-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Transaksi Debet di Rekening BRI?

Kamu pasti pernah mendapatkan email atau SMS notifikasi dari pihak Bank BRI yang menerangkan kalau telah terjadi transaksi debet pada rekening kamu? Lantas, apa itu transaksi debet di rekening BRI?

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu perusahaan persero milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sekarang ini sudah menerapkan sebuah fitur notifikasi melalui SMS dan juga email untuk setiap nasabahnya jika saja terjadi transaksi di rekening tabungan miliknya.

Fungsi dan kegunaannya adalah untuk memberikan informasi detail secara realtime kepada setiap nasabah, sehingga mereka akan langsung sigap jika ada saja terjadi adanya indikasi penyalahgunaan rekening.

Misalnya disaat nasabah baru saja melakukan transfer uang, pembayaran, atau penarikan uang tunai di ATM, maka beberapa saat setelah transaksi tersebut berhasil, pihak bank BRI akan secara otomatis mengirim pesan SMS notifikasi yang berisi detail nominal saldo lengkap, detail transaksi beserta waktunya.

Nah, bagaimana jika nasabah bank BRI menerima SMS notifikasi yang menyatakan sudah terjadi transaksi debet pada rekening tabungan miliknya?

apa itu transaksi debet di rekening bri

Transaksi debet BRI maksudnya adalah sudah terjadi transaksi keluar dari rekening tabungan nasabah, contohnya ada transfer saldo, pembayaran, tarik tunai di ATM, dan sejumlah transaksi lainnya.

Jadi, jika kamu menerima SMS notifikasi seperti ini dan padahal kamu tidak melakukan transaksi apapun, maka sebaiknya kamu segera hubungi Customer Service melalui Call Center Bank BRI atau untuk lebih lengkapnya kamu bisa melakukan konfirmasi secara langsung di kantor cabang Bank BRI terdekat.

Mohon diperhatikan juga, jika kamu menerima notifikasi apa saja melalui SMS atau Email terkait Bank BRI, maka jangan pernah sesekali kamu memberikan informasi riskan seperti Password, PIN, OTP, atau kode keamanan lainnya (*selain transaksi yang memang sedang kamu lakukan).

Pasalnya, saat ini begitu banyak sekali kasus penipuan dengan modus mengirim pesan SMS seputar perbankan kepada nasabah yang mana si penipu akan meminta nasabah untuk menyerahkan kode PIN, Password, CVV, CVV2, atau keamanan lainnya.

Kesimpulannya, jika kamu menerima SMS notifikasi mengenai transaksi debet yang memang tidak kamu kenal alias kamu tidak pernah melakukan transaksi tersebut, maka segeralah untuk menghubungi pihak bank BRI, baik itu melalui Call Center atau datang langsung ke kantor cabang Bank BRI terdekat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.