-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di Android

Tidak banyak orang yang menampilkan semua aplikasi-aplikasi yang mereka install di layar ponsel atau smartphone atau tablet android miliknya. Kadang-kadang mereka dengan sengaja memindahkan aplikasi guna membersihkan tampilan layar utama (homescreen) untuk beberapa waktu  atau dengan sengaja disembunyikan karena masalah privasi.

Aplikasi tersembunyi di HP Android memang bukan suatu hal yang harus kamu khawatirkan, namun disaat kamu harus mengelola dan mengecek ponsel anak, istri, suami atau bahkan siswa, maka kamu harus tahu aplikasi apa saja yang mereka install dan gunakan?

Berikut ini adalah beberapa cara paling mudah untuk mencari dan menemukan aplikasi tersembunyi di smartphone atau tablet Android yang wajib kamu ketahui :

Memperhatikan Setiap Folder dan Tampilan Layar Android

Umumnya, smartphone atau tablet dengan sistem operasi android itu mempunyai tampilan layar utama (home screen) yang memanjang secara horizontal atau vertikal yang bisa kamu lihat saat pertama kali kamu mengaktifkan/menghidupkannya.

Nah, bagian lainnya dari layar utama ini sering digunakan oleh sebagian besar pengguna untuk mengurutkan aplikasi-aplikasi dan juga widget ke dalam grup yang mana hal ini bisa menyembunyikan aplikasi tertentu dari penglihatan mata kamu, lho!

Nah, kalau kamu ingin melihat detail semua bagian layar utama di ponsel pintar atau tablet android, maka kamu cukup menggeserkan layar ke arah kiri dan kanan atau atas bawah dengan menggunakan jari kamu.

Cara alternatif lainnya untuk menyembunyikan aplikasi ialah dengan menyimpannya di dalam folder yang berisi sederetan aplikasi (grup).

Folder ini akan terlihat di homescreen (layar utama) dan kelihatannya seperti koleksi 4 aplikasi saja, padahal ketika dibuka folder tersebut akan terlihat sejumlah aplikasi yang sudah kamu sembunyikan sebelumnya.

Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Laci Aplikasi

Mencari aplikasi tersembunyi dengan melihat-lihat di layar awal smartphone android adalah suatu awal yang baik, hanya saja kamu tetap tidak akan bisa menemukan aplikasi yang terpasang di HP Android tersebut secara penuh.

Untuk melihat semua daftar aplikasi yang terinstal secara lengkap, kamu harus membuka yang namanya laci android dengan cara ketuk ikon yang berada di tepi layar bagian bawah (* ikon mirip lingkaran yang memiliki 6 (enam) titik di dalamnya).

Selanjutnya, kamu akan melihat daftar keseluruhan aplikasi yang terpasang di smatphone tersebut yang mana sudah diurutkan berdasarkan abjad (A-Z).

Secara umum, sebagian besar aplikasi di ponsel android akan ditampilkan, namun mungkin saja ada beberapa aplikasi yang masih tersembunyi. Nah, untuk menampilkan aplikasi tersembunyi lainnya kamu cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di laci aplikasi, silakan kamu klik ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas layar.
  2. Kemudian klik opsi sembunyikan aplikasi.
  3. Selanjutnya, kamu akan melihat daftar aplikasi apa saja yang sudah dipilih oleh pemilik smartphone untuk disembunyikan.
  4. Jika daftar tersebut kosong, itu artinya pengguna tidak menyembunyikan aplikasi apapun.

Cara Melihat Aplikasi Tersembunyi di Pengaturan

Untuk melihat semua aplikasi yang terpasang di gadget android, kamu juga bisa mencarinya melalui menu pengatuaran aplikasi. Untuk melihatnya, kamu cukup ketuk menu Setting (ikon gerigi), ketuk opsi Aplikasi atau Apl, kemudian klik lihat semua aplikasi yang terpasang.

cara menampilkan aplikasi tersembunyi di android

Periksa Juga Aplikasi Trick Android 

Sangat disayangkan, jika kamu hanya melihat ikon dan nama aplikasi saja mungkin saya rasa itu belum cukup untuk mengetahui apa yang sebenarnya ada di HP Android tersebut.

Pasalnya, sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi di Google Play Store atau sumber tidak dikenal lainnya yang mana hanya terlihat seperti satu jenis aplikasi saja namun ternyata sudah didesain secara khusus untuk menyembunyikan aplikasi, gambar, video, dan file lainnya.

Salah satu aplikasi yang saya maksudkan di atas adalah Smart Hide Calculator, aplikasi ini memang terlihat dan memiliki fungsi layaknya kalkulator, namun siapa sangka kalau aplikasi ini juga menyediakan penyimpanan UI.

Jadi, ketika pengguna atau siapa saja yang membuka aplikasi ini maka akan tampil seperti kalkulator. Hanya saja ketika pengguna memasukkan PIN (kode rahasia), maka kalkulator tersebut akan berubah menjadi layaknya File Manager, lho!

Nah, untuk memeriksa identitas asli dari setiap aplikasi yang terpasang di smartphone Android, coba deh kamu lakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Tekan dan tahan pada ikon aplikasi yang akan kamu cek sampai muncuk menu kecil.
  • Kemudian kamu akan melihat lingkaran kecil di sebelah ikon pensil, silakan klik opsi "i"(tanpa tanda kutip).
  • Selanjutnya, kamu akan melihat halaman yang mendeskripsikan tentang aplikasi, ukuran, sampai izin yang diminta oleh aplikasi tersebut.
  • Klik opsi Detail aplikasi.
  • Lalu kamu akan dialihkan ke halaman aplikasi di Google Play Store. Nah, kamu bisa melihat detail dan kegunaan yang sebenarnya dari aplikasi tersebut di sana.

Jangan Lupa Periksa Juga Tentang Aplikasi Web

Saat ini, tidak sedikti perusahaan yang menciptakan sebuah aplikasi dengan fitur penuh di situs web mereka, jadi pengguna tidak harus mengunduh dan memasang aplikasi untuk bisa mengaksesnya.

Salah satunya seperti aplikasi Facebook, Instagram yang sangat fleksibel dan fungsional alias bisa digunakan di aplikasi dan juga di browser seperti Google Chrome, Edge, Mozilla Firefox, Brave, Opera Mini, dan lain-lain.

Untuk mengecek apakah si pengguna smartphone sudah mengakses website tertentu, kamu bisa membuka web browser di HP Android dan kemudian periksa riwayat atau history browsernya.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.