-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Mitra Bisnis Yang Tepat

Untuk memperluas jangkauan bisnis online Anda, mitra bisnis akan sangat diperlukan. Selain itu, mitra dalam bisnis juga dapat menjaga kesinambungan bisnis yang sedang dijalankan.

Mitra bisnis akan menemani perjalanan bisnis Anda. Dengan bermitra Anda juga dapat mempercepat peningkatan nilai hasil bisnis. Tetapi tantangan bagi Anda yang memiliki mitra saat menjalani bisnis adalah menjaga keharmonian dalam kebersamaan. Keharmonian itu tentu bisa Anda usahakan dengan menjaga komunikasi yang baik dan intensif.

Mitra Bisnis Bagi Pemula

cara mencari mitra bisnis

Adapun mitra dalam bisnis bagi para pemula pelaku bisnis sangat diperlukan. Karena dengan adanya mitra – terlebih jika mitra kita adalah pelaku senior dalam dunia bisnis online, maka dapat dimanfaatkan sebagai ajang pembelajaran dan mencari pendamping dalam menjalani bisnis yang berlaku semacam tutor.

Oleh karenanya, Anda perlu cermat dalam mencari mitra. Sehingga dengan demikian tujuan Anda dalam bermitra dapat tercapai.

Tujuan Bermitra

Sebelum mengupas bagaimana baiknya mencari mitra dalam menjalankan usaha bisnis, alangkah bagusnya jika mulai mengkaji dahulu apa saja yang menjadi tujuan melakukan kerjasama dengan mitra dalam menjalankan bisnis.

Berikut adalah beberapa tujuan yang mungkin diharapkan dari kerjasama dengan mitra:

  • Anda akan mendapatkan pengalaman pembelajaran bersama mitra dalam menjalani bisnis.
  • Anda akan mendapatkan tambahan ide saat akan merumuskan perjalanan bisnis.
  • Anda akan mendapatkan teman untuk mencari solusi bila menghadapi kegagalan dalam perjalanan bisnis.
  • Anda akan mudah memperluas jaringan pemasaran bisnis dengan adanya mitra.
  • Anda akan mudah mempercepat capaian bisnis karena bekerjasama dengan mitra.

Bagaimana Mencari Mitra Bisnis?

Sekiranya hal-hal tadi itulah yang menjadi tujuan Anda dalam menjalin mitra dalam berbisnis. Dengan begitu, maka Anda bisa merumuskan mitra-mitra dalam bisnis yang diinginkan adalah sebagai berikut:

  • Mitra tersebut harus terpercaya dan Anda kenal dengan baik.
  • Mitra itu memiliki visi yang kuat tentang arah bisnis yang akan dijalani bersama.
  • Mitra itu memiliki kinerja yang bagus untuk mengelola bisnis.
  • Mitra itu lebih baik yang telah memiliki pengalaman dalam dunia bisnis online.
  • Mitra itu lebih baik yang telah memiliki jaringan luas.

Dengan rumusan seperti itu, maka Anda akan mudah memilah mana yang layak untuk dijadikan sebagai mitra dalam menjalankan bisnis.

Tips untuk Memilih Mitra Bisnis yang Tepat

Memilih mitra tidak semudah memilih jambu masak, ada kiranya beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan antara lain :

1. Periksa Latar Belakang

Lakukan pengecekan menyeluruh dari pasangan calon pada tingkat pribadi dan profesional. Ini akan memberi ide yang lebih baik pada jenis orang di mana kita akan berurusan. pemeriksaan latar belakang pribadi akan membantu untuk mengetahui bagaimana dia menangani segala urusan, dan pemeriksaan latar belakang profesional akan terungkap kredibilitas profesional.

2. Stabilitas Pribadi

Adalah baik untuk memiliki pasangan yang tidak berjuang dengan membawa masalah-masalah pribadi. Jika dia stres karena masalah pribadi, ada kemungkinan bahwa dia tidak akan mampu memberikan 100% masukan yang diperlukan untuk usaha bisnis baru.

Stabilitas keuangan pribadi akan memastikan bahwa calon pasangan lebih tertarik dalam menghasilkan banyak uang. Ini juga akan mengurangi godaan untuk menipu di balik punggung Anda.

3. Visi dan Tujuan

Pasangan Anda harus menjadi orang yang percaya pada mimpi Anda. Dia harus bisa membayangkan usaha bisnis Anda dalam Anda melihatnya beberapa tahun dari sekarang.

4. Kompatibilitas Bisnis

Baik juga untuk bermitra dengan seseorang yang memiliki bidang yang berbeda keahlian bisnis, tidak dianjurkan untuk memiliki perbedaan bisnis tidak kompatibel. Gaya kepemimpinan dan metode bisnis harus kompatibel, walau belum tentu sama. Anda harus dapat memiliki hubungan kerja yang baik dengan mitra, yang tidak mungkin jika Anda akan berselisih untuk kode bisnis dan cita-cita dasar.

5. Kontribusi

Ada kemungkinan pasangan menarik diri keluar atau menjadi acuh tak acuh terhadap pengembangan usaha jika dia telah membuat kontribusi besar untuk start-up, secara finansial. Apabila hal ini tidak dimungkinkan, kontribusi bisa dalam hal sumber daya (lokasi, infrastruktur) atau jaringan bisnis yang kuat.

6. Etika dan Integritas

Orang yang etis dalam tindakan dan mampu membawa dirinya dengan integritas dalam kehidupan ini setiap aspek, tidak akan meninggalkan Anda tanpa alasan yang sah. Juga, orang seperti itu akan lebih mudah untuk di percaya dan akan menginspirasi pekerjaan.

7. Exit Strategi

Meskipun kedengarannya pesimis untuk berpikir tentang kegagalan ketika memulai bisnis baru, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap bisnis tidak dijamin berhasil. Sama saja bersiaplah untuk jatuh sebelum jatuh dari tebing lebih tinggi lagi, lebih baik untuk memiliki strategi keluar di tempat sebelum mencapai jalan buntu. Salah satu alasan untuk melakukan ini adalah karena, jika Anda menghadapi kegagalan, Anda dan pasangan Anda tidak akan berpikiran jernih

8. Periksa Skenario Kasus Terburuk

Beberapa skenario yang tampaknya pesimis lain yang Anda harus siap untuk adalah, kesehatan, mendadak sakit, tarik keluar atau keadaan karena yang dia akan mampu untuk melanjutkan usaha bisnis. Hal-hal ini harus dibuat eksplisit sehingga salah satu pasangan tidak tersisa terdampar sendirian dengan tanggung jawab seluruh bisnis. Utang, perpisahan atau kematian adalah hal-hal lain yang harus siap untuk diatasi.

9. Atribut Pribadi dan Keyakinan

Pilih mitra yang atribut pribadi nya cocok dengan Anda (bahkan jika mereka bukan bagian dari kepribadian yang identis) dan meskipun itu tidak wajib untuk memiliki pasangan yang percaya pada hal-hal yang sama yang Anda lakukan, itu bermanfaat untuk kasih ritme dengan seseorang yang keyakinan setara dan tidak memandang rendah.

Pertanyaan untuk Calon Mitra Bisnis

Dibutuhkan bertahun tahun, seringkali seumur hidup, untuk benar-benar memahami seseorang tetapi masih tidak pernah ada jaminan bahwa Anda mengenal seseorang luar dalam. Untuk membantu Anda menilai calon potensial dan meletakkan dasar yang kuat bagi kemitraan yang langgeng dan sukses, ada beberapa pertanyaan yang perlu mendapatkan jawaban yang jelas dan memuaskan dan harus dikeja isinya.

  1. Metode apa kompensasi yang dia harapkan dan apa yang akan adil baginya?
  2. Apa harapan dari usaha bisnis - itu hanya sebuah kerinduan atau kebutuhan?
  3. Apa yang harus dilakukan dengan keuntungan - saham atau menginvestasikan kembali?
  4. Bagaimana mengelola stres dan poin terendah dari bisnis?
  5. Apa kekuatan dan kelemahan nya?
  6. Apa batas dan keterbatasan nya?
  7. Apa tingkat toleransi nya?
  8. Untuk apa dia bersedia untuk lebih jauh untuk membuat usaha bisnis dan kemitraan sukses?
  9. Apa contingency plan kalau usaha atau kemitraan gagal?
  10. Dalam kasus kebuntuan, yang akan memiliki kata terakhir dan bagaimana seharusnya itu ditentukan?

Nah, memilih mitra bisnis tidak semudah memilih jambu matang. Untuk lebih jelasnya, Anda sebaiknya berkonsultasi langsung dengan ahlinya untuk mencari mitra bisnis ini.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.