-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suzuki XL7 Buatan Indonesia Dipasarkan Di Thailand

suzuki xl7

Nampaknya Suzuki XL7 tidak hanya mengisi pasar otomotif tanah air. Suzuki XL7 baru-baru ini dikabarkan telah memasuki pasar otomotif Thailand dan berhadapan langsung dengan Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cruz.

Suzuki Thailand akan memasarkan XL7 yang merupakan perakitan dari Cikarang Indonesia. Di Thailand, Suzuki XL7 diberi slogan sebagai 'Crossover multi-dinamis'. Dikatakan Suzuki, XL7 yang dirakit di Cikarang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nasional tetapi juga untuk kebutuhan ekspor.

Mesin Suzuki XL7

Suzuki XL7 yang dipasarkan di Thailand sama dengan yang ada di Indonesia memakai mesin K15B berkapasitas 1500cc yang sama dengan yang digunakan Ertiga. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 104.7 PS dan torsi 138 Nm. Mesin VVT ini dipadukan dengan transmisi otomatis empat percepatan dan menyalurkan tenaga ke roda depan berukuran 16 inci.

Performa Mesin Suzuki XL7

Dengan mesin yang sama, karakter mesin yang terasa pada Suzuki XL7 tentu sama dengan Ertiga. Memang, ground clearance dan permukaan depan yang berbeda akan memberikan nilai aerodinamik yang berbeda. Namun, perbedaan ini tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam kinerja dan efisiensi

Spesifikasi Suzuki XL7

Beralih ke spesifikasi Suzuki XL7, adapun spesifikasinya antara lain: panjang 4.445 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.710 mm, jarak sumbu roda 2.740 mm, dan ukuran roda 185/65 R15. Suzuki XL7 juga memiliki bumper depan yang didesain ulang, selain tampilan yang lebih berkarakter juga menonjolkan tampilan Suzuki XL7 yang tajam dan agresif.

Pada bagian tengah bawah bumper depan terdapat skid plate, dan di bagian pinggir terdapat rumah fog lamp berwarna hitam yang semakin berkesan dengan kekokohannya.

Seperti dilansir Paultan, mesin XL7 telah mengalami penyempurnaan yang membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Selain itu, anti-roll bar dibuat lebih besar.

Suzuki XL7 awal kali diluncurkan di Indonesia pada Februari 2020. Sebenarnya Suzuki XL7 di Indonesia mirip dengan yang pertama kali dipasarkan oleh Maruti Suzuki India. Nama XL7 artinya Extra Large 7 seater. Tentunya hal ini menjadi daya tarik bagi konsumen yang menginginkan mobil dengan tampilan ala SUV namun tetap nyaman dan fungsional ala MPV.

Suzuki XL7 didasarkan pada Suzuki Ertiga. Meski memiliki basis yang sama, namun XL7 memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Perbedaan tersebut terlihat dari ubahan eksterior dimana Suzuki XL7 terlihat lebih kekar dan lebih menyerupai SUV. Tak hanya itu, dari segmennya yang juga berbeda, Ertiga fokus masuk ke segmen Low MPV sedangkan XL7 mengisi pasar SUV.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.