-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Aplikasi Browser Terbaik untuk TV Android Kamu

Saat ini, kamu tidak hanya bisa memanfaatkan aplikasi browser TV android untuk menonton acara televisi dan film-film favorit kamu dari Amazon Prime Video dan Netflix, menonton video yang tersimpan di media lokal seperti halnya VIU, Kodi, ataupun Plex, dan kamu uga bisa mengalihkan game komputer ke layar TV milik kamu di rumah.

Akan tetapi, TV Android kamu juga bisa dipakai untuk berselancar atau browsing web, lho! Sayang sekali, belum ada browser yang telah kamu pasang (install) pada versi sistem operasi yang kamu gunakan.

Daftar Browser for Android TV Terbaik

Lantas, browser mana saja yang notabenya terbaik untuk Android TV? Nah, berikut di bawah ini Ilyasweb akan mencoba memberikan beberapa pilihan Browser for android TV terbaik.

1. Puffin TV Browser

puffin tv browser

Tidak sedikit browser android TV yang memang tidak berfungsi dengan remote gadget kamu. Kamu diharuskan untuk memakai kontrol game ataupun aplikasi smartphone untuk mengoperasikan alias menavigasi di sekitaran aplikasi.

Oleh sebab itu, Ilyasweb memulainya dengan aplikasi web browser android tv yang pertama bernama Puffin TV Browser. Aplikasi yang satu ini sangat work dengan remote default TV Android milikmu.

Puffin TV Browser mempunyai versi yang didesain secara khusus untuk kotak android TV. Jadi, bukan hanya aplikasi android seluler saja yang bisa dipakai ulang, melainkan antarmuka (UI) juga dibuat seringan mungkin agar mudah dan cepat digunakan.

Fitur unik lainnya juga ada kode QR yang berfungsi untuk menambahkan situs web favorit kamu ke aplikasi dan juga adanya dukungan Adobe Flash Player sewaktu-waktu kamu membutuhkannya.

Oiya, server browser android TV ini berpusat di Amerika Serikat (U.S.A), jadi kamu akan melihat semua situs versi dari negara tersebut.

2. Google Chrome  

browser android tv

Jujur, saya sangat heran sekali kenapa Google Chrome tidak bisa dipasang pada sistem operasi (OS) Android TV sebelumnya.

Namun yang lebih mengherankannya lagi, bahwasanya tidak ada aplikasi ini versi dari aplikasi android TV bawaan dan bahkan tidak tersedia juga di Android TV Play Store, lho!

Akan tetapi, rasa heran tersebut tidak bisa menghalangi niatan saya untuk memasang aplikasi browser Google Chrome di Android TV milik saya.

Kamu bisa mengunduh dan install aplikasi Chrome di kotak TV Android menggunakan versi Web Play Store. Bahkan di beberapa kasus gadget, kamu bisa langsung memasang aplikasi tersebut dengan hanya memakai perintah suara saja.

Menggunakan apliasi Google Chrome di TV Android memang mengundang pro dan kontra. Di sisi lain kalau saja kamu adalah pengguna browser Chrome yang sudah ada, maka kamu bisa mempunyai akses penuh ke semua bookmark, riwayat/history, dan juga beberapa konten yang sudah kamu sinkronisasikan dengan akun Google milikmu.

Sedangkan di sisi lain yang menjadi kontra-nya adalah mungkin saja chrome ini tidak bisa berfungsi dengan remote android TV yang ada, yang mana akan membuatnya sedikit lebih canggung.

3. Mozilla Firefox 

mozilla firefox browser

Firefox adalah salah satu peramban desktop dan juga browser seluler yang sudah terkenal dan bisa kamu sideload ke gadget android TV milikmu.

Sama halnya seperti Google Chrome, tidak tersedia juga Firefox TV versi android TV yang di desain secara khusus. Tidak ada kehadirannya di Google Play TV Android karena persyaratan Google yang sangat ketat.

Pengguna android TV yang menggunakan Mozilla Firefox sering merujuk pada ekstensi sebagai salah satu fitur yang kaya akan manfaat dari aplikasi ini. Berbeda dengan Chrome, dimana semua exstensi hampir bisa berfungsi pada platform Android TV milikmu.

Banyak pengguna yang berpendapat kalau streaming video di YouTube itu lebih cepat ketika sedang menggunakan Mozilla Firefox ketimbang menggunakan aplikasi YouTube resminya. Bagaimana pendapat kamu, guys?

4. TVWeb Browser  

browser for android tv

TVWeb Browser merupakan aplikasi yang dirancang secara khusus oleh sang developer untuk dioperasikan pada gadget Android TV, mirip banget dengan aplikasi TV Puffin.

Navigasi pada aplikasi ini sangat sederhana dan simpel sekali. Di bagian sisi kiri. kamu bisa menemukan akses ke mesin pencari favorit kamu (Google, Yahoo, Bing, Yandex, dan lain-lain), Bookmark, dan juga menu Settings.

Jika dilihat dari segi fitur, Browser TV Web ini juga menawarkan pencarian berbasis suara, akses ke history atau riwayat penelusuran kamu, bookmark, search engine yang bisa kamu sesuaikan, dan juga ada petunjuk mouse ang bisa kamu kendalikan dengan remote TV Android bawaan.

Dalam hal fitur, Browser TVWeb menawarkan pencarian suara terintegrasi, bookmark, akses ke riwayat penelusuran Anda, pengalihan Agen Pengguna, mesin pencari yang dapat disesuaikan, dan penunjuk mouse di layar yang dapat Anda kendalikan dengan remote TV Android biasa.

5. Browser Web untuk TV Android  

Terakhir ada browser web yang digadang-gadang bisa fipakai di Android TV ini layak kamu pertimbangkan juga untuk menginstall-nya.

Ya, meskipun aplikasi ini tidak mempunyai navigasi sehalus seperti pada TVWeb Browser dan juga Puffin TV Browser, akan tetapi aplikasi ini bisa menjadi pilihan alternatif jika saja salah satu alat pengendali kamu hanya remote TV standar.

Salah satu fitur yang tersedia pada web browser android tv yang satu ini adalah adanya dukungan layar penuh berbasi HTML5 dan juga fitur bookmark yang bisa kamu sesuaikan sendiri.

Download: Browser Web untuk TV Android (Gratis)

Cara Alternatif untuk Menjelajahi Web di TV Android 

Jika saja ke-lima aplikasi peramban di atas tidak/kurang memadai untuk kebutuhan kamu, berikut ini saya sediakan juga beberapa aplikasi alternatif yang tersedia untuk Android TV milikmu.

1. GameStream  

Kalau kamu mempunyai NVidia Shield (Nvidia Shield merupakan salah satu kotak terbaik untuk memangkas kabel), kamu juga bisa menggunakan fitur dari GameStream untuk mengakses perangkat desktop Windows kamu dan kamu bisa bebas menggunakan software browser apa saja yang terpasang di laptop atau komputer kamu.

Proses yang satu ini memungkinkan GameStrem untuk menambahkan game apa saja secara manual melalui sebuah aplikasi GeForce Experience pada Desktop PC kamu.

Kalau saja kamu menambahkan C:\Windows\System32\mstsc.exe (Remote Desktop Connection), kamu bisa melihat desktop PC kmau hanya dengan hitungan detik saja, lho!

Tentunya kamu juga harus menggunakan remote Android TV sebagai mouse-nya, yang mana itu akan sangat membosankan.

Namun, kalau saja kotak Android TV kamu mendukung, kamu sebenarnya bisa menggunakan mouse yang support Bluetooth, lho!

2. Chromecast 

Kotak Android TV hadir dengan membawakan teknologi Chromecast default. Jadi, kamu bisa memakai Chromecast ini untuk mengalirkan layar komputer kamu ke televisi dan kamu juga bisa menggunakan browser yang terpasang pada desktop PC kamu.

Salah satu kelemahan saat menggunakan Chromecast adalah sering mengalamu lag saat mengakses browser di Android TV. Jadi, aplikasi Chromecast ini sangat tidak cocok sekali untuk mengerjakan tugas, tetapi kalau untuk masalah streaming video sudah sangat work, lho!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.