, MP4, FLV, MP3, WAV, M4A, WMA, 3GP, dan MJPEG.

Aplikasi ini tidak ditawarkan secara gratis. Kamu bisa menikmati versi trial tanpa batasan waktu, namun kamu diharuskan untuk membayar lisensi seumur hidup sejumlah $29,95 USD.

6. Videoshop

Tersedia untuk: Android, iOS (Apple Inc.)

bagaimana cara meningkatkan kualitas video di hp android

Videoshop merupakan sebuah aplikasi android yang didesain secara khusus guna menghadirkan kesenangan bagi penggunanya dalam proses pengeditan video kamu.

Software yang satu ini juga menawarkan pengalaman pengguna (UX) yang lebih ringan, jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi yang sudah saya review sebelumnya.

Sebagai salah satu contohnya, kamu bisa meningkatkan kualitas video dengan beragam efek audio yang keren, misalnya menambahkan suara binatang, ledakan, tawa, dan kentut.

Bahkan, ada juga fitur yang bernama Stop-motion yang berfungsi untuk membuat video pendek di twitter, support membuat video slideshow, dan ada perpustakaan musiknya juga.

Videoshop ini memang mempunyai sisi yang serius, fitur-fiturnya seperti gerakan cepat dan lambat, trimming, sulih suara, serta fitur untuk pemutaran video mundur juga ada, lho!

Kabar baiknya, kamu bisa mengunduh dan menginstal aplikasi ini secara gratis, walaupun ada beberapa pembelian dalam aplikasi untuk melengkapi alat dan fitur serta konten tambahan lainnya.

7. InShot

Tersedia untuk: Android, iOS (iPhone dan iPad)

editor video for android

Yang terakhir ada Inshot yang merupakan aplikasi smartphone android yang sudah sangat populer sekali, aplikasi ini sendiri sudah berhasil mencetak rekor 100 juta unduhan di Google Play Store.

Aplikasi InShot ini adalah sebuah aplikasi pembuat video sekaligus editor video yang memiliki kontrol penuh untuk meningkatkan kualitas pada sebuah video kamu.

Fitur-fitur yang dibawakan InShot ini diantaranya: alat pemangkas video, merger, splitter, kontrol kecepatan, slowmo, editor audio, konverter format video, dan juga efek dan filter yang banyak sekali.

Saya tekankan sekali lagi, aplikasi yang satu ini sangat cocok sekali buat kalian para pegiat media sosial yang sedang membutuhkan aplikasi penambah kualitas video.

Pasalnya, aplikasi ini mempunyai sebuah preset rasio yang bisa mencakup semua platform media sosial terkemuka, sehingga video kamu akan tepat dan layak untuk ditonton oleh pemirsa kamu di sosmed.

Download: InShot untuk Android | iOS (Gratis)

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.