-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Mencuci Karpet Dengan Bersih

Kegiatan mencuci memang sangat membosankan bagi sebagian orang, terutama ketika mencuci karpet. Bukan hanya karena karpet susah kering saat dijemur saja, namun kalau saja tidak benar dalam proses pencuciannya, maka karpet tersebut masih memiliki noda yang sangat banyak.

Nah, untuk menghindari hal itu, dalam artikel ini Ilyasweb akan memaparkan sedikit bagaimana cara mencuci karpet yang baik dan benar di rumah agar benar-benar bersih dari noda. Yuk, kita simak sama-sama ulasannya di bawah ini.

cara mencuci karpet

Karpet memang merupakan salah satu dari sekian banyaknya perabotan rumah yang mampu membuat kita malas jika sudah kotor. Karpet yang sudah kotor sendiri akan menampung banyak sekali debu dan kotoran yang bisa menyebabkan alergi hingga gangguan pernafasan.

Jika menggunakan jasa orang lain, biaya untuk mencuci satu buah karpet saja sudah lumayan mahal, lho! Jadi, satu-satunya solusi untuk menghemat dana adalah kamu harus mencucinya sendiri di rumah.

Baiklah, berikut di bawah ini adalah langkah demi langkah cara sederhana mencuci karpet agar bersih, kinclong dan sama sekali tidak bau apek.

Bersihkan karpet terlebih dahulu sebelum mencucinya

Mencuci furniture ataupun barang apa saja yang penuh dengan debu dan kotoran secara langsung menggunakan air merupakan salah satu hal yang harus kamu hindari, lho!

Sebab, jika kamu mencucinya secara langsung tanpa membersihkannya terlebih dahulu, maka sama saja dengan kamu meratakan kotoran/debu yang menempel tersebut dan sudah tentu akan membuatnya sangat susah untuk dicuci.

Jadi, mulai sekarang usahakan untuk selalu membersihkan karpet terlebih dahulu dari debu-debu dan kotoran yang menempel dengan penebah atau mesin penyedot debu  sebelm kamu mencucinya dengan air.

Cucilah karpet dengan cara digantung

Cara mencuci karpet dengan metode dibentangkan akan membuat kotoran tidak bersih secara merata, karena air bersih tersebut tidak mengalir secara baik dan benar.

Mulai sekarang, coba kamu gantung karpet milikmu dengan menggunakan tali yang membentang seperti ketika kamu akan menjemur sebuah pakaian.

Metode mencuci karpet dengan cara digantung ini sangat efektif sekali karena air dan kotoran-kotoran akan bebas mengalir ke bawah dan terbuang.

Selain akan membuat karpet kamu lebih bersih, cara yang satu ini juga akan meringankan kamu untuk menjemur karpet tersebut, lho!

Gunakan sabun khusus untuk cuci karpet

Karpet terbuat dari material atau bahan yang berbeda dengan pakaian yang sering kita gunakan sehari-hari. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan sabun cair atau deterjen yang khusus untuk mencuci karpet, ya!

Bilas karpet lebih dari dua kali

Sesudah kamu menggosok karpet secara lembur sampai bersih mulai dari ujung satu ke ujung yang lainnya, silakan kamu bilas juga busa karpet sebanyak 2 kali.

Gunakan juga penyemprot air agar hasil cucian karpet kamumenjadi lebih bersih dan tidak akan meninggalkan busa pada permukaannya.

Oiya, jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan celah-celah kecil misalnya pada setiap sudut jahitan yang umumnya menjadi sarang kotoran.

Tambahkan baking soda sebelum karpet digunakan kembali

Salah satu tips rahasia agar karpet yang kamu cuci terhindar dari bau apek adalah jangan langsung menggulung karpet ketika karpet kamu sudah dijemur sampai kering.

Coba deh kamu taburkan dulu baking soda secukupnya pada permukaan karpet kamu agar terhindar dari yang namanya bau apek.

Kemudian kamu tunggu beberapa menit, lalu bersihkan kembali baking soda tersebut dengan menggunakan alat/mesin penyedot debu dan kotoran.

Semoga bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.