-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pro dan Kontra Penggunaan Aplikasi Video Call Random

Bertemu dengan teman baru lewat online? Ini adalah hal biasa yang kini banyak dilakukan hampir semua orang salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi gratis untuk video call random. Banyak yang memanfaatkan aplikasi video call random karena tidak banyak teman atau keluarga untuk diajak bicara. 

Ada beberapa alasan mengapa aplikasi sejenis ini begitu banyak digunakan. Pertama untuk mencari teman karena sedikit waktu yang dimiliki untuk bersosialisasi. Dengan aplikasi ini beberapa orang bisa merasakan bagaimana pengalaman berbicara dengan teman. 

Kedua kebanyakan orang Indonesia memanfaatkannya sebagai media untuk belajar. Maklum banyak orang yang kurang bisa praktek bahasa Inggris. Aplikasi ini diakses di seluruh dunia, jadi semua penggunanya bisa memilih negara mana lawan bicaranya. 

Tapi di luar dari keuntungan tersebut, ada banyak pro dan kontra soal video call random ini. Beberapa masalah yang muncul adalah soal keamanan, karena tidak semua orang yang menggunakannya memiliki motif positif. 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Video Call Random

pro kontra menggunakan aplikasi video call random

Melalui video chat kamu bisa menemukan orang baru yang benar-benar klik dan mereka bukanlah keluarga atau teman yang sudah lama dikenal. Tidak sedikit juga yang memanfaatkan aplikasi ini untuk mencari jodoh. 

Saat awal menggunakannya kamu pasti akan merasa canggung dan terasa asing, tapi sekali menemukan topik yang pas, pasti akan banyak hal yang bisa dibicarakan. Ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa kamu temukan ketika menggunakan aplikasi ini seperti:s

  1. Bertemu dengan banyak orang baru dan sebagian besar adalah bule. Inilah alasan mengapa banyak orang belajar bahasa melalui video call random. 
  2. Bertemu dengan orang baru yang memiliki kecocokan soal hobi atau minat. Beberapa aplikasi melengkapinya dengan pemilihan fitur ini. 
  3. Banyak orang yang merasa nyaman untuk bercerita mengenai dirinya secara online daripada harus bertemu secara langsung. 
  4. Semua penggunanya bisa memanfaatkan aplikasi ini sesuai jadwal yang dimiliki. Jadi tidak perlu ribet untuk janjian terlebih dahulu. 
  5. Membentuk jarak dan kedekatan secara langsung sehingga pembicaraan tertentu yang mungkin menyinggung perasaan tidak terjadi karena tak saling mengenal. 

Kekurangan Penggunaan Aplikasi Video Call Random

Selain kelebihan, ada juga kekurangan yang harus diperhatikan semua penggunanya. Kekurangan ini tentunya bukan hanya untuk disimak saja tetapi diwaspadai. Karena kekurangan ini bisa membawa hal buruk ketika bersosialisasi. Apa saja itu? 

  1. Walaupun bisa melihat lawan bicara, tetapi kita tidak pernah tahu apa motif dari mereka menggunakan aplikasi ini. 
  2. Karena hanya sebentar, kamu akan sulit untuk membangun pertemanan dalam waktu yang lama. Kamu hanya akan berbicara selama beberapa menit saja. 
  3. Jika bertemu dengan orang langsung, tampilan mereka bisa saja berbeda karena apa yang dilihat di online berbeda dengan aslinya. 
  4. Perlu hati-hati untuk tidak mengutarakan informasi pribadi, karena mungkin saja mereka adalah stalker atau memanfaatkan kelemahan untuk keuntungan. 
  5. Sulit untuk mengobservasi kebiasaan lawan bicara karena tidak ada kontak langsung yang dilakukan. Perbedaan ini yang harus dipahami ketika bersosialisasi dengan teman atau keluarga langsung. 

Tips Untuk Menggunakan Aplikasi Secara Aman

Melihat pro dan kontra dari aplikasi video call chat random ini maka kamu yang berniat untuk menggunakannya harus berhati-hati. Karena tidak keamanan yang terpenting, walaupun dari aplikasi sendiri akan memblokir akun yang memiliki riwayat buruk. 

Bagaimana cara agar kamu tetap nyaman ketika menggunakan aplikasi ini, bisa mengikuti beberapa tips berikut:

1. Hindari membicarakan hal pribadi

Jangan pernah curhat ketika kamu melakukan video call, karena dengan begitu lawan bicara akan mengetahui masalah yang kamu sedang alami. Banyak topik yang bisa dibicarakan selain masalah pribadi. Selain itu kamu juga akan membuat tidak nyaman lawan bicara. 

Bisa saja akun kamu yang kena banned karena dianggap tidak nyaman bagi orang lain. Jadi sebaiknya pilih topik menarik untuk dibicarakan. 

2. Unduh aplikasi di play store

Ada banyak aplikasi yang tidak tersedia di play store. Kamu mungkin akan tertarik dari aplikasi penyedia lainnya, tapi keamanannya kurang terjamin. Masalah bug dan soal keamanan dari aplikasi tersebut tidak bisa dipastikan. Bisa saja aplikasi membawa virus. 

Ditambah lagi aplikasi tidak memiliki layanan keamanan akun akan membuat kamu justru akan bertemu dengan orang yang memiliki maksud buruk. Karena penyedia aplikasi tidak melakukan banned pada akun yang dilaporkan. 

3. Jangan ragu untuk melaporkan akun lain

Apakah kamu baru saja menggunakan aplikasi dan bertemu orang yang kurang nyaman diajak bicara? Mungkin saja mereka membicarakan soal SARA atau bersifat melecehkan, maka jangan takut untuk melaporkan langsung ke developer. 

Tujuannya adalah agar mereka melakukan banned pada akun tersebut. Kamu bisa mencatat nomor ID mereka kemudian melaporkannya. Dengan begitu, pengguna lain pun bisa aman dari gangguan orang yang memiliki maksud buruk. 

Berhati-hati dalam menggunakan aplikasi tujuannya baik yaitu demi keamanan diri sendiri. Karena aplikasi ini dibuat untuk menambah pertemanan dan semakin banyak orang bisa bersosialisasi dengan mudah. 

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.