-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bank BCA: Sudah Layak Dijuluki Bank Teknologi?

Bank Central Asia pada saat ini dikenal sebagai bank yang mengedepankan teknologi. Kemajuan dunia teknologi, dimanfaatkan oleh bank ini sebagai garda depan pelayanan kepada nasabah. Sehingga nasabah benar-benar diberikan kemudahan pilihan pelayanan sesuai dengan kebutuhan mereka.

bank bca

Sejak tahun 90’an, Bank Central Asia sudah mulai memperkenalkan teknologi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) kepada nasabahnya. Meskipun pada saat itu kebutuhan ATM belum terlalu tinggi, namun nasabah sudah mulai diberikan edukasi dan diperkenalkan tentang teknologi tersebut.

Walaupun penerapan strategi ini sempat mendapat sikap pesimis dari bank pesaing, namun usaha pengedukasian pasar tersebut tetap dilaksanakan.

Bank Teknologi

Julukan sebagai Bank Teknologi, layak disematkan kepada Bank Central Asia. Betapa tidak, setiap ada kemajuan teknologi terbaru selalu diadopsi dalam aktivitas dunia perbankan. Tujuannya hanyalah untuk memanjakan nasabahnya.

Seperti ketika mesin ATM mulai dikenal di Indonesia, BCA termasuk sebagai salah satu bank yang agresif dalam menerapkan teknologi ini. Di setiap cabang BCA, selalu disediakan mesin pengganti tenaga teller ini.

Bahkan kini, di setiap tempat strategis selalu tersedia minimal 1 box mesin ATM agar mudah dijangkau oleh nasabah BCA yang membutuhkan transaksi tarik tunai uang kapan saja.

Pun ketika era telepon selular mulai menjadi bagian kehidupan masyarakat. BCA mulai mempopulerkan transaksi dengan bantuan telepon genggam tersebut. Fasilitas ini dikenal dengan nama M-banking atau mobile banking.

Dimana setiap nasabah memiliki kesempatan untuk bertransaksi melalui telepon genggam mereka. Baik untuk sekadar melihat saldo tabungan atau juga transfer dan aktivitas pembayaran tagihan yang bisa dilakukan hanya dengan jari tangan saja.

Makin majunya internet pun kini dijadikan sebagai media untuk memperlancar transaksi nasabah. Layanan e-banking bisa diakses nasabah dengan masuk situs yang disediakan oleh BCA. Dengan menggunakan akses klikbca.com, seseorang sudah bisa bertransaksi melalui dunia maya.

Dan kini, BCA pun melebarkan jaringannya hingga ke daerah yang belum terjangkau. Tanpa perlu ada ATM, seseorang bisa mengambil uang tunai sambil berbelanja di toko retail seperti Indomaret dan Alfamart yang keberadaannya sudah merambah hingga ke wilayah pedesaan. Inilah yang menyebabkan peningkatan nasabah BCA setiap waktu, mengingat beragam kemudahan yang ditawarkannya.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.