-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Arti Istilah Status Pengiriman Sicepat

Tidak terasa lamanya, saat ini Sicepat Express sudah berhasil menjadi salah satu jasa pengiriman logistik atau ekspedisi yang banyak digunakan oleh setiap orang yang hobi berbelanja secara online.

Naiknya rating Sicepat Express itu karena pesaingnya JNE Express mengalami penurunan dalam segi kualitas pengirimannya, dan juga karena J&T Express yang biaya ongkos kirimnya lebih mahal.

Namun, yang menurut saya paling berpengaruh pada kenaikkan rating Sicepat adalah karena adanya layanan gratis ongkos kirim (ongkir) dari beberapa situs jual beli online (marketplace) seperti di Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan juga Shopee.

arti status pengiriman sicepat

Akan tetapi, apa saja alasannya ketika kita menggunakan jasa ekspedisi Sicepat, tentunya kelancaran pengiriman paket selama diperjalanan sampai pesanan tersebut diterima tangan kita adalah yang paling penting.

Semua informasi tentang proses pengiriman paket yang dibawa oleh Sicepat dapat kita lihat secara real time dengan cara mengecek nomor resi Sicepat itu sendiri.

Saat pertama kali Sicepat Express ini dirilis yakni sekitar tahun 2015, ternyata kini sudah ada perubahan yang sangat signifikan terutama dalam istilah-istilah yang digunakan pada halaman shipment tracking paket kirimannya.

Kalau dulu, Sicepat ini masih menggunakan istilah status pengiriman yang mirip dengan JNE Express, dimana halaman shipment tracking-nya masih bercampur dengan bahasa Inggris yang tentunya sangat menyulitkan pelanggan dalam menerjemahkannya.

Namun, meskipun Sicepat ini menggunakan bahasa Indonesia di halaman status pengirimannya, akan tetapi kamu tidak bisa langsung menerjemahkannya, berikut ini akan saya jelaskan beberapa istilah pengiriman Sicepat beserta artinya:

Daftar Status Pengiriman Sicepat & Artinya

Terima permintaan pick up dari ---  : Sicepat sudah memperoleh pesanan dari ---- dan kemudian akan segera dijemput oleh kurir ke pihak pengirim.

Paket telah di pick up oleh [SIGESIT - ] : Paket kiriman sudah berhasil diambil oleh kurir Sicepat dari pengirim.

Paket telah di input (manifested) di --- : Data-data informasi tentang paket tersebut sudah berhasil diinut dan dikonfirmasi di agen/cabang asal pengiriman.

Paket keluar dari --- : Paket kiriman sudah diberangkatkan dari lokasi asal pengiriman (nama kota asal tercantum) yang akan segera menuju lokasi Sicepat selanjutnya.

Paket telah di terima --- : Paket dari lokasi asal pengiriman Sicepat lain telah sampai di fasilitas yang tercantum.

Line Haul Darat : Paket kiriman tersebut akan dikirimkan melalui jalur transportasi darat.

Line Haul Udara : Paket kiriman kamu akan dikirimkan lewat jalur udara (kargo pesawat).

Paket dibawa [SIGESIT - ] - :Paket kiriman kamu sudah dibawa oleh kurir untuk diantarkan ke alamat tujuan penerima paket.

Paket di kembalikan di [-] - (AU) Antar Ulang : Paket kiriman gagal diantar ke alamat penerima dan pengantaran ulang akan dilakukan kembali keesokan harinya.

Paket diterima oleh [ - (YBS) Yang Bersangkutan] : Paket/barang kiriman sudah berhasil diserahkan langsung kepada penerima.

Paket gagal di pick up oleh [SIGESIT - ]. Ket: --- : Paket kiriman gagal dijemput oleh kurir Sicepat dari alamat pengirim. Alasan lengkapnya akan dicantumkan pada kolom keterangan (Ket.).

(RTS) Return To Shipper : Paket kiriman berhasil dikembalikan lagi ke pengirim.

Reschedule by Seller : Penjemputan paket kiriman tidak berhasil dilakukan dikarenakan pengirim belum siap atau akan dijadwalkan ulang.

Alamat Tutup : Paket gagal dijemput oleh petugas atu kurir Sicepat karena tidak ada satu orang pun di alamat pengirim.

Paket telah di drop di gerai : Paket sudah berhasil dijemput oleh kurir dan telah diserahkan kepada agen/cabang Sicepat.

(CODA) Closed Once Delivery Attempt : Terjadi kesalahan ketika si kurir mengantarkan barang ke alamat penerima (Entah tidak ada orang di tempat atau alamat salah).

Received on Destination (ROD) / Diterima di Perwakilan : Paket kiriman telah sampai di kota tujuan.

Cnee Unknown : Nama penerima paket tidak dikenali di alamat tujuan.

No resi tidak ditemukan : Nomor resi yang kamu masukkan salah/tidak valid.

{CC} Criss Cross : Paket kiriman tertukar dengan paket penerima lain.

Nah, umumnya status pengiriman yang digunakan oleh Sicepat Ekspress adalah seperti yang sudah admin Ilyasweb tulis di atas.

Namun, jika kamu menemukan istilah baru ketika sedang melakukan tracking airway bill (AWB) alias disaat sedang mengecek nomor resi, silakan kamu tuliskan istilah tersebut di kolom komentar, ya!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.