-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis di Internet itu Ternyata Gampang Banget, Lho!

Bisnis di internet mungkin tak pernah terbayangkan sebelumnya di benak Anda. Jangankan untuk menghasilkan uang dari usaha di internet, untuk membuka email saja mungkin banyak dari Anda yang masih gaptek alias gagap teknologi.

Bisnis di Dunia Maya

bisnis di internet

Apa itu bisnis di dunia maya? Apakah benar dapat menghasilkan uang secara cuma-cuma? Bagaimana dengan sebagian orang yang masih tergolong gaptek tadi? Terus yang lebih penting berapa rupiah yang harus Anda keluarkan disaat memutuskan untuk memulai menjalankan bisnis ini?

Sebagaimana mafhum, bahwa kondisi antarnegara (transnasional) seakan tak berjarak lagi dengan kehadiran teknologi bernama internet. Seseorang yang berada di Antartika, Brazil, atau New Zealand misalnya, dengan mudah dan cepat bisa berkomunikasi dengan Anda yang berada di Jakarta karena bantuan fasilitas internet.

Sekat-sekat yang awalnya menghalangi orang perorang untuk saling berinteraksi semakin terhapus oleh kecanggihan teknologi. Tidak hanya itu, dengan teknologi ini kita pun bisa berbisnis di internet.

Berbisnis di intenet tentu berbeda dengan bisnis di dunia nyata (offline). Meski begitu, bisnis ini tetap ada kelebihan dan kekurangannya. Tinggal bagaimana Anda bisa me-manage bisnis online tersebut sehingga bisa menghasikan banyak uang.

Telah banyak orang yang berhasil membuktikan mendapatkan limpahan rezeki dari ketekunannya berbisnis secara online. Sebut saja misal Anne Ahira yang mempunyai AsianBrain.com sebagai perusahaan yang bergerak di bidang marketing online. Hebatnya lagi, AsianBrain.com mampu membuktikan keunggulannya sebagai internet marketer terbaik di Indonesia, dan terkemuka di dunia.

Oleh karenanya, Anda pun bisa belajar di Ilyasweb untuk mengetahui bagaimana trik dan tips berbisnis di internet. Salah satu keuntungan dengan berbisnis di internet adalah waktu yang efisien dan modal yang diperlukan tak terlalu besar.

Dengan bisnis seperti ini tak mesti Anda bertatap muka secara langsung dengan klien karena semua itu bisa dilakukan secara online (chatting, facebook, email, twitter, dsb). Modal yang diperlukan pun terhitung nyaris zero capital (tanpa modal) karena tidak memerlukan fasilitas kantor, gudang, dsb layaknya berbisnis secara offline.

Trik Berbisnis di Internet

Lakukan survey, baik online maupun offline. Langkah ini akan sangat membantu untuk menentukan jenis bisnis apa yang akan Anda geluti. Jika memungkinkan, bisnis yang akan dijalani sesuai dengan hobi atau kesenangan Anda.

Misal, Anda senang menulis, maka peluang usaha membuka sekolah menulis secara online bisa dilakukan. Atau jika senang olahraga, main game, pemusik, Anda bisa berbisnis yang ada kaitannya dengan hobi tersebut. Ingat, berbisnis sesuai dengan yang kita senangi tak akan terasa jenuh dan dipaksakan. Dan itu sangat mendukung kelangsungan bisnis online Anda.

Jika berniat untuk membuat produk sendiri, maka tentukan produk tersebut secara spesifik dengan pangsa pasar yang jelas. Jika Anda tidak mempunyai produk sendiri maka Anda bisa mengikuti program afiliasi, yakni ikut memasarkan produknya orang lain sehingga nantinya akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dilakukan.

Banyak platform yang mempunyai program semacam ini dengan nilai komisi yang menjanjikan. Disamping itu, AsianBrain.com juga membuka kesempatan bagi Anda untuk menjadi seorang pebisnis online yang handal dengan mendaftar menjadi muridnya.

Lakukan promosi secara masif dna menarik. Masif disini yakni Anda harus mengikuti banyak milis, group, atau perkumpulan online apapun untuk mengenalkan produk Anda kepada mereka. Tapi ingat, jangan terlalu dilebih-lebihkan, atau bahkan sampai melakukan pembohongan karena jika hal itu dilakukan maka Anda tidak akan dipercaya klien-klien Anda lagi. Itu berarti, bisnis Anda sulit untuk berkembang.

Terapkan rumus konsisten dan komitmen tinggi, terutama ketika bisnis Anda belum jua membuahkan hasil. Anda harus tahu, bahwa seandainya saja Thomas Alva Edison berhenti dipercobaan yang ke-999, mungkin ia tak akan disebut sebagai penemu bola lampu karena ia justru berhasil di percobaannya yang ke-1000.

Jadi, seorang pebisnis harus mempunyai mental petarung yang tangguh, konsisten, dan sulit sekali berputus asa. Keep your spirit.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis di Internet

Bisnis online ada banyak macamnya, yakni toko online, adsense, pay per click, affiliate marketing dan lain sebagainya. Tergantung jenis bisnis mana yang cocok bagi seseorang dalam memulai usahanya. Bisnis di internet memang menghilangkan beberapa kesulitan berbisnis seperti di dunia nyata, kelebihannya antara lain:

1. Tidak butuh tempat yang luas

Cukup dengan memiliki blog atau situs di dunia maya maka itu seolah-olah kita telah mendirikan sebuah toko yang dapat menampung jumlah pengunjung yang banyak. Tidak seperti bisnis di dunia nyata yang membutuhkan tempat seperti ruko atau kios untuk dapat menampung barang dan pengunjung. Bila ruang kios kecil maka barang dagangan yang dapat dijual juga akan terbatas.

Berbeda dengan toko online dan sejenisnya, dengan mempunyai website maka kita dapat menampilkan sebanyak-banyak barang dan jasa yang ingin ditawarkan kepada pembeli atau pengunjung. Maka selain memiliki sebuah website, seorang pengusaha online hanya cukup menyediakan ruang atau gudang di rumahnya untuk menyimpan barang dagangan.

2. Cepat dan praktis

Ini merupakan kelebihan utama dari usaha di dunia maya, yaitu kecepatan dan kepraktisan yang ditawarkannya. Seseorang yang ingin mendapatkan barang, saat ini hanya memerlukan beberapa klik dan ketikan maka barang akan sampai ke alamat rumahnya dalam hitungan hari saja. Dengan begitu dia tidak perlu lagi melakukan aktivitas berbelanja di pasar atau market di kotanya, cukup dengan duduk manis di depan laptop dan komputer.

Praktis di sini dapat dimaknai dari kemudahan transaksi, yakni di internet proses tawar-menawar biasanya jarang terjadi. Terutama pembelian di toko online, karena memang harga sebuah barang dan jasa sudah tertera. Boleh saja Anda menawar di internet, karena memang menawar di internet tida sesulit di pasar nyata. Anda akan menuliskan harga yang diinginkan dan penjual menerima atau tidak selanjutnya.

3. Modal relatf lebih kecil

Membangun bisnis di dunia maya membutuhkan dana yang relatif kecil daripada di dunia nyata, misalnya terpangkasnya biaya sewa ruko atau kios. Karyawan yang hanya sedikit, atau bahkan pengusaha sendiri yang mengelola bisnisnya. Karena karyawan di toko online cukup satu orang saja, berbeda dengan toko sebenarnya yang memerlukan banyak karyawan saat pengunjungnya mulai ramai. Otomatis biaya operasional bulanan bisnis online lebih murah daripada bisnis sebenarnya.

Di internet tersedia banyak produsen dan supplier yang siap untuk kita hubungi, dan meminta kepada mereka agar dapat menitipkan barang kepada kita. Atau dengan kata lain menjadi seorang agen atau self marketing dari produk perusahaan lainnya. Ini tentunya akan menghemat ongkos produksi sebuah barang, karena memang tugas pengusaha hanya sebagai penjual bukan sebagai produsen

Namun perlu diingat bahwa ada beberapa kekurangan bisnis online, yakni pembeli tidak dapat bertatap muka langsung dengan penjual. Aktivitas penipuan dapat terjadi, tetapi perkembangan bisnis online di Indonesia sudah cukup membaik. Dan para penipu mulai tergeser dengan keberadaan para pengusaha online yang jujur dan profesional. Selamat berbisnis di dunia maya!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.